Cintaning A

24 Maret 2024 12:21

Iklan

Iklan

Cintaning A

24 Maret 2024 12:21

Pertanyaan

Usaha pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah Irian Barat di forum PBB sering mengalami kegagalan, salah satunya disebabkan .... a. masalah Irian Barat akan diselesaikan UNTEA b. PBB tidak mau menerima agenda masalah Irian Barat c. negara-negara Blok Barat mendukung Belanda d. RI hanya didukung negara-negara Asia Tenggara saja e. PBB belum siap menghadapi persoalan Irian Barat Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Usaha pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah Irian Barat di forum PBB sering mengalami kegagalan, salah satunya disebabkan ....

a. masalah Irian Barat akan diselesaikan UNTEA

b. PBB tidak mau menerima agenda masalah Irian Barat

c. negara-negara Blok Barat mendukung Belanda

d. RI hanya didukung negara-negara Asia Tenggara saja

e. PBB belum siap menghadapi persoalan Irian Barat

Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rich. R

27 Maret 2024 06:32

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban : C</strong></p><p>Pertanyaan tersebut mengacu pada upaya pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah Irian Barat di forum PBB yang sering mengalami kegagalan. Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah dukungan negara-negara Blok Barat kepada Belanda.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Deskripsi :&nbsp;</strong><br>Irian Barat adalah wilayah yang dikuasai oleh Belanda setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Pemerintah Indonesia berupaya untuk mengambil alih kembali wilayah tersebut dan mengintegrasikannya ke dalam negara Indonesia. Dalam upayanya, Indonesia mengajukan masalah Irian Barat ke forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendapatkan dukungan internasional.</p><p>Akan tetapi, negara-negara Blok Barat, termasuk Amerika Serikat dan sekutunya, cenderung mendukung Belanda dalam isu ini. Alasan dukungan mereka bervariasi, termasuk hubungan ekonomi dan politik dengan Belanda, serta keinginan untuk menghindari preseden yang dapat mempengaruhi koloni mereka sendiri. Dukungan Blok Barat kepada Belanda membuat sulit bagi Indonesia untuk mendapatkan dukungan mayoritas di PBB untuk mengambil alih Irian Barat.</p><p><strong><u>Dalam konteks ini, jawaban yang benar adalah C.</u></strong> negara-negara Blok Barat mendukung Belanda. Dukungan ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kegagalan upaya Indonesia untuk menyelesaikan masalah Irian Barat di forum PBB.</p>

Jawaban : C

Pertanyaan tersebut mengacu pada upaya pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah Irian Barat di forum PBB yang sering mengalami kegagalan. Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah dukungan negara-negara Blok Barat kepada Belanda.

 

Deskripsi : 
Irian Barat adalah wilayah yang dikuasai oleh Belanda setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Pemerintah Indonesia berupaya untuk mengambil alih kembali wilayah tersebut dan mengintegrasikannya ke dalam negara Indonesia. Dalam upayanya, Indonesia mengajukan masalah Irian Barat ke forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendapatkan dukungan internasional.

Akan tetapi, negara-negara Blok Barat, termasuk Amerika Serikat dan sekutunya, cenderung mendukung Belanda dalam isu ini. Alasan dukungan mereka bervariasi, termasuk hubungan ekonomi dan politik dengan Belanda, serta keinginan untuk menghindari preseden yang dapat mempengaruhi koloni mereka sendiri. Dukungan Blok Barat kepada Belanda membuat sulit bagi Indonesia untuk mendapatkan dukungan mayoritas di PBB untuk mengambil alih Irian Barat.

Dalam konteks ini, jawaban yang benar adalah C. negara-negara Blok Barat mendukung Belanda. Dukungan ini merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kegagalan upaya Indonesia untuk menyelesaikan masalah Irian Barat di forum PBB.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 05:23

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada masa itu, terutama pada awal kemerdekaan Indonesia dan selama masa perjuangan untuk mengakui kedaulatan Indonesia atas Irian Barat (Papua), beberapa negara Barat, termasuk Belanda, mendukung klaim kolonial Belanda atas wilayah tersebut. Dukungan ini membuat upaya diplomasi Indonesia di forum PBB sering mengalami hambatan dan kegagalan.</p>

jawabannya adalah C.

 

Pada masa itu, terutama pada awal kemerdekaan Indonesia dan selama masa perjuangan untuk mengakui kedaulatan Indonesia atas Irian Barat (Papua), beberapa negara Barat, termasuk Belanda, mendukung klaim kolonial Belanda atas wilayah tersebut. Dukungan ini membuat upaya diplomasi Indonesia di forum PBB sering mengalami hambatan dan kegagalan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ASEAN merupakan organisasi kerja sama antar negara. Pembentukan ASEAN disebabkan adanya kesamaan latar belakang negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Analisislah berbagai persamaan latar belakang pembentukan ASEAN!

11

0.0

Jawaban terverifikasi