Iklan

Iklan

Pertanyaan

"Maafkan, Mr. Dickens. Bagi saya Raffles tetap petinggi penjajah dan itu harus juga diungkapkan walaupun hanya dalam satu kalimat. Kalau tidak bagaimana saya harus memulai drama ini? Apakah saya harus menyebut Raffles sebagai ilmuwan atau seorang peneliti yang secara sukarela datang ke Hindia Belanda untuk meneliti Candi Borobudur, Prambanan, dan meriset sastra Jawa? Apakah saya harus menyebutnya seorang turis yang tiba-tiba berhasrat melakukan penelitian karena banyak objek menarik di Hindia Belanda?" Masih dalam suasana marah, dialog tetap berlangsung antara Sastri dan Harold Dickens tentang penjajah dan penjajahan. Mereka mempunyai pandangan berbeda tentang penjajah dan penjajahan. Paling tidak tentang Raffles yang disebut Sastri sebagai penjajah itu. Debat berlangsung keras sekitar lima belas menit karena Sastri berani membantah pendapat Dickens. Karena Harold Dickens tetap defensif dan menyalahkan Sastri, dengan suara pelan gadis berusia 24 tahun itu menjawab. (Pilihan Sastri Handayani, Sori Siregar) Simpulan isi cerita dalam kutipan tersebut adalah . . .

"Maafkan, Mr. Dickens. Bagi saya Raffles tetap petinggi penjajah dan itu harus juga diungkapkan walaupun hanya dalam satu kalimat. Kalau tidak bagaimana saya harus memulai drama ini? Apakah saya harus menyebut Raffles sebagai ilmuwan atau seorang peneliti yang secara sukarela datang ke Hindia Belanda untuk meneliti Candi Borobudur,
Prambanan, dan meriset sastra Jawa? Apakah saya harus menyebutnya seorang turis yang tiba-tiba berhasrat melakukan penelitian karena banyak objek menarik di Hindia Belanda?"


Masih dalam suasana marah, dialog tetap berlangsung antara Sastri dan Harold Dickens tentang penjajah dan penjajahan. Mereka mempunyai pandangan berbeda tentang penjajah dan penjajahan. Paling tidak tentang Raffles yang disebut Sastri sebagai penjajah itu. Debat berlangsung keras sekitar lima belas menit karena Sastri berani membantah pendapat Dickens. Karena Harold Dickens tetap defensif dan menyalahkan Sastri, dengan suara pelan gadis berusia 24 tahun itu menjawab.

(Pilihan Sastri Handayani, Sori Siregar)

 

Simpulan isi cerita dalam kutipan tersebut adalah . . .

  1. Sastri berdebat dengan Harold Dickens tentang predikat Raffles sebagai ilmuwan atau penjajah di Indonesia.

  2. Harold meminta Sastri membuat naskah drama tentang Rafles sebagai pahlawan dengan latar Candi Borobudur dan Prambanan tetapi Sastri menolaknya.

  3. Sastri minta maaf pada Harold Dickens karena menganggap Rafles sebagai penjajah dan la tidak dapat mengubah pendapatnya tentang penjajah.

  4. Sastri marah kepada Harold Dickens karena Harold memaksakan kehendaknya menyuruh Sastri menulis naskah drama dengan Rafles sebagai tokoh utama yang baik

  5. Sastri berdebat keras dengan Harold Dickens selama lima belas menit tentang peran Raffles sebagai penjajah dan perdebatan itu dimenangkan oleh Harold.

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah A.

jawaban yang paling tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Potongan cerita di atas mengisahkan perdebatan yang terjadi antara Sastri dan Harold Dickens. Hal yang didebatkan adalah predikat Raffles di Indonesia. Perdebatan itu berlangsung sengit, dan tidak dijelaskan siapa yang memenangkan perdebatan itu. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

Potongan cerita di atas mengisahkan perdebatan yang terjadi antara Sastri dan Harold Dickens. Hal yang didebatkan adalah predikat Raffles di Indonesia. Perdebatan itu berlangsung sengit, dan tidak dijelaskan siapa yang memenangkan perdebatan itu. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan penggalan cerita berikut. Aku tertegun kenapa Hariz mengingatkanku? Kalau mau jujur, sesungguhnya sudut hatiku yang terdalam merasa amat sedih. Bermain berpasangan dalam bulu tan...

35

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia