Roboguru

"Sistem tata surya" merupakan permisalan atom menurut?

Pertanyaan

"Sistem tata surya" merupakan permisalan atom menurut?space 

  1. Daltonspace 

  2. Rutherfordspace 

  3. Mekanika Gelombangspace 

  4. Thomson

  5. Niels Bohrspace 

Pembahasan Soal:

"Sistem tata surya" merupakan permisalan untuk model atom Bohr. Menurut Niels Bohr, atom terdiri atas inti atom yang dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif pada lintasan yang stasioner. Lintasan ini disebut juga orbit. Inti atom diumpamakan sebagai matahari, sedangkan elektron yang mengelilingi pada orbitnya diumpamakan sebagai planet-planet yang mengelilingi matahari pada orbitnya.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Hidayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam perkembangannya model-model atom mengalami berbagai perubahan, dari mulai Model Atom Dalton sampai Model Atom Mekanika Gelombang. Lukis Model Atom Joseph Thomson, Model Atom Ernest Ruthterford d...

Pembahasan Soal:

Teori atom J. J Thomson dikenal dengan teori 'roti kismis', dimana elektron diibaratkan sebagai kismis yang tersebar merata dalam seluruh bagian roti (elektron tersebar merata dalam bola yang bermuatan positif). Disamping itu, ia berpendapat bahwa atom bermuatan netral karena memiliki muatan negatif dan positif dalam besaran yang sama. Gambar atom J.J Thomson adalah sebagai berikut:



Teori atom Ernest Rutherford menerangkan struktur atom sama halnya dengan tata surya. Di mana matahari yang bermuatan positif dan planet-planet sebagai elektron yang mengelilingi inti. Meskipun teori atom Rutherford telah mendekati teori atom modern, namun teori ini tidak dapat menjelaskan gaya tarik elektostatis mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom. Gambar atom Rutherford adalah sebagai berikut:



Teori atom Niels Bohr  berdasarkan teori kuantum menjelaskan spektrum gas hidrogen yang menunjukkan bahwa elektron hanya menempati tingkat-tingkat energi tertentu dalam atom. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan tertentu yang stationer yang disebut orbit atau kulit. Gambar atom Niels Bohr adalah sebagai berikut:



Jadi, gambar Model Atom Joseph Thomson, Model Atom Ernest Ruthterford dan Model Atom Niels Bohr serta penjelasannya adalah sesuai penjelasan di atas.

1

Roboguru

Kedudukan elektron dalam atom tidak dapat ditentukan secara pasti. Hanya dapat ditentukan kebolehjadian ditemukannya elektron. Teori atom tersebut dikemukakan oleh ....

Pembahasan Soal:

Erwin Schrodinger mengajukan teori yang disebut teori atom mekanika kuantum ”Kedudukan elektron dalam atom tidak dapat ditentukan dengan pasti yang dapat ditentukan adalah kemungkinan menemukan elektron sebagai fungsi jarak dari inti atom”. Teori Schrodinger dan prinsip ketidakpastian Heisenberg melahirkan model atom mekanika kuantum sebagai berikut:

  • Posisi elektron dalam atom tidak dapat ditentukan dengan pasti.
  • Atom mempunyai kulit elektron.
  • Setiap kulit elektron memiliki subkulit elektron.
  • Setiap subkulit elektron memiliki sub-sub kulit elektron.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Pada tahun 1913, Bohr dapat memperbaiki kelemahan model atom Rutherford. Salah satu teori atom Bohr adalah ....

Pembahasan Soal:

Kelemahan model atom Rutherford adalah tidak dapat menjelaskan mengapa energi yang digunakan elektron untuk berputar mengelilingi inti atom tidak habis. Melalui model atom yang dikemukakannya, Bohr dapat memperbaiki kekurangan model atom Rutherford, yaitu dengan menjelaskan bahwa energi elektron adalah tetap, selama ia berputar mengelilingi inti atom pada kulit (orbit) dengan tingkat energi tertentu. Elektron dapat melakukan perpindahan kulit dari tingkat energi yang rendah ke yang lebih tinggi atau sebaliknya dengan melakukan pemancaran atau penyerapan energi.space 

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Gagasan utama yang dikemukakan oleh teori atom Niels Bohr adalah....

Pembahasan Soal:

Niels Bohr mengemukakan teori atom yang didasarkan pada percobaan spektrum atom hidrogen. Dari hasil percobaan Niels Bohr, diperoleh teori bahwa elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu. Elektron dapat berpindah dari tingkat orbit satu ke tingkat orbit lainnya. Tingkatan orbit tersebut merupakan kulit atom. Ketika elektron berpindah dari orbit yang berenergi rendah ke tinggi, maka terjadi penyerapan energi. Sebaliknya, ketika elektron berpindah dari orbit berenergi tinggi ke rendah, akan terjadi pemancaran energi. Perlu dicatat bahwa teori atom Niels Bohr hanya dapat menjelaskan tingkat energi pada atom berelektron tunggal (hidrogen).

Dari pilihan jawaban di atas, yang paling sesuai dengan teori atom Niels Bohr adalah pilihan jawaban D, yaitu mengetahui tingkat energi dalam atom.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang paling tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Di antara perpindahan elektron berikut, yang disertai pelepasan energi paling besar adalah ...

Pembahasan Soal:

Semakin besar harga n (makin jauh dari inti), makin besar energi elektron yang mengorbit pada kulit itu. Jadi tingkat energi kulit L lebih besar daripada kulit K,tingkat energi kulit M lebih besar daripada kulit L dan seterusnya. 

Elektron berpindah dengan cara melepaskan energi apabila elektron berpindah ke tingkat energi yang lebih rendah atau lintasan yang lebih dalam. 

Jadi perpindahan elektron yang disertai pelepasan energi paling besar adalah dari kulit M ke K.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved