Iklan

Iklan

Pertanyaan

Urang Kanekes, Si Suku Baduy


    Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.

    Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.

    Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

    Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam.

(Sumber: http://m.detik.comundefined 

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.


  

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pokok pikiran paragraf 3adalah masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi.

pokok pikiran paragraf 3 adalah masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. undefined 

Iklan

Pembahasan

Pokok pikiran merupakan informasi yang menjadi fokus pembicaraan dalam suatu paragraf. Pokok pikiran paragraf merupakan ide atau gagasan yang mengandung informasi inti dan menjadi dasar pembentukan suatu kesatuan bahasa seperti paragraf. Dalam teks tersebut terdapat 4paragraf. Setiap paragraf memiliki pokok pikiran. Pokok pikiran paragraf 3adalah masyarakat Kanekes dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Kalimat tersebut merupakan inti yang dibicarakan dalam paragraf 3. Oleh karena itu, pokok pikiran paragraf 3adalah masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi.

Pokok pikiran merupakan informasi yang menjadi fokus pembicaraan dalam suatu paragraf. Pokok pikiran paragraf merupakan ide atau gagasan yang mengandung informasi inti dan menjadi dasar pembentukan suatu kesatuan bahasa seperti paragraf. Dalam teks tersebut terdapat 4 paragraf. Setiap paragraf memiliki pokok pikiran. Pokok pikiran paragraf 3 adalah masyarakat Kanekes dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Kalimat tersebut merupakan inti yang dibicarakan dalam paragraf 3.

Oleh karena itu, pokok pikiran paragraf 3 adalah masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia