Monica A

22 Maret 2022 14:17

Iklan

Iklan

Monica A

22 Maret 2022 14:17

Pertanyaan

Uraikan pendapat Geldern mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

G. Fitri

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

09 Januari 2023 04:54

Jawaban terverifikasi

<p>Pendapat Geldern mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah dari Tiongkok tepatnya ialah dari wilayah Yunan.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Indonesia ialah salah satu negara yang masyarakatnya majemuk, artinya bahwa terdapat berbagai suku bangsa terdapat di negeri ini. Namun sebenarnya asal-usul nenek moyang Indonesia itu darimana asalnya. Terdapat beberapa teori yang menjelaskan asal-usul dari nenek moyang bangsa Indonesia dan pada umumnya menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini merupakan keturunan dari ras yang datang dari Yunan, dimana hal tersebut terdapat dalama Teori Yunan.</p><p>&nbsp;</p><p>Teori Yunan mengungkapkan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah dari Tiongkok tepatnya ialah dari wilayah Yunan. Nenek moyang bangsa Indonesia tersebut meninggalkan Yunan di sekitar hulu sungai Salween dan Sungai Mekong. Hal tersebut dikarenakan adanya bencana alam dan juga serangan suku lainnya. Para ahli yang mendukung teori ini salah satunya ialah R.H Geldern dsb.</p><p>&nbsp;</p><p>Hal yang mendasari teori ini ialah adanya kesamaan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Kepulauan Nusantara dengan bagaha yang ada di Kamboja, sehingga dapat disimpulkan bahwa orang-orang Kamboja dari Yunan datangke Nusantara dengan cara menyusuri Sungai Mekong. Kemudian mengenai kapak tua di wilayah Nusantara yang memiliki kesamaan dengan kapak yang ada di Asia Tenggara. Terdapat tiga gelombang migrasi dari teori ini ialah Melanesoid, Proto Melayu, dan Deutro Melayu</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, pendapat Geldern mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah dari Tiongkok tepatnya ialah dari wilayah Yunan.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu ya ๐Ÿ˜Š</p>

Pendapat Geldern mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah dari Tiongkok tepatnya ialah dari wilayah Yunan.

 

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

 

Indonesia ialah salah satu negara yang masyarakatnya majemuk, artinya bahwa terdapat berbagai suku bangsa terdapat di negeri ini. Namun sebenarnya asal-usul nenek moyang Indonesia itu darimana asalnya. Terdapat beberapa teori yang menjelaskan asal-usul dari nenek moyang bangsa Indonesia dan pada umumnya menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini merupakan keturunan dari ras yang datang dari Yunan, dimana hal tersebut terdapat dalama Teori Yunan.

 

Teori Yunan mengungkapkan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah dari Tiongkok tepatnya ialah dari wilayah Yunan. Nenek moyang bangsa Indonesia tersebut meninggalkan Yunan di sekitar hulu sungai Salween dan Sungai Mekong. Hal tersebut dikarenakan adanya bencana alam dan juga serangan suku lainnya. Para ahli yang mendukung teori ini salah satunya ialah R.H Geldern dsb.

 

Hal yang mendasari teori ini ialah adanya kesamaan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Kepulauan Nusantara dengan bagaha yang ada di Kamboja, sehingga dapat disimpulkan bahwa orang-orang Kamboja dari Yunan datangke Nusantara dengan cara menyusuri Sungai Mekong. Kemudian mengenai kapak tua di wilayah Nusantara yang memiliki kesamaan dengan kapak yang ada di Asia Tenggara. Terdapat tiga gelombang migrasi dari teori ini ialah Melanesoid, Proto Melayu, dan Deutro Melayu

 

Dengan demikian, pendapat Geldern mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ialah dari Tiongkok tepatnya ialah dari wilayah Yunan.

 

Semoga membantu ya ๐Ÿ˜Š


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

483

5.0

Jawaban terverifikasi