Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi sangat bermamfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator professional seperti Boy Wahyudi dan Donny Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat yang menyatakan fakta pada paragraf tersebut adalah ....

          (1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production  yang bergerak di bidang film animasi sangat bermamfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator professional seperti Boy Wahyudi dan Donny Moersito untuk mengajar mereka.

Kalimat yang menyatakan fakta pada paragraf tersebut adalah ....

  1. (1) dan (3)

  2. (2) dan (3)

  3. (2) dan (4)

  4. (3) dan (4)

  5. (4) dan (5)

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Fakta merupakan hal yang dapat dibuktikan kebenarannya. Fakta bukan merupakan sesuatu yang relatif seperti kata sifat atau kalimat ajakan. Kalimat 1 bukan fakta karena kata rumit merupakan kata sifat yang relatif untuk setiap orang. Kalimat 2 bukan fakta karena mengandung kata sangat bermanfaat yang juga bersifat relatif atau subjektif. Kalimat 3 bukan fakta karena mengandung frasa cukup berhasil yang bersifat relatif. Kalimat 4 merupakan fakta karena berisi informasi yang berupa data yang sudah dapat dipastikan kebenarannya. Kalimat 5 pun merupakan fakta karena berisi hal yang memang dilakukan oleh Castle Production, yakni mengerahkan animator profesional untuk mengajar mereka . Pernyataan ini dapat dibuktikan sehingga dapat disebut sebagai fakta. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Fakta merupakan hal yang dapat dibuktikan kebenarannya. Fakta bukan merupakan sesuatu yang relatif seperti kata sifat atau kalimat ajakan. Kalimat 1 bukan fakta karena kata rumit merupakan kata sifat yang relatif untuk setiap orang. Kalimat 2 bukan fakta karena mengandung kata sangat bermanfaat yang juga bersifat relatif atau subjektif. Kalimat 3 bukan fakta karena mengandung frasa cukup berhasil yang bersifat relatif. Kalimat 4 merupakan fakta karena berisi informasi yang berupa data yang sudah dapat dipastikan kebenarannya. Kalimat 5 pun merupakan fakta karena berisi hal yang memang dilakukan oleh Castle Production, yakni mengerahkan animator profesional untuk mengajar mereka. Pernyataan ini dapat dibuktikan sehingga dapat disebut sebagai fakta. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Nisa Risma

Pembahasan lengkap banget

Khaira Safiya Gadha Hartadi

Mudah dimengerti

Salwa Safira

Makasih ❤️

Suyati Skd

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat pendapat yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....

13

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia