Sara K

02 Februari 2022 14:46

Iklan

Iklan

Sara K

02 Februari 2022 14:46

Pertanyaan

Untuk memainkan gitar, kita tidak dituntut harus dengan gaya tertentu. Semuanya terserah pada kemauan sang gitaris, bisa dengan posisi duduk atau posisi berdiri. Yang terpenting dalam memainkan gitar adalah keharmonisan antara jari tangan kanan dan jari tangan kiri. Jari tangan kanan biasanya digunakan untuk memetik senar dan jari tangan kiri digunakan untuk memijit atau menekan senar pada papan jari. Keterampilan gitar sangat banyak dan bervariasi. Namun, pada dasarnya hanya ada dua keterampilan, yaitu skill mayor dan skill minor. Kedua keterampilan tersebut dapat dikembangkan menjadi skill minor harmonic, arpeggio major, arpeggio minor, pentatonic, skill blues, dan lain-lain. Untuk menguasai keterampilan-keterampilan tersebut, kedua keterampilan dasar tadi harus benar-benar dikuasai. Memainkan gitar dapat dilakukan dengan membaca tablature. Tablature adalah cara penulisan musik dengan menggambarkan posisi jari tanpa menentukan tinggi nada absolut sebagaimana lazimnya dalam notasi musik. Tablature gitar berisi potongan atau lukisan papan nada gitar dengan titik-titik petunjuk tekanan jari. Tuliskan kekurangan dan keunggulan kutipan isi buku nonfiksi di atas!


20

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Saddam

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

07 Februari 2022 20:48

Jawaban terverifikasi

Halo, Sara K. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya :) Kekurangan kutipan isi buku nonfiksi di atas adalah sebagai berikut. 1. Masih menggunakan pola kalimat yang tidak efektif. 2. Kalimat kedua menggunakan kata "yang" untuk membuka kalimat. 3. Penggambaran mengenai cara memainkan gitar dapat lebih dimunculkan. Keunggulan kutipan isi buku nonfiksi di atas adalah sebagai berikut. 1. Terdapat informasi tentang istilah-istilah teknis dalam memainkan gitar. 2. Alur informasi cukup lengkap dan spesifik. 3. Penggunaan tanda baca sudah sesuai dengan kaidah. Yuk kita simak pembahasan berikut. Buku nonfiksi adalah buku yang berisi tulisan secara aktual dan faktual. Buku nonfiksi bukanlah hasil imajinasi, rekaan, atau khayalan penulis sehingga mengandung sebuah kebenaran. Penentuan kelemahan atau keunggulan sebuah buku nonfiksi dapat didasarkan pada aspek tema, penokohan, pembangunan karakter oleh penulis, gaya bahasa yang digunakan penulis, alur ceritanya seperti apa, dan lain sebagainya. Kelemahan dan keunggulan tersebut pada akhirnya tidak serta-merta penilaian subjektif saja, tetapi juga didasarkan pada data objektif yang ditemukan pada buku nonfiksi tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa buku nonfiksi di atas berisi tentang informasi mengenai bagaimana menggunakan atau memainkan gitar beserta teknik dan istilah yang terkandung di dalamnya. Keunggulan utama dari buku nonfiksi di atas adalah kekayaan dan kejelasan informasi yang disampaikan, sementara kelemahan utamanya adalah dari segi teknis atau penggunaan pola kalimat. Dengan demikian, beberapa kelemahan dan keunggulan pada kutipan buku nonfiksi di atas adalah sebagai berikut. Kekurangan kutipan isi buku nonfiksi di atas adalah sebagai berikut. 1. Masih menggunakan pola kalimat yang tidak efektif. 2. Kalimat kedua menggunakan kata "yang" untuk membuka kalimat. 3. Penggambaran mengenai cara memainkan gitar dapat lebih dimunculkan. Keunggulan kutipan isi buku nonfiksi di atas adalah sebagai berikut. 1. Terdapat informasi tentang istilah-istilah teknis dalam memainkan gitar. 2. Alur informasi cukup lengkap dan spesifik. 3. Penggunaan tanda baca sudah sesuai dengan kaidah. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

344

0.0

Jawaban terverifikasi