Rafael M

30 April 2024 09:23

Iklan

Iklan

Rafael M

30 April 2024 09:23

Pertanyaan

ASEAN merupakan organisasi kerja sama antar negara. Pembentukan ASEAN disebabkan adanya kesamaan latar belakang negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Analisislah berbagai persamaan latar belakang pembentukan ASEAN!

ASEAN merupakan organisasi kerja sama antar negara. Pembentukan ASEAN disebabkan adanya kesamaan latar belakang negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 

 

Analisislah berbagai persamaan latar belakang pembentukan ASEAN!


3

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 April 2024 13:54

Jawaban terverifikasi

<p>Pembentukan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) pada dasarnya dipicu oleh berbagai persamaan latar belakang yang dimiliki oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berikut adalah beberapa persamaan latar belakang yang menjadi faktor penting dalam pembentukan ASEAN:</p><p><strong>Kemerdekaan dari Penjajahan Kolonial:</strong> Mayoritas negara-negara di Asia Tenggara telah mengalami periode penjajahan kolonial oleh kekuatan-kekuatan Eropa. Proses pembebasan diri dari penjajahan kolonial menciptakan kesadaran bersama akan pentingnya kemerdekaan dan kedaulatan nasional.</p><p><strong>Mempertahankan Kedaulatan dan Integritas Wilayah:</strong> Negara-negara di Asia Tenggara memiliki kepentingan bersama dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah mereka. Kawasan ini sering menjadi tempat persaingan antara kekuatan besar, sehingga terdapat kebutuhan untuk saling mendukung dalam menjaga kedaulatan dan integritas wilayah.</p><p><strong>Keanekaragaman Budaya dan Etnis:</strong> Asia Tenggara dikenal dengan keanekaragaman budaya, bahasa, dan etnis yang kaya. Persamaan ini menciptakan landasan bagi kerja sama dalam mempromosikan pemahaman antarbudaya, toleransi, dan keragaman di antara negara-negara anggota ASEAN.</p><p><strong>Kondisi Geografis yang Serupa:</strong> Negara-negara di Asia Tenggara memiliki kondisi geografis yang serupa, termasuk lokasi di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta karakteristik geografis seperti kepulauan, sungai besar, dan hutan tropis. Hal ini menciptakan tantangan dan peluang yang serupa dalam pengembangan ekonomi, lingkungan hidup, dan keamanan regional.</p><p><strong>Keharusan Kerja Sama Ekonomi:</strong> Negara-negara di Asia Tenggara menyadari pentingnya kerja sama ekonomi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mengurangi kesenjangan pembangunan di antara mereka. Pembentukan ASEAN merupakan langkah untuk memfasilitasi integrasi ekonomi di kawasan ini.</p>

Pembentukan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) pada dasarnya dipicu oleh berbagai persamaan latar belakang yang dimiliki oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berikut adalah beberapa persamaan latar belakang yang menjadi faktor penting dalam pembentukan ASEAN:

Kemerdekaan dari Penjajahan Kolonial: Mayoritas negara-negara di Asia Tenggara telah mengalami periode penjajahan kolonial oleh kekuatan-kekuatan Eropa. Proses pembebasan diri dari penjajahan kolonial menciptakan kesadaran bersama akan pentingnya kemerdekaan dan kedaulatan nasional.

Mempertahankan Kedaulatan dan Integritas Wilayah: Negara-negara di Asia Tenggara memiliki kepentingan bersama dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah mereka. Kawasan ini sering menjadi tempat persaingan antara kekuatan besar, sehingga terdapat kebutuhan untuk saling mendukung dalam menjaga kedaulatan dan integritas wilayah.

Keanekaragaman Budaya dan Etnis: Asia Tenggara dikenal dengan keanekaragaman budaya, bahasa, dan etnis yang kaya. Persamaan ini menciptakan landasan bagi kerja sama dalam mempromosikan pemahaman antarbudaya, toleransi, dan keragaman di antara negara-negara anggota ASEAN.

Kondisi Geografis yang Serupa: Negara-negara di Asia Tenggara memiliki kondisi geografis yang serupa, termasuk lokasi di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta karakteristik geografis seperti kepulauan, sungai besar, dan hutan tropis. Hal ini menciptakan tantangan dan peluang yang serupa dalam pengembangan ekonomi, lingkungan hidup, dan keamanan regional.

Keharusan Kerja Sama Ekonomi: Negara-negara di Asia Tenggara menyadari pentingnya kerja sama ekonomi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mengurangi kesenjangan pembangunan di antara mereka. Pembentukan ASEAN merupakan langkah untuk memfasilitasi integrasi ekonomi di kawasan ini.


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

30 April 2024 14:48

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>Pembentukan ASEAN dipengaruhi oleh beberapa persamaan latar belakang antara negara-negara di Asia Tenggara, seperti sejarah kolonialisme, geografi yang serupa, keberagaman budaya, tantangan ekonomi, dan ancaman keamanan regional. Keinginan untuk meningkatkan stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan sosial juga menjadi faktor penting dalam pembentukan ASEAN.</p>

Jawaban:

Pembentukan ASEAN dipengaruhi oleh beberapa persamaan latar belakang antara negara-negara di Asia Tenggara, seperti sejarah kolonialisme, geografi yang serupa, keberagaman budaya, tantangan ekonomi, dan ancaman keamanan regional. Keinginan untuk meningkatkan stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan sosial juga menjadi faktor penting dalam pembentukan ASEAN.


B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

01 Mei 2024 03:24

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah kesamaan pernah dijajah, kesamaan letak geografis dan kesamaan budaya. Simak penjelasannya yuk, Latar belakang pembentukan ASEAN, yaitu sebagai berikut. 1. Kesamaaan sejarah  Negara-negara pendirinya pernah dijajah oleh bangsa Eropa, kecuali ThailandKesamaan letak geografis 2. Secara geografis negara-negara di Asia Tenggara sangat stategis karena di berada diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Intinya, negara-negara ini berada di dalam suatu wilayah yang sama dan jarak antar negara pun saling berdekatan. Sehingga, kerja sama antarnegara pun menjadi semakin dibutuhkan. 3 Persamaan dasar kebudayaan Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini adalah pewaris dari rumpun atau peradaban Melayu Austronesia. 4. Persamaan kepentingan yang dimiliki oleh masing-masing negara anggota ASEAN. Setiap negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mewujudkan keberhasilan di bidang ekonomi, budaya, sosial, politik dan keamanan. Dengan demikian, latar belakang kesamaan sejarah dalam pembentukan ASEAN seperti penjelasan di atas


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

PEMBALAKAN LIAR Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah, beberapa sumber terpercaya mengindikasikan bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di wilayah- wilayah daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40 %dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS. Studi yang lebih baru membandingkan penebangan sah dengan konsumsi domestik ditambah dengan ekspor mengindikasikan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar. Malaysia merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia. Dampak pembalakan liar ini sangat signifikan. Data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun. Hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia. Pertanyaan : 1. Tuliskan masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut! 2. Tuliskan pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut! 3. Tuliskan dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia! 4. Cermati paragraf pertama teks di atas! Tuliskan satu kalimat kompleks! 5. Cermati paragraf kedua teks tersebut! Tuliskan satu kalimat tunggal!

11

5.0

Jawaban terverifikasi