Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Lanskap budaya subak di Bali telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada siding komite warisan dunia ke-36 organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB/UNESCO di Saint Petersburg, Rusia, pada 2012. (2) Sistem subak menjadi sangat menarik karena terkait era dengan ajaran Hindu yang tertuang dalam Tri Hita Karma atau tiga sumber kebaikan, yaitu hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan manusia. (3) Harmonisasi hubungan yang diterapkan secara turun-menurun lewat subak sarat makna solidaritas sosial, gotong royong, dan toleransi. (4) Sistem subak ini tercatat dalam Prasasti Sukawana tahun 882 M yang menyebutkan kata “huma” dan “parlak” yang berarti tegalan. (5) Ini berarti masyarakat sudah mengenal cara menggarap sawah dan tegalan. Normal 0 false false false EN-US KO X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} Makna istilah situs dalam paragraf tersebut adalah ....

            (1)Lanskap budaya subak di Bali telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada siding komite warisan dunia ke-36 organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB/UNESCO di Saint Petersburg, Rusia, pada 2012. (2) Sistem subak menjadi sangat menarik karena terkait era dengan ajaran Hindu yang tertuang dalam Tri Hita Karma atau tiga sumber kebaikan, yaitu hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan manusia. (3) Harmonisasi hubungan yang diterapkan secara turun-menurun lewat subak sarat makna solidaritas sosial, gotong royong, dan toleransi. (4) Sistem subak ini tercatat dalam Prasasti Sukawana tahun 882 M yang menyebutkan kata “huma” dan “parlak” yang berarti tegalan. (5) Ini berarti masyarakat sudah mengenal cara menggarap sawah dan tegalan.

Makna istilah situs dalam paragraf tersebut adalah ....

  1. daerah temuan benda-benda purbakala 

  2. tempat yang tersedia untuk mengukirkan sesuatu

  3. tempat yang dapat atau tidak dapat dilubangi

  4. program komputer yang menjalankan akses internet 

  5. daerah wisata yang dilindungi hukum 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah makna yang sesuai dengan KBBI , yakni A.

jawaban yang tepat adalah makna yang sesuai dengan KBBI, yakni A.

Iklan

Pembahasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata situs memiliki makna ‘daerah temuan benda-benda purbakala’. Jadi, jawaban yang tepat adalah makna yang sesuai dengan KBBI , yakni A.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata situs memiliki makna ‘daerah temuan benda-benda purbakala’. Jadi, jawaban yang tepat adalah makna yang sesuai dengan KBBI, yakni A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi sangat bermamfaat. (3) Cast...

4

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia