Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Seingatku, setiap pagi ibulah yang memakaikan pakaianku yang berwarna merah dan putih itu. (2) Dia pula yang menyisir rambutku, menggenakan topiku yang juga merah dan akhirnya memelukku erat sebagai bekal hariku bersekolah. (3) Hari masih terang ketika sepeda Bpak terangguk-angguk menyusuri jalanan desa dan diriku masih terkantuk-kantuk di boncengan menuju sekolah. (4) Ketika sudah kudengar kicau burung dan kabut mulai minyibak, kita sampai di mulut desa. (5) Sepeda tua Bapak, dengan karat di sana-sininya, masih mengerit-gerit menuju sekolahku. (6) “Di sana nanti kamu akan tahu mengapa kita seperti ini. (7) Dan kuharap Bapak masih sempat menyaksikan kamu tidak seperti kami...” (8) itu ucapannya yang masih kuingat hari pertamaku sekolah. Pernyataan yang menggambarkan tokoh orang tua berwatak penyayang terdapat pada kalimat ...

     (1) Seingatku, setiap pagi ibulah yang memakaikan pakaianku yang berwarna merah dan putih itu. (2) Dia pula yang menyisir rambutku, menggenakan topiku yang juga merah dan akhirnya memelukku erat sebagai bekal hariku bersekolah. (3) Hari masih terang ketika sepeda Bpak terangguk-angguk menyusuri jalanan desa dan diriku masih terkantuk-kantuk di boncengan menuju sekolah.

     (4) Ketika sudah kudengar kicau burung dan kabut mulai minyibak, kita sampai di mulut desa. (5) Sepeda tua Bapak, dengan karat di sana-sininya, masih mengerit-gerit menuju sekolahku. (6) “Di sana nanti kamu akan tahu mengapa kita seperti ini. (7) Dan kuharap Bapak masih sempat menyaksikan kamu tidak seperti kami...” (8) itu ucapannya yang masih kuingat hari pertamaku sekolah.

Pernyataan yang menggambarkan tokoh orang tua berwatak penyayang terdapat pada kalimat ...

  1. (1), (2), (3), dan (6)

  2. (1), (2), (3), dan (7)

  3. (2), (3), (6), dan (8)

  4. (2), (5), (6), dan (8)

  5. (3), (5), (7), dan (8)

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kalimat satu dan dua menunjukkan watak ibu yang menyayangi anaknya. Kemudian, kalimat tiga dan tujuh menunjukkan watak bapak yang juga menyayangi anaknya. Jawaban yang paling tepat adalah B.

Kalimat satu dan dua menunjukkan watak ibu yang menyayangi anaknya. Kemudian, kalimat tiga dan tujuh menunjukkan watak bapak yang juga menyayangi anaknya. Jawaban yang paling tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

73

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pelukisan watak tokoh dalam penggalan novel tersebut menggunakan cara pelukisan ....

81

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia