Roboguru

...      Akhirnya waktu hampir habis. Sabar members- kan tasnya dan bersiap-siap menyerahkan kertas jawaban kepada pengawas di depan sana. Tetapi mendadak dia terperanjat karena sekonyong- konyong seorang anak perempuan menikung di depannya, merampas kertas jawabannya, duduk di sampingnya, dan tanpa ba bi bu langsung menyontek jawabannya.      Tangkas sekali anak itu memindahkan semua jawaban Sabar ke kertas jawabannya sendiri. Wajahnya tegang, napasnya memburu, keringat bertimbulan di dahinya. Sabar terpaku. Posisi pengawas yang jauh di depan membuat anak itu bebas melakukan pelanggaran. Semuanya berlangsung dengan sangat cepat. Yang diketahui Sabar kemudian adalah teriakan dari pengawas bahwa waktu telah habis, harap kertas jawaban diserahkan, jika tidak, pengawas akan mendatangi peserta dan mengambilnya secara paksa.      ... Ulasan tepat sesuai isi kutipan novel adalah...

Pertanyaan

     ...

     Akhirnya waktu hampir habis. Sabar members- kan tasnya dan bersiap-siap menyerahkan kertas jawaban kepada pengawas di depan sana. Tetapi mendadak dia terperanjat karena sekonyong- konyong seorang anak perempuan menikung di depannya, merampas kertas jawabannya, duduk di sampingnya, dan tanpa ba bi bu langsung menyontek jawabannya.

     Tangkas sekali anak itu memindahkan semua jawaban Sabar ke kertas jawabannya sendiri. Wajahnya tegang, napasnya memburu, keringat bertimbulan di dahinya. Sabar terpaku. Posisi pengawas yang jauh di depan membuat anak itu bebas melakukan pelanggaran. Semuanya berlangsung dengan sangat cepat. Yang diketahui Sabar kemudian adalah teriakan dari pengawas bahwa waktu telah habis, harap kertas jawaban diserahkan, jika tidak, pengawas akan mendatangi peserta dan mengambilnya secara paksa.

     ...

Ulasan tepat sesuai isi kutipan novel adalah...

  1. Kutipan novel tersebut memuat pesan pribadi pengarang tentang cara mengerjakan ujian. Diharapkan peserta didik meneladan perbuatan tokoh Sabari

  2. Kutipan novel tersebut memuat nilainilai kehidupan yang ada pada masa lampau. Diharapkan peserta didik tidak meneladan perbuatan tokoh Sabari.

  3. Kutipan novel tersebut memuat nilainilai kehidupan yang sesuai dengan keadaan saat ini. Diharapkan peserta didik meneladan perbuatan tokoh Sabari.

  4. Kutipan novel tersebut memuat pesan budi pekerti yang bagus bagi peserta didik. Diharapkan peserta didik meneladan perbuatan tokoh Anak Perempuan.

  5. Kutipan novel tersebut memuat pesan moral dan pengaruh positif bagi peserta didik. Diharapkan peserta didik tidak meneladan perbuatan tokoh Anak Perempuan.

Pembahasan:

Ulasan yang tepat yaitu terdapat pada pilihan jawaban E karena terdapat larangan meniru pebuatan tokoh Anak Perempuan. Pilihan jawaban lain tidak tepat karena terdapat imbauan untuk meniru perbuatan tokoh-tokoh tersebut. Perilaku Sabari juga tidak baik karena hanya terdiam dan membiarkan temannya mencontek

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Kelebihan isi buku pada kutipan tersebut adalah ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved