Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja, menyatakan secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani oleh pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan, dan profesional. Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ...

(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja, menyatakan secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani oleh pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan, dan profesional.

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ...

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Kalimat tersebut merupakan kalimat yang tidak padu karena tidak berfokus pada penegakan hukum dalam menangani kerusakan lingkungan di Indonesia. Kalimat 5justru membahas penegakan hukum dalam berbagai bidang, di luar kerusakan lingkungan di Indonesia. Melalui pembahasan yang keluar dari inti permasalahan, kalimat 5 dapat membuat paragraf di atas menjadi rumpang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Kalimat tersebut merupakan kalimat yang tidak padu karena tidak berfokus pada penegakan hukum dalam menangani kerusakan lingkungan di Indonesia. Kalimat 5 justru membahas penegakan hukum dalam berbagai bidang, di luar kerusakan lingkungan di Indonesia. Melalui pembahasan yang keluar dari inti permasalahan, kalimat 5 dapat membuat paragraf di atas menjadi rumpang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

47

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia