Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Yoso : Aneh kenapa bulu romaku merinding seperti ini, ya? (2) Joko : ... (3) Mega : Tidak, tidak! (menjerit histeris) (4) Damar : Kenapa kau Mega? (5) Mega : (semua menenangkan Mega) Aku, ... aku mendengar ada suara merintih, sepertinya suara itu datangnya dari arah sana. (6) Damar : Sudah, sudah kalian hanya terbawa oleh rasa takut kalian sendiri. Lihatlah bukankah tempat ini hening dan penuh ketenangan? Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog Joko pada kutipan tersebut adalah ...

(1) Yoso   : Aneh kenapa bulu romaku merinding seperti ini, ya?

(2) Joko    : ...

(3) Mega   : Tidak, tidak! (menjerit histeris)

(4) Damar  : Kenapa kau Mega?

(5) Mega   : (semua menenangkan Mega) Aku, ... aku mendengar ada suara merintih, sepertinya suara itu datangnya dari arah sana.

(6) Damar  : Sudah, sudah kalian hanya terbawa oleh rasa takut kalian sendiri. Lihatlah bukankah tempat ini hening dan penuh ketenangan?

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog Joko pada kutipan tersebut adalah ...

  1. Aku sudah bilang tempat ini kotor dan dingin.

  2. Sekarang bantu aku mengangkat mayat ini

  3. Hi! Ada darah di mana-mana. Aku takut!

  4. Jangan, jangan tinggalkan aku disini!

  5. Kau benar, aku juga merasakan begitu, Yoso

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah (E) Kau benar, aku juga merasakan begitu, Yoso. Kalimat ini didukung oleh kalimat pada baris berikutnya Tidak, tidak! (menjerit histeris) . Dalam teks drama tersebut, pengarang tidak secara langsung menjelaskan situasi yang ada, melainkan melalui petunjuk pemanggungan. Diceritakan bahwa salah seorang dari anggota kelompok (Yoso) merasa ketakutan (merinding). Hal ini dirasakan pula oleh temannya (Joko). Kemudian peristiwa berlanjut dengan adanya kesurupan yang dialami salah satu dari mereka. Inti cerita drama tersebut adalah ketakutan yang sebenarnya muncul dari dalam diri sendiri, bukan dari makhluk halus. Hal ini diketahui dari kalimat terakhir yang diucapkan tokoh Damar (Sudah, sudah. Kalian hanya terbawa oleh rasa takut kalian sendiri.). Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah (E) Kau benar, aku juga merasakan begitu, Yoso. Kalimat ini didukung oleh kalimat pada baris berikutnya Tidak, tidak! (menjerit histeris). Dalam teks drama tersebut, pengarang tidak secara langsung menjelaskan situasi yang ada, melainkan melalui petunjuk pemanggungan. Diceritakan bahwa salah seorang dari anggota kelompok (Yoso) merasa ketakutan (merinding). Hal ini dirasakan pula oleh temannya (Joko). Kemudian peristiwa berlanjut dengan adanya kesurupan yang dialami salah satu dari mereka. Inti cerita drama tersebut adalah ketakutan yang sebenarnya muncul dari dalam diri sendiri, bukan dari makhluk halus. Hal ini diketahui dari kalimat terakhir yang diucapkan tokoh Damar (Sudah, sudah. Kalian hanya terbawa oleh rasa takut kalian sendiri.). Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

39

Aulia Hafidza Taher

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Damar : "Ibu, hari ini kita bisa makan enak." (Damar berteriak kegirangan sambil menemui ibunya) Ibu Made : (menghampiri anaknya) "Ada apa, Damar? Ibu jadi terkejut." Damar : "Lihat Bu, Damar me...

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia