Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI. (2) Di satu sisi, sebagai sebuah negara yang sedang giat-giatnya membangun, Malaysia sangat membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia. (3) Kebutuhan tenaga kerja tidak bias dicukupi oleh tenaga kerja yang ada di Malaysia. (4) Di sisi lain, angka pengangguran di Indonesia sendiri tinggi sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sedikit. (5) Sedikit TKI yang Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera. Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ...

(1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI. (2) Di satu sisi, sebagai sebuah negara yang sedang giat-giatnya membangun, Malaysia sangat membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia. (3) Kebutuhan tenaga kerja tidak bias dicukupi oleh tenaga kerja yang ada di Malaysia. (4) Di sisi lain, angka pengangguran di Indonesia sendiri tinggi sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sedikit. (5) Sedikit TKI yang Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera.

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ...

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

Iklan

A. Acfreelancerrr

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat yang tidak padu adalah kalimat (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera.

kalimat yang tidak padu adalah kalimat (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera.

Iklan

Pembahasan

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan atau memperinci kalimat utama. Kalimat ini biasanya masih berhubungan dengan kalimat utama teks tersebut. Dalam teks di atas, kalimat utamanya adalah kalimat (1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI. Kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya (yakni kalimat 2, 3, dan 4). Dalam kalimat (2), (3), dan (4), dibahas mengenai ketergantungan antara Malaysia dan Indonesia dalam hal ketersediaan tenaga kerja. Ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia tidak sebanyak di Malaysia Hal ini masih berhubungan dengan kalimat utama. Akan tetapi, pada kalimat (5), yang dibahas adalah mengenai penghidupan TKI yang berangkat ke Malaysia yang semakin sejahtera. Hal ini jelas tidak berhubungan (tidak padu) dengan kalimat utama dan keseluruhan isi paragraf tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera.

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan atau memperinci kalimat utama. Kalimat ini biasanya masih berhubungan dengan kalimat utama teks tersebut. Dalam teks di atas, kalimat utamanya adalah kalimat (1) Antara Indonesia dan Malaysia sebetulnya terdapat situasi yang saling memerlukan dalam soal TKI.  Kalimat ini diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya (yakni kalimat 2, 3, dan 4). Dalam kalimat (2), (3), dan (4), dibahas mengenai ketergantungan antara Malaysia dan Indonesia dalam hal ketersediaan tenaga kerja. Ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia tidak sebanyak di Malaysia Hal ini masih berhubungan dengan kalimat utama. Akan tetapi, pada kalimat (5), yang dibahas adalah mengenai penghidupan TKI yang berangkat ke Malaysia yang semakin sejahtera.  Hal ini jelas tidak berhubungan (tidak padu) dengan kalimat utama dan keseluruhan isi paragraf tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (5) Sedikit demi sedikit TKI yang ke Malaysia, penghidupannya menjadi sejahtera.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat fakta pada tajuk tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

37

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia