Roboguru

1) Pegawai: "Selamat pagi, Bu." Nasabah: "Selamat pagi." Pegawai: "Ada keperluan apa, Bu? Mungkin saya bisa membantu." 2) Nasabah: "Saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang untuk usaha kain batik." Pegawai: "Maaf, Bu, boleh saya melihat proposalnya?" Nasabah: "Iya. silakan." Pegawai: "Sebenarnya proposal yang Anda ajukan sangat bagus. Kami dari pihak koperasi tidak dapat memenuhi permintaan dana sebesar Rp250 juta." 3) Nasabah: "Berapa dana yang mampu diberikan pihak koperasi?" Pegawai: "Koperasi hanya dapat memenuhi pinjaman Rp100 juta, Bu, dengan bunga 3% per tahun." Nasabah: "Apa tidak bisa ditambah lagi sekira Rp150 juta? Rencananya dengan dana tersebut saya akan membuka cabang usaha kain batik. Usaha saya juga sukses dan pesanan sampai diekspor ke Malaysia dan Singapura." 4) Pegawai: "Tunggu dulu, Bu. Coba saya hitung lagi. Sepertinya pihak koperasi bisa memberi tambahan Rp25 juta sehingga total dana Rp125 juta." Nasabah: "Apa tidak bisa naik lagi? Hanya selisih sedikit saja untuk mencapai Rp150 juta." Pegawai: "Maaf, Bu. Hanya Rp125 juta yang kami sanggupi." Nasabah: "Baiklah, tidak apa-apa. Saya setuju dengan Anda." 5) Pegawai: "Saya akan mengurus proses pencairan dana untuk Anda. Silakan Anda mengisi biodata lengkap dan fotokopi KTP. Waktu pencairan dana sekitar seminggu. Saya akan memberikan kabar selanjutnya." Nasabah: "Saya akan menunggu kabar Anda. Terima kasih." Bagian persetujuan terdapat pada dialog nomor...

Pertanyaan

1)

Pegawai: "Selamat pagi, Bu."

Nasabah: "Selamat pagi."

Pegawai: "Ada keperluan apa, Bu? Mungkin saya bisa membantu."

2)

Nasabah: "Saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang untuk usaha kain batik."

Pegawai: "Maaf, Bu, boleh saya melihat proposalnya?"

Nasabah: "Iya. silakan."

Pegawai: "Sebenarnya proposal yang Anda ajukan sangat bagus. Kami dari pihak koperasi tidak dapat memenuhi permintaan dana sebesar Rp250 juta."

3)

Nasabah: "Berapa dana yang mampu diberikan pihak koperasi?"

Pegawai: "Koperasi hanya dapat memenuhi pinjaman Rp100 juta, Bu, dengan bunga 3% per tahun."

Nasabah: "Apa tidak bisa ditambah lagi sekira Rp150 juta? Rencananya dengan dana tersebut saya akan membuka cabang usaha kain batik. Usaha saya juga sukses dan pesanan sampai diekspor ke Malaysia dan Singapura."

4)

Pegawai: "Tunggu dulu, Bu. Coba saya hitung lagi. Sepertinya pihak koperasi bisa memberi tambahan Rp25 juta sehingga total dana Rp125 juta."

Nasabah: "Apa tidak bisa naik lagi? Hanya selisih sedikit saja untuk mencapai Rp150 juta."

Pegawai: "Maaf, Bu. Hanya Rp125 juta yang kami sanggupi."

Nasabah: "Baiklah, tidak apa-apa. Saya setuju dengan Anda."

5)

Pegawai: "Saya akan mengurus proses pencairan dana untuk Anda. Silakan Anda mengisi biodata lengkap dan fotokopi KTP. Waktu pencairan dana sekitar seminggu. Saya akan memberikan kabar selanjutnya."

Nasabah: "Saya akan menunggu kabar Anda. Terima kasih."


Bagian persetujuan terdapat pada dialog nomor...undefined 

  1. 1)undefined 

  2. 2)undefined 

  3. 3)undefined 

  4. 4)undefined 

  5. 5)undefined 

Pembahasan Soal:

Struktur teks negoisasi adalah orientasi, pengajuan, penawaran, dan persetujuan.

  1. Orientasi merupakan bagian pembuka yang dapat berupa mengucapkan salam, memperkenalkan diri atau memperkenalkan permasalahan, atau menanyakan harga.
  2. Pengajuan merupakan bagian di mana salah satu partisipan mengajukan usulan atau permintaan yang disertai dengan alasan.
  3. Penawaran merupakan bagian di mana partisipan mengajukan tuntutan atau menawar.
  4. Persetujuan merupakan bagian akhir dari pengajuan dan penawaran yang disepakati oleh kedua partisipan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bagian persetujuan dalam teks negosiasi di atas terdapat pada dialog nomor empat (4)

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Salim

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermati teks negosiasi berikut! Bu Rima: "Selamat siang, Pak." Penjual Buah: "Selamat siang." Bu Rima: "Ada apel malang, Pak?" Penjual Buah: "Ada. Silakan dipilih dahulu!" Bu Rima: "Kalau apel m...

Pembahasan Soal:

Dalam negosiasi, pihak penawar juga dapat mengajukan tuntutan. Tuntutan tersebut akan di­pertimbangkan oleh lawan negosiasi. Ketika pengajuan dan penawaran mencapai titik temu, terjadilah kesepakatan.

Suatu negosiasi yang sukses dapat dilihat dengan beberapa faktor. Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan sebuah negosiasi sebagai berikut.

  1. Kesediaan untuk berkompromi dengan pihak lain.
  2. Tidak ada pihak yang dirugikan.
  3. Kesepakatan yang dicapai mampu memengaruhi pihak lain.
  4. Alasan yang disertakan mampu memengaruhi pihak lain. 

Dalam kutipan teks negosiasi di atas, terjadi kesepakatan karena dari pengajuan dan penawaran mencapai titik temu. Keberhasilan ditunjukkan oleh Bu Rima yang melakukan penawaran dan penjual buah menerima tawaran tersebut. Kesepakatan tidak menimbulkan kerugian dan berpengaruh kepada pihak lain.undefined 

0

Roboguru

Suatu pagi, seorang manajer klub sepak bola Solo United sedang bertamu di rumah salah seorang striker andal, Bryan. Manajer mengutarakan maksud dan tujuan bertamu. la menjelaskan bahwa ia sedang menca...

Pembahasan Soal:

Tujuan negosiasi adalah untuk mencapai sebuah kesepakatan. Dalam negosiasi, penawar dapat mengajukan tuntutan. Tuntutan tersebut akan dipertimbangkan oleh lawan negosiasi. Ketika pengajuan dan penawaran mencapai titik temu, terjadilah kesepakan. Dalam kutipan teks tersebut, Manajer klub sepak bola Solo United menetapkan harga Rp20 juta per bulan. Manajer menetapkan syarat bahwa klub tidak memberikan fasilitas berupa perlengkapan selama bermain bola. Bryan menerima tawaran manajer untuk menjadi striker di Solo United. Maka dapat disimpulkan, terjadi kesepakatan antara manajer dan Bryan dengan penawaran gaji Rp20 juta per bulan dengan syarat yang ditentukan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

0

Roboguru

Perhatikan dialog berikut! Pegawai: "Selamat pagi, Bu." Nasabah: "Selamat pagi." Pegawai: "Ada keperluan apa, Bu? Mungkin saya bisa membantu." Nasabah: "Saya ingin mengajukan proposal peminjaman ...

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang tidak sesuai merupakan pernyataan yang tidak tercantum di dalam teks. Dari teks dialog tersebut pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks negosiasi tersebut adalah pegawai koperasi menyetujui peminjaman dana untuk nasabah sebesar Rp250 juta. 

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Mengakhiri sebuah percakapan antara kedua pihak saat proses interaksi negosiasi selesai disebut ....

Pembahasan Soal:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi merupakan proses tawar-menawar dengan cara berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak yang lain. Negosiasi memiliki beberapa struktur. Struktur isi teks negosiasi terdiri atas lima bagian, yakni sebagai berikut.

  1. Orientasi, yaitu kalimat pembuka seperti salam, pengenalan diri, dan menyapa dengan maksud untuk menggiring topik.

  2. Pengajuan, yaitu perbuatan mengajukan keinginan atau permintaan dalam bernegosiasi pada pihak lain.

  3. Penawaran yaitu proses bernegosiasi atau saling tawar-menawar.

  4. Persetujuan yaitu kesepakatan yang terjadi antara kedua belah pihak atas negosiasi yang telah dilakukan.

  5. Bagian penutup teks negosiasi biasanya berupa ucapan terima kasih atas selesainya proses negosiasi.

Bagian mengakhiri sebuah percakapan antara kedua pihak saat proses interaksi negosiasi selesai terdapat pada bagian penutup.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks negosiasi beriku! Hartono seorang penjaga toko. Dia Sudah lima tahun menjaga toko tersebut, tetapi gajinya tidak pernah naik. Gaji yang diterima Hartono setiap bulannya adala...

Pembahasan Soal:

Pada kutipan teks di atas, diinformasikan bahwa gaji Hartono tidak pernah naik selama ia bekerja di toko. Hartono ingin gajinya dinaikkan. Sehingga, tujuan Hartono menemui pemilik toko adalah untuk meminta kenaikan gajinya. Akhirnya, gaji Hartono ditambah Rp100.000, menjadi Rp1.000.000.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved