Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket . (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10—30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telor asin adalah sebagai benikut. 1. Telor direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit! 2. Bersihkanlah telor dengan menggunakan sabun dan spon! 3. Keringkan telor lalu gosok dengan amplas halus! 4. [...] 5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam topeles berisi telor tadi! 6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari! 7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam! Tujuan penulisan pada teks tersebut terdapat pada bagian ....

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket. (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10—30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telor asin adalah sebagai benikut.

1. Telor direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit!

2. Bersihkanlah telor dengan menggunakan sabun dan spon!

3. Keringkan telor lalu gosok dengan amplas halus!

4. [...]

5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam topeles berisi telor tadi!

6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari!

7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam!
 

Tujuan penulisan pada teks tersebut terdapat pada bagian ....

  1. Mengawetkan telor bebek menjadi telor asin

  2. Membuat telor asin yang enak dan lezat

  3. Menjual telor asin produksi sendiri

  4. Memanfaatkan telor asin menjadi lauk

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks tersebut dinamakan teks petunjuk. Isi teks tersebut ialah cara membuat telor asin yang enak dan lezat. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat ke (2).

Teks tersebut dinamakan teks petunjuk. Isi teks tersebut ialah cara membuat telor asin yang enak dan lezat. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat ke (2).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tujuan penulisan teks prosedur harus ditetapkan sebelum langkah kerja. karena Langkah kerja bisa dilakukan jika tujuan penulisan telah ditetapkan.

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia