Meta M

24 Agustus 2022 02:16

Iklan

Meta M

24 Agustus 2022 02:16

Pertanyaan

Untuk mengamati pertumbuhan suatu bakteri pada inangnya, seorang peneliti mengambil potongan inang yang sudah terinfeksi bakteri tersebut dan Jika banyak bakteri pada awal pengamatan adalah 50,100, dan 200. Tentukan: Gambarkan grafik pertumbuhan bakteri tersebut.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

18

:

03

:

48

Klaim

6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. SheilaTeacherAssisstant

Mahasiswa/Alumni Universitas Pancasila

14 Desember 2022 03:47

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: sebagaimana pada gambar berikut.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Ingat!</strong></p><p><strong>Dalam barisan atau deret geometri suku ke-n, berlaku:</strong></p><p><strong>Un = ar<sup>n–1</sup></strong></p><p><strong>dimana:</strong></p><p><strong>Un = suku ke-n</strong></p><p><strong>a = suku pertama</strong></p><p><strong>r = rasio dengan</strong></p><p><strong>r = U₂/a</strong></p><p><strong>n = banyaknya suku</strong></p><p>Dalam menggambar fungsi eksponen, langkah-langkahnya adalah:</p><ol><li>Cari titik potong terhadap sumbu x, y = 0.</li><li>Cari titik potong terhadap sumbu y, x = 0.</li><li>Cari beberapa nilai x sebagai titik bantu untuk mempermudah penggambaran.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Pertumbuhan bakteri mengikuti pola barisan dan deret geometri, dengan pola 50, 100, 200 maka</p><p>a = 50</p><p>r = 100/50 = 2</p><p>Maka pada setiap fasenya mengikuti pola:</p><p>Un = 50∙2<strong><sup>n–1</sup></strong></p><p>&nbsp;</p><p>Karena akan menggambarnya, diasumsikan fungsi tersebut sebagai fungsi f(x) sehingga f(x) = 50∙2<strong><sup>x–1</sup></strong></p><p>Sehingga,</p><p><strong>Titik potong terhadap sumbu x, y = 0.</strong></p><p>0 = 50∙2<strong><sup>x–1</sup></strong></p><p>2<strong><sup>x–1</sup> </strong>= 0</p><p>Tidak ada nilai x yang memenuhi, sehingga tidak ada titik potong terhadap sumbu x.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Titik potong terhadap sumbu y, x = 0.</strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>x–1</sup></strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>0–1</sup>&nbsp;</strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>–1</sup></strong></p><p>y = 50∙½</p><p>y = 25 (0, 25)</p><p>&nbsp;</p><p>Ambil beberapa titik bantu dari interval 1 ≤ x ≤ 5.</p><p>Untuk x = 1, sudah diketahui 50 (1, 50)</p><p>Untuk x = 2, sudah diketahui 100 (2, 100)</p><p>Untuk x = 3, sudah diketahui 200 (3, 200)</p><p>Untuk x = 4</p><p>y = 50∙2<strong><sup>x–1</sup></strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>4–1</sup>&nbsp;</strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>3</sup></strong></p><p>y = 50∙8</p><p>y = 400 (4, 400)</p><p>Untuk x = 5</p><p>y = 50∙2<strong><sup>x–1</sup></strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>5–1</sup>&nbsp;</strong></p><p>y = 50∙2<strong><sup>4</sup></strong></p><p>y = 50∙16</p><p>y = 800 (5, 800)</p><p>Kemudian gambar berdasarkan titik-titik tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, grafik pertumbuhan bakteri tersebut adalah sebagaimana pada gambar berikut.</u></strong></p>

Jawaban: sebagaimana pada gambar berikut.

 

Ingat!

Dalam barisan atau deret geometri suku ke-n, berlaku:

Un = arn–1

dimana:

Un = suku ke-n

a = suku pertama

r = rasio dengan

r = U₂/a

n = banyaknya suku

Dalam menggambar fungsi eksponen, langkah-langkahnya adalah:

  1. Cari titik potong terhadap sumbu x, y = 0.
  2. Cari titik potong terhadap sumbu y, x = 0.
  3. Cari beberapa nilai x sebagai titik bantu untuk mempermudah penggambaran.

 

Pertumbuhan bakteri mengikuti pola barisan dan deret geometri, dengan pola 50, 100, 200 maka

a = 50

r = 100/50 = 2

Maka pada setiap fasenya mengikuti pola:

Un = 50∙2n–1

 

Karena akan menggambarnya, diasumsikan fungsi tersebut sebagai fungsi f(x) sehingga f(x) = 50∙2x–1

Sehingga,

Titik potong terhadap sumbu x, y = 0.

0 = 50∙2x–1

2x–1 = 0

Tidak ada nilai x yang memenuhi, sehingga tidak ada titik potong terhadap sumbu x.

 

Titik potong terhadap sumbu y, x = 0.

y = 50∙2x–1

y = 50∙20–1 

y = 50∙2–1

y = 50∙½

y = 25 (0, 25)

 

Ambil beberapa titik bantu dari interval 1 ≤ x ≤ 5.

Untuk x = 1, sudah diketahui 50 (1, 50)

Untuk x = 2, sudah diketahui 100 (2, 100)

Untuk x = 3, sudah diketahui 200 (3, 200)

Untuk x = 4

y = 50∙2x–1

y = 50∙24–1 

y = 50∙23

y = 50∙8

y = 400 (4, 400)

Untuk x = 5

y = 50∙2x–1

y = 50∙25–1 

y = 50∙24

y = 50∙16

y = 800 (5, 800)

Kemudian gambar berdasarkan titik-titik tersebut.

 

Dengan demikian, grafik pertumbuhan bakteri tersebut adalah sebagaimana pada gambar berikut.

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dari himpunan pasangan berurutan berikut.manakah yang kemungkinan merupakan ko- respondensi satu-satu? a. {(1, 1), (2, 2), (3, 3), (4,4)} b. {(1, 2), (2, 3), (3, 4). (4,5)} c. {(2,7). (4,8). (6,9). (8,7)} d. {(3.4), (5,7). (7, 9). (9,6)}

196

3.7

Jawaban terverifikasi