Pertanyaan

(1) dengan hati yang remuk redam, hanafi pulang ke kampung halamannya di sumatera barat. (2) ibunya ingin mengembalikan hanafi kepada rafiah (3) hanafi menolak karena tidak mungkin menjilat liur yang sudah diludahkannya (4) hanafi menyesal oleh tindakannya yang tidak mau mengindahkan nasihat orang tuanya sehingga ia menderita dalam menjalani hidup ini. (5) tak lama kemudian, hanafi mati karena menelan empat butir sublimat dalam pengembangan novel, cuplikan tersebut cocok ditempatkan dalam bagian...

(1) dengan hati yang remuk redam, hanafi pulang ke kampung halamannya di sumatera barat.

(2) ibunya ingin mengembalikan hanafi kepada rafiah

(3) hanafi menolak karena tidak mungkin menjilat liur yang sudah diludahkannya

(4) hanafi menyesal oleh tindakannya yang tidak mau mengindahkan nasihat orang tuanya sehingga ia menderita dalam menjalani hidup ini.

(5) tak lama kemudian, hanafi mati karena menelan empat butir sublimat

dalam pengembangan novel, cuplikan tersebut cocok ditempatkan dalam bagian...

  1. koda

  2. orientasi

  3. komplikasi

  4. evaluasi

  5. resolusi

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah e.

jawaban yang tepat adalah e.

Pembahasan

Jawaban: e Pembahasan: Cuplikan novel tersebut merupakan bagian dari resolusi . Bagian resolusi menggambarkan penyelesaian masalah utama. Bagian ini ditandai oleh perubahan nasib yang dialami tokoh utama, yakni mungkin berupa keberhasilan ataupun kegagalan dari perjuangan kehidupannya. Pada cuplikan tersebut, tergambar nasib sial yang dialami oleh Hanafi karena tidak mendengarkan nasihat orang tuanya dan pada akhirnya tokoh Hanafi meninggal karena menelan empat butir sublimat. Pilihan jawaban a salah karena koda merupakan bagian akhir novel yang berisikan komentar terhadap kehidupan selanjutnya dari tokoh utama. Pilihan jawaban b salah karena orientasi merupakan bagian pengenalan tokoh, latar, dan gambaran umum yang terletak di awal cerita. Pilihan jawaban c salah karena komplikasi merupakan munculnya koflik atau masalah pada cerita, sementara pada cuplikan di atas merupakan akhir dari sebuah masalah. Pilihan jawaban d salah karena evaluasi merupakan komentar pengarang atau mungkin juga diwakilkan pada tokoh tertentu akan masalah ataupun peristiwa yang dialami tokoh utama. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah e.

Jawaban: e

Pembahasan:

Cuplikan novel tersebut merupakan bagian dari resolusi. Bagian resolusi menggambarkan penyelesaian masalah utama. Bagian ini ditandai oleh perubahan nasib yang dialami tokoh utama, yakni mungkin berupa keberhasilan ataupun kegagalan dari perjuangan kehidupannya. Pada cuplikan tersebut, tergambar nasib sial yang dialami oleh Hanafi karena tidak mendengarkan nasihat orang tuanya dan pada akhirnya tokoh Hanafi meninggal karena menelan empat butir sublimat.

Pilihan jawaban a salah karena koda merupakan bagian akhir novel yang berisikan komentar terhadap kehidupan selanjutnya dari tokoh utama.

Pilihan jawaban b salah karena orientasi merupakan bagian pengenalan tokoh, latar, dan gambaran umum yang terletak di awal cerita.

Pilihan jawaban c salah karena komplikasi merupakan munculnya koflik atau masalah pada cerita, sementara pada cuplikan di atas merupakan akhir dari sebuah masalah.

Pilihan jawaban d salah karena evaluasi merupakan komentar pengarang atau mungkin juga diwakilkan pada tokoh tertentu akan masalah ataupun peristiwa yang dialami tokoh utama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah e.

5rb+

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

tapi, seketika itu, ratna sudah mengucap pula. sudarma, adiknya, pada siapakah ia bergantung jika ratna tidak ada lagi? hanya anak yang seorang itu yang akan dapat menyenangkan hati ibu bapaknya di ke...

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia