Mesya A

20 Agustus 2023 14:46

Iklan

Iklan

Mesya A

20 Agustus 2023 14:46

Pertanyaan

tunjukkan peta Indonesia pada zaman kolonialisme dan imperialisme bangsa eropa

tunjukkan peta Indonesia pada zaman kolonialisme dan imperialisme bangsa eropa 


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

17 Februari 2024 13:30

Jawaban terverifikasi

<p>Saat zaman kolonialisme dan imperialisme oleh bangsa Eropa di Indonesia, batas-batas geografis negara tersebut mengalami perubahan signifikan. Berikut adalah deskripsi umum mengenai peta Indonesia pada masa tersebut:</p><p><strong>Awal Kolonialisme Belanda:</strong></p><ul><li>Pada awal kolonialisme Belanda, wilayah Hindia Belanda (nama kolonial untuk Indonesia) tidak memiliki batas yang jelas. Belanda menguasai sebagian besar wilayah pulau Jawa, Sumatera, dan sejumlah pulau di sekitarnya.</li><li>Seiring waktu, Belanda terus memperluas kekuasaannya ke wilayah-wilayah lain di Indonesia, termasuk Maluku, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.</li></ul><p><strong>Perjanjian London (1824):</strong></p><ul><li>Perjanjian London pada tahun 1824 antara Inggris dan Belanda menetapkan pembagian wilayah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Menurut perjanjian ini, Inggris menyerahkan pulau Bengkulu kepada Belanda dan mendukung klaim Belanda atas wilayah-wilayah lain di Hindia Belanda.</li></ul><p><strong>Perjanjian Tordesillas (1494):</strong></p><ul><li>Pada masa awal penjelajahan Eropa, terdapat perjanjian antara Spanyol dan Portugal yang disebut Perjanjian Tordesillas (1494). Meskipun lebih terkait dengan pembagian dunia antara kedua kerajaan tersebut, perjanjian ini mempengaruhi wilayah barat daya Indonesia yang kemudian menjadi bagian dari wilayah kolonial Spanyol.</li></ul><p><strong>Imperialisme Jepang (1942-1945):</strong></p><ul><li>Selama pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, wilayah Indonesia dikuasai oleh Kekaisaran Jepang. Jepang menguasai Hindia Belanda dan mendirikan pemerintahan militer yang dikenal sebagai Dai Nippon Teikoku.</li></ul><p><strong>Kemerdekaan Indonesia (1945):</strong></p><ul><li>Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, perjuangan untuk mengamankan dan mengakui kemerdekaan terjadi. Perbatasan Indonesia yang merdeka kemudian diakui setelah Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949.</li></ul>

Saat zaman kolonialisme dan imperialisme oleh bangsa Eropa di Indonesia, batas-batas geografis negara tersebut mengalami perubahan signifikan. Berikut adalah deskripsi umum mengenai peta Indonesia pada masa tersebut:

Awal Kolonialisme Belanda:

  • Pada awal kolonialisme Belanda, wilayah Hindia Belanda (nama kolonial untuk Indonesia) tidak memiliki batas yang jelas. Belanda menguasai sebagian besar wilayah pulau Jawa, Sumatera, dan sejumlah pulau di sekitarnya.
  • Seiring waktu, Belanda terus memperluas kekuasaannya ke wilayah-wilayah lain di Indonesia, termasuk Maluku, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Perjanjian London (1824):

  • Perjanjian London pada tahun 1824 antara Inggris dan Belanda menetapkan pembagian wilayah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Menurut perjanjian ini, Inggris menyerahkan pulau Bengkulu kepada Belanda dan mendukung klaim Belanda atas wilayah-wilayah lain di Hindia Belanda.

Perjanjian Tordesillas (1494):

  • Pada masa awal penjelajahan Eropa, terdapat perjanjian antara Spanyol dan Portugal yang disebut Perjanjian Tordesillas (1494). Meskipun lebih terkait dengan pembagian dunia antara kedua kerajaan tersebut, perjanjian ini mempengaruhi wilayah barat daya Indonesia yang kemudian menjadi bagian dari wilayah kolonial Spanyol.

Imperialisme Jepang (1942-1945):

  • Selama pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, wilayah Indonesia dikuasai oleh Kekaisaran Jepang. Jepang menguasai Hindia Belanda dan mendirikan pemerintahan militer yang dikenal sebagai Dai Nippon Teikoku.

Kemerdekaan Indonesia (1945):

  • Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, perjuangan untuk mengamankan dan mengakui kemerdekaan terjadi. Perbatasan Indonesia yang merdeka kemudian diakui setelah Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi