RoboguruRoboguru
SD

(1) Kandungan tinggi fitokimia bernama sulforafana yang terkandung dalam brokoli selama ini diketahui efektif untuk mencegah kanker. (2) Selain itu, studi menemukan juga bahwa surforafana punya efek baik melawan simpanan lemak berlebih. (3) Dalam jurnal Diabetes, para peneliti dari Kanazawa University menemukan bahwa sulforafana dalam brokoli secara keseluruhan dapat meningkatkan metabolism dengan mengubah simpanan lemak putih di dalam tubuh menjadi lemak coklat yang mudah dibakar menjadi energi. (4) Dikatakan lemak coklat karena lemak tersebut warnanya gelap dan dikemas di dalam sel mitokondria. (5) Mitokondria adalah pabrik energi tubuh yang dapat mengubah glukosa dari makanan menjadi energi sehingga sel dapat melakukan fungsinya.  Gagasan utama teks tersebut adalah . . . .

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!

(1) Kandungan tinggi fitokimia bernama sulforafana yang terkandung dalam brokoli selama ini diketahui efektif untuk mencegah kanker. (2) Selain itu, studi menemukan juga bahwa surforafana punya efek baik melawan simpanan lemak berlebih. (3) Dalam jurnal Diabetes, para peneliti dari Kanazawa University menemukan bahwa sulforafana dalam brokoli secara keseluruhan dapat meningkatkan metabolism dengan mengubah simpanan lemak putih di dalam tubuh menjadi lemak coklat yang mudah dibakar menjadi energi. (4) Dikatakan lemak coklat karena lemak tersebut warnanya gelap dan dikemas di dalam sel mitokondria. (5) Mitokondria adalah pabrik energi tubuh yang dapat mengubah glukosa dari makanan menjadi energi sehingga sel dapat melakukan fungsinya. 


Gagasan utama teks tersebut adalah . . . .space 

  1. manfaat kandungan dalam brokoli bagi tubuh 

  2. pengolahan brokoli untuk bahan makanan 

  3. penelitian mengenai kandungan brokoli 

  4. pencegahan obesitas dengan brokoli 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Dalam teks eksposisi, setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang dapat terletak di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), atau di awal dan di akhir paragraf (campuran). Teks di atas memiliki gagasan utama yang terletak di awal kalimat, yaitu kandungan tinggi fitokimia bernama sulforafana yang terkandung dalam brokoli selama ini diketahui efektif untuk mencegah kanker.

Dari kalimat itu, sudah bisa disimpulkan jawaban yang tepat dari pertanyaan teks tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

813

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! (1) Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan.(2) Namun, ternyata ada juga tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan.(3) Bukan sekadar sebagai penghias, beberapa tumbuhan da...

272

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia