Moza S

15 November 2024 05:37

Iklan

Moza S

15 November 2024 05:37

Pertanyaan

uraikanlah makna sejarah sebagai res gestae dan sejarah sebagai historia rerum gestarum serta kaitkan dengan perkembangan pembelajaran sejarah yang di bahas pada artikel posisi dan urgensi masa pelajaran sejarah

uraikanlah makna sejarah sebagai res gestae dan sejarah sebagai historia rerum gestarum serta kaitkan dengan perkembangan pembelajaran sejarah yang di bahas pada artikel posisi dan urgensi masa pelajaran sejarah

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

12

:

06

:

24

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

19 November 2024 12:39

Jawaban terverifikasi

<ol><li>&nbsp;<ul><li>Hal ini relevan dalam membangun dasar pengetahuan sejarah yang kuat untuk mendukung analisis dan interpretasi.</li></ul></li></ol><p><strong>Historia Rerum Gestarum dalam Pembelajaran Sejarah</strong></p><ul><li>Narasi sejarah diajarkan untuk menyampaikan makna dan relevansi peristiwa masa lalu terhadap situasi saat ini.</li><li>Guru mengajarkan siswa untuk berpikir kritis terhadap berbagai interpretasi sejarah, sehingga mereka mampu memahami sejarah sebagai konstruksi sosial dan politik yang dinamis.</li></ul><p><strong>Kesimpulan</strong></p><p>Pembelajaran sejarah yang baik harus mengintegrasikan <i>res gestae</i> (fakta) dan <i>historia rerum gestarum</i> (narasi). Pemahaman faktual membantu membangun fondasi yang kuat, sementara interpretasi naratif membantu siswa memahami relevansi sejarah dalam konteks kontemporer. Dengan demikian, sejarah tidak hanya menjadi pelajaran tentang masa lalu, tetapi juga alat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

  1.  
    • Hal ini relevan dalam membangun dasar pengetahuan sejarah yang kuat untuk mendukung analisis dan interpretasi.

Historia Rerum Gestarum dalam Pembelajaran Sejarah

  • Narasi sejarah diajarkan untuk menyampaikan makna dan relevansi peristiwa masa lalu terhadap situasi saat ini.
  • Guru mengajarkan siswa untuk berpikir kritis terhadap berbagai interpretasi sejarah, sehingga mereka mampu memahami sejarah sebagai konstruksi sosial dan politik yang dinamis.

Kesimpulan

Pembelajaran sejarah yang baik harus mengintegrasikan res gestae (fakta) dan historia rerum gestarum (narasi). Pemahaman faktual membantu membangun fondasi yang kuat, sementara interpretasi naratif membantu siswa memahami relevansi sejarah dalam konteks kontemporer. Dengan demikian, sejarah tidak hanya menjadi pelajaran tentang masa lalu, tetapi juga alat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

 

 


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut 1) Jepang membebaskan pemimpin nasional yang ditahan/dibuang Belanda. 2) Ada harapan penjajahan Belanda di Indonesia segera berakhir. 3) Jepang memperkenalkan diri sebagai Saudara Tua bangsa-bangsa Asia. 4) Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia. 5) Jepang berjanji melatih kemandirian rakyat Indonesia dalam bidang ekonomi Sebagian data tersebut adalah alasan para tokoh pergerakan nasional Indonesia awalnya menyambut baik kedatangan Jepang. Alasan yang tidak tepat ditunjukkan pada nomor:

67

0.0

Jawaban terverifikasi