Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Kepedulian untuk menghemat air bersih sangat diperlukan demi kelangsungan kehidupan kita dan kehidupan generasi penerus di masa yang akan datang. (2) Aktivitas kehidupan kita sehari-hari banyak melibatkan air bersih. (3) Air bersih kita gunakan mulai dari mandi hingga mencuci pakaian. (4) Dalam mencuci pakaian, biasanya kita membilas cucian tersebut hingga tiga kali agar benar-benar bersih. (5) Hal itu boleh saja dilakukan, tetapi kita perlu waspada karena Indonesia pada tahun 2025 akan terancam krisis air bersih. Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah ...

      (1) Kepedulian untuk menghemat air bersih sangat diperlukan demi kelangsungan kehidupan kita dan kehidupan generasi penerus di masa yang akan datang. (2) Aktivitas kehidupan kita sehari-hari banyak melibatkan air bersih. (3) Air bersih kita gunakan mulai dari mandi hingga mencuci pakaian. (4) Dalam mencuci pakaian, biasanya kita membilas cucian tersebut hingga tiga kali agar benar-benar bersih. (5) Hal itu boleh saja dilakukan, tetapi kita perlu waspada karena Indonesia pada tahun 2025 akan terancam krisis air bersih.

Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah ...

  1. (1) dan (2)

  2. (2) dan (3)

  3. (2) dan (4)

  4. (3) dan (5)

  5. (4) dan (5)

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Dalam teks tersebut, yang menjadi fakta adalah kalimat (2) dan (3). Dalam kalimat (2), dijelaskan bahwa manusia membutuhkan air bersih dalam kehidupannya sehari-hari. Kalimat ini didukung oleh kalimat selanjutnya, yakni Kita menggunakan mulai dari minum, mandi, hingga mencuci pakaian. Dari kedua kalimat tersebut, penulis ingin menyampaikan bahwa kebutuhan akan air adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Pada kenyataannya, aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dari air, mulai dari, minum, mandi, mencuci pakaian, menyiram tanaman, membersihkan kendaraan, dan sebagainya. Oleh karena itu, kedua kalimat tersebut digolongkan sebagai fakta. Kalimat (1) merupakan opini (pendapat) karena ada kata di masa yang akan datang . Hal ini bisa dikatakan masih sebuah prediksi semata. Kalimat (4) digolongkan sebagai opini karena ada kata biasanya . Dalam hal ini, bukan sebuah patokan yang mutlak terjadi. Kalimat (5) dikatakan sebagai opini karena dijelaskan bahwa tahun 2025 Indonesia akan terancam krisis air bersih ( akan menandakan bahwa hal tersebut masih merupakan prediksi/belum tentu terjadi). Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Dalam teks tersebut, yang menjadi fakta adalah kalimat (2) dan (3). Dalam kalimat (2), dijelaskan bahwa manusia membutuhkan air bersih dalam kehidupannya sehari-hari. Kalimat ini didukung oleh kalimat selanjutnya, yakni Kita menggunakan mulai dari minum, mandi, hingga mencuci pakaian. Dari kedua kalimat tersebut, penulis ingin menyampaikan bahwa kebutuhan akan air adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Pada kenyataannya, aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dari air, mulai dari, minum, mandi, mencuci pakaian, menyiram tanaman, membersihkan kendaraan, dan sebagainya. Oleh karena itu, kedua kalimat tersebut digolongkan sebagai fakta.

  • Kalimat (1) merupakan opini (pendapat) karena ada kata di masa yang akan datang. Hal ini bisa dikatakan masih sebuah prediksi semata.
  • Kalimat (4) digolongkan sebagai opini karena ada kata biasanya. Dalam hal ini, bukan sebuah patokan yang mutlak terjadi.
  • Kalimat (5) dikatakan sebagai opini karena dijelaskan bahwa tahun 2025 Indonesia akan terancam krisis air bersih (akan menandakan bahwa hal tersebut masih merupakan prediksi/belum tentu terjadi).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang bukan fakta-fakta yang dikemukakan dalam teks adalah …

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia