(1) Keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi waon pecel. (3) Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya Banyuwangi (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik Banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini memang dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dimulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...

Pertanyaan

      (1) Keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi waon pecel. (3) Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya Banyuwangi (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik Banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini memang dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dimulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjiwai seluruh isi paragraf. Kalimat ini bisa terletak di awal ataupun di akhir paragraf. Dalam teks ini, kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni dalam kalimat pertama (1) Keterbukaan batik Banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna, dan motif menunjukkan watak orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. Kalimat ini kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya, yakni kalimat (2) dan (3). Dalam kalimat (2), dijelaskan mengenai tabrak budaya pada kebudayaan Banyuwangi yang terlihat pada ramuan kulinernya, dan dalam kalimat (3), dijelaskan bahwa orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar. Kata kunci dalam paragraf ini adalah Banyuwangi. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

3rb+

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

356

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia