Roboguru

(1) dengan hati yang remuk redam, hanafi pulang ke kampung halamannya di sumatera barat. (2) ibunya ingin mengembalikan hanafi kepada rafiah (3) hanafi menolak karena tidak mungkin menjilat liur yang sudah diludahkannya (4) hanafi menyesal oleh tindakannya yang tidak mau mengindahkan nasihat orang tuanya sehingga ia menderita dalam menjalani hidup ini. (5) tak lama kemudian, hanafi mati karena menelan empat butir sublimat dalam pengembangan novel, cuplikan tersebut cocok ditempatkan dalam bagian...

Pertanyaan

(1) dengan hati yang remuk redam, hanafi pulang ke kampung halamannya di sumatera barat.

(2) ibunya ingin mengembalikan hanafi kepada rafiah

(3) hanafi menolak karena tidak mungkin menjilat liur yang sudah diludahkannya

(4) hanafi menyesal oleh tindakannya yang tidak mau mengindahkan nasihat orang tuanya sehingga ia menderita dalam menjalani hidup ini.

(5) tak lama kemudian, hanafi mati karena menelan empat butir sublimat

dalam pengembangan novel, cuplikan tersebut cocok ditempatkan dalam bagian...

  1. koda

  2. orientasi

  3. komplikasi

  4. evaluasi

  5. resolusi

Pembahasan Soal:

Jawaban: e

Pembahasan:

Cuplikan novel tersebut merupakan bagian dari resolusi. Bagian resolusi menggambarkan penyelesaian masalah utama. Bagian ini ditandai oleh perubahan nasib yang dialami tokoh utama, yakni mungkin berupa keberhasilan ataupun kegagalan dari perjuangan kehidupannya. Pada cuplikan tersebut, tergambar nasib sial yang dialami oleh Hanafi karena tidak mendengarkan nasihat orang tuanya dan pada akhirnya tokoh Hanafi meninggal karena menelan empat butir sublimat.

Pilihan jawaban a salah karena koda merupakan bagian akhir novel yang berisikan komentar terhadap kehidupan selanjutnya dari tokoh utama.

Pilihan jawaban b salah karena orientasi merupakan bagian pengenalan tokoh, latar, dan gambaran umum yang terletak di awal cerita.

Pilihan jawaban c salah karena komplikasi merupakan munculnya koflik atau masalah pada cerita, sementara pada cuplikan di atas merupakan akhir dari sebuah masalah.

Pilihan jawaban d salah karena evaluasi merupakan komentar pengarang atau mungkin juga diwakilkan pada tokoh tertentu akan masalah ataupun peristiwa yang dialami tokoh utama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah e.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

tapi, seketika itu, ratna sudah mengucap pula. sudarma, adiknya, pada siapakah ia bergantung jika ratna tidak ada lagi? hanya anak yang seorang itu yang akan dapat menyenangkan hati ibu bapaknya di ke...

Pembahasan Soal:

Jawaban: b

Pembahasan:

Cuplikan novel di atas merupakan bagian komplikasi. Komplikasi berisi masalah atau peristiwa yang tidak diharapkan terjadi oleh tokoh utama. Cuplikan tersebut berisi masalah yang dialami ketika Ratna memutuskan untuk pergi, namun belum diketahui kelanjutan nasib dari keluarganya karena hal tersebut baru mulai menjelaskan bagian konflik. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah b.

0

Roboguru

kebanyakan perempuan yang jatuh ke dalam tangan datuk meringgih ini semata-mata karena uangnya juga. sebab lain daripada itu, tak ada yang dapat dipandang padanya. rupanya buruk, umurnya telah lanjut,...

Pembahasan Soal:

Jawaban: e

Pembahasan:

Evaluasi merupakan bagian dari struktur teks novel. Evaluasi merupakan komentar pengarang atau mungkin juga diwakilkan pada tokoh tertentu akan masalah ataupun peristiwa yang dialami tokoh utama. Sementara, pilihan jawaban a sampai d bukan merupakan pengertian dan isi dari bagian evaluasi

0

Roboguru

Kami gelagapan. (1) Tidak siap menjawab pertanyaan interogatif di senja bergerimis dalam keadaan kepayahan ini. “Apa salah kalian?” Berondongnya sekali lagi, tidak sabar. (2) Gerimis bercampur dengan...

Pembahasan Soal:

Konflik merupakan permasalahan yang diangkat (yang terdapat di dalam sebuah cerita). Konflik dapat tergambar melalui penuturan langsung, ucapan tokoh, maupun dialog antartokoh. Di dalam teks tersebut, konflik digambarkan melalui dialog antartokoh.  Dalam teks tersebut, yang menjadi konflik utamanya adalah mengenai ketakutan seseorang. Pada awal cerita dijelaskan bahwa tokoh “Kami” merasa ketakutan. Hal ini khususnya terdapat dalam kalimat Kami gelagapan. Kemudian, hal tersebut diperjelas lagi oleh kalimat pada paragraf ketiga Melihat aku menutup mata, dia membentak lebih keras, “Jangan takut dengan manusia, jawab! Hal ini membuktikan bahwa konflik utama dalam teks cerita tersebut adalah mengenai ketakutan seseorang. Ini sesuai dengan pilihan jawaban (C).

0

Roboguru

Cermati kutipan berikut! Teks 1 Dari Terminal Tirtonadi, Wahyu berjalan menuju Jalan Slamet Riyadi. Hari ini ia akan membeli buku kesukaannya yang sudah diidamkannya bulan lalu. Pukul dua belas sian...

Pembahasan Soal:

Teks 1, didominasi oleh nama tokoh yang mempunyai penokohan seseorang yang hobi membaca buku, berisi urutan peristiwa yang berjalan maju (alur). Sementara itu, teks 2, didominasi oleh dominan penggambaran tempat dan suasana (latar) kemudian gaya bahasa banyak menggunakan majas-majas (gaya bahasa bermajas).

0

Roboguru

Perhatikan kedua kutipan novel berikut!  Kutipan Novel 1  Pesawat kecil itu terangkat, dari jendela kulihat Ayah melambai-lambai dengan saputangan, saputangan yang dulu sering dipakainya untuk meng...

Pembahasan Soal:

Kedua teks di atas merupakan kutipan teks novel. Kedua kutipan tersebut memiliki perbedaan pola penyajian.

Kutipan 1 diawali dengan aksi tokoh yang ditunjukkan dengan tokoh Ayah yang melambai-lambai dengan saputangan mengantar kepergian pesawat yang ditumpangi oleh tokoh Aku.

Sementara, kutipan 2 diawali dengan garis besar cerita yang menggambarkan Darsa yang hampir putus asa karena niranya berubah menjadi cairan asam karena tidak terangkat pada waktunya.

Dengan demikian,, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved