Rahmat S

04 November 2021 13:01

Iklan

Iklan

Rahmat S

04 November 2021 13:01

Pertanyaan

Jelaskan bidang- bidang yang mengalami perubahan dalam masyarakat Indonesia saat masuknya pengaruh Hindu-Budha !


205

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Tata Y

09 November 2021 09:51

Jawaban terverifikasi

Halo Rahmat, Masuk nyari hindu budha mempunyai pengaruh bagi Indonesia dalam berbagai bidang yaitu, bidang keagamaan, bidang sosial, bidang politik, bidang sastra dan bahasa, bidang arsitektur. Pembahasan. Pengaruh Hindu-Buddha Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan sejarahdalam berbagai bidang, di antaranya: 1.Bidang keagamaan Indonesia telah memiliki kepercayaan berupa pemujaan terhadap roh nenek moyang. Kepercayaan tersebut memiliki dua sifat, yaitu: Animisme, suatu kepercayaan terhadap suatu benda yang dianggap memiliki roh atau jiwa. Dinamisme, suatu kepercayaan bahwa setiap benda memiliki kekuatan gain. 2. Bidang sosial Masuknya kebudayaan Hindu menjadikan masyarakat Indonesia mengenal kasta, yaitu: -Brahmana, kaum pendeta dan sarjana -Ksatria, para prajurit, pejabat, dan bangsawan -Waisya, para pedagang, petani, pemilik tanah, dan prajurit -Sudra, para rakyat jelata dan pekerja kasar Sistem kasta yang berlaku di Indonesia berbeda dengan yang ada di India. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat dan agama di Kerajaan Kutai. Berdasarkan silsilahnya, Raja Kudungga adalah orang Indonesua yang pertama menyentuh budaya India. Pada masa pemerintahannya. Kudungga masih mempertahankan budaya Indonesia. Kemudian anaknya, Aswawarman diangkat menjadi raja, karena adanya pengaruh India mengakibatkan Kudungga tidak dianggap sebagai pendiri Kerajaan Kutai. 3. Bidang politik Dalam sistem ini, kelompok-kelompok kecil masyarakat bersatu dengan kepemilikan wilayah yang luas. Kepala suku yang terbaik dan terkuat berhak atas kekuasaan kerajaan.Pemimpin ditentukan secara turun-temurun berdasarkan hak waris sesuai dengan peraturan hukum kasta. Sehingga lahir kerajaan-kerajaan, seperti, Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, dan kerajaan bercorak Hindu-Buddha. 4. Bidang pendidikan Lembaga pendidikan seperti asrama merupakan salah satu bukti pengaruh dari kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia. Lembaga pendidikan tersebut mempelajari satu bidang saja, yaitu keagamaan. 5. Bidang sastra dan bahasa Pengaruh Hindu-Buddha pada bahasa adalah dikenal dan digunakannya bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa oleh masyarakat Indonesia. Pada masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, seni sastra sangat berkembang terutama pada zaman Kerajaan Kediri. 6.Bidang arsitektur Pada zaman megalithikum, punden berundak menjadi salah satu peninggalan dibidang arsitektur. Bangunan tersebut kemudian berpadu dengan budaya India yang mengilhami pembuatan bangunan candi. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Tata Y

07 November 2021 11:52

Hai, Rahmat S. Terima kasih sudah bertanya. Kaka bantu jawab ya. Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan sejarahdalam berbagai bidang, di antaranya: 1. Bidang keagamaan 2.Bidang sosial 3. Bidang politik 4.Bidang pendidikan 5. Bidang sastra dan bahasa 6. Bidang arsitektur Semoga membantu ya :)


Yuni P

19 Maret 2024 23:33

Permasalahan yang tidak dapat di selesaikan


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi