10_Kadek N

30 Mei 2024 01:21

Iklan

10_Kadek N

30 Mei 2024 01:21

Pertanyaan

Yang benar dari pernyataan berikut adalah.... A Tantular merupakan sebuah kitab yang memuat ungkapan Bhinneka Tunggal Ika B Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sudah ada pada abad XV pada zaman kerajaan majapahit C Mpu prapanca mengajarkan toleransi D Mpu Sutasoma adalah pujangga pada zaman kerajaan majapahit E Semboyan Bhinnela tunggal Ika terdapat dalam lambing negara Pancasila

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

03

:

29

:

36

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

30 Mei 2024 10:43

Jawaban terverifikasi

<p>Pernyataan yang benar dari pilihan-pilihan berikut adalah:</p><p>B. Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sudah ada pada abad XV pada zaman kerajaan Majapahit</p><p>Berikut adalah penjelasan terkait pernyataan lainnya:</p><p>A. Tantular merupakan sebuah kitab yang memuat ungkapan Bhinneka Tunggal Ika<br>&nbsp; - Tidak benar. Tantular adalah nama seorang pujangga, bukan nama kitab. Ungkapan "Bhinneka Tunggal Ika" terdapat dalam kitab "Sutasoma" yang ditulis oleh Mpu Tantular.</p><p>C. Mpu prapanca mengajarkan toleransi<br>&nbsp; - Tidak tepat. Mpu Prapanca adalah penulis "Nagarakretagama", yang merupakan deskripsi kerajaan Majapahit, tetapi tidak secara spesifik dikenal karena mengajarkan toleransi. Pengajaran toleransi lebih terkait dengan Mpu Tantular melalui kitab "Sutasoma".</p><p>D. Mpu Sutasoma adalah pujangga pada zaman kerajaan Majapahit<br>&nbsp; - Tidak benar. Mpu Sutasoma bukanlah nama pujangga. Sutasoma adalah tokoh dalam kitab "Sutasoma" yang ditulis oleh Mpu Tantular.</p><p>E. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam lambang negara Pancasila<br>&nbsp; - Tidak benar. Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" memang terdapat pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila, namun bukan pada lambang negara Pancasila itu sendiri.</p><p>Jadi, jawaban yang benar adalah B.</p>

Pernyataan yang benar dari pilihan-pilihan berikut adalah:

B. Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sudah ada pada abad XV pada zaman kerajaan Majapahit

Berikut adalah penjelasan terkait pernyataan lainnya:

A. Tantular merupakan sebuah kitab yang memuat ungkapan Bhinneka Tunggal Ika
  - Tidak benar. Tantular adalah nama seorang pujangga, bukan nama kitab. Ungkapan "Bhinneka Tunggal Ika" terdapat dalam kitab "Sutasoma" yang ditulis oleh Mpu Tantular.

C. Mpu prapanca mengajarkan toleransi
  - Tidak tepat. Mpu Prapanca adalah penulis "Nagarakretagama", yang merupakan deskripsi kerajaan Majapahit, tetapi tidak secara spesifik dikenal karena mengajarkan toleransi. Pengajaran toleransi lebih terkait dengan Mpu Tantular melalui kitab "Sutasoma".

D. Mpu Sutasoma adalah pujangga pada zaman kerajaan Majapahit
  - Tidak benar. Mpu Sutasoma bukanlah nama pujangga. Sutasoma adalah tokoh dalam kitab "Sutasoma" yang ditulis oleh Mpu Tantular.

E. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam lambang negara Pancasila
  - Tidak benar. Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" memang terdapat pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila, namun bukan pada lambang negara Pancasila itu sendiri.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.


Iklan

Navniaaa N

30 Mei 2024 14:41

Jawaban terverifikasi

<p>B. Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sudah ada pada XV pada zaman kerajaan Majapahit&nbsp;</p><p><br>Akan tetapi, Bhinneka Tunggal ika merupakan pemikiran dari Mpu Tantular yang membuat kerajaan Majapahit berhasil menyatukan Nusantara. Semboyan tersebut merupakan kalimat yang dikutip dari "kakawin Sutasoma" karangan Mpu Tantular.</p><p><br>Sejarah Bhineka Tunggal Ika bermula pada abad ke-14 Masehi di pulau Jawa, Indonesia, pada masa Kerajaan Majapahit. Semboyan Bhineka Tunggal Ika pertama kali ditemukan dalam kitab kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular yang digubah pada masa kekuasaan Raja Rajasanagara Majapahit yang tersohor yaitu Hayam Wuruk.</p><p><br>Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan yang melekat pada lambang Garuda. Makna dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu. Jika dilihat dari sejarah historisnya, Bhinneka Tunggal Ika dituliskan dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular pada masa Majapahit sekitar abad ke-14.</p><p><br>Indonesia memiliki semboyan, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Adapun sejarah semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh Mpu Tantular dan berasal dari kitab Sutasoma. Kitab tersebut ditulis tahun 1851 dalam bahasa Jawa Kuno dan aksara Bali.</p>

B. Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sudah ada pada XV pada zaman kerajaan Majapahit 


Akan tetapi, Bhinneka Tunggal ika merupakan pemikiran dari Mpu Tantular yang membuat kerajaan Majapahit berhasil menyatukan Nusantara. Semboyan tersebut merupakan kalimat yang dikutip dari "kakawin Sutasoma" karangan Mpu Tantular.


Sejarah Bhineka Tunggal Ika bermula pada abad ke-14 Masehi di pulau Jawa, Indonesia, pada masa Kerajaan Majapahit. Semboyan Bhineka Tunggal Ika pertama kali ditemukan dalam kitab kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular yang digubah pada masa kekuasaan Raja Rajasanagara Majapahit yang tersohor yaitu Hayam Wuruk.


Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan yang melekat pada lambang Garuda. Makna dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu. Jika dilihat dari sejarah historisnya, Bhinneka Tunggal Ika dituliskan dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular pada masa Majapahit sekitar abad ke-14.


Indonesia memiliki semboyan, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Adapun sejarah semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh Mpu Tantular dan berasal dari kitab Sutasoma. Kitab tersebut ditulis tahun 1851 dalam bahasa Jawa Kuno dan aksara Bali.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan