Irema O

26 Juli 2022 08:37

Iklan

Irema O

26 Juli 2022 08:37

Pertanyaan

Tumbuhan tali putri (gambar A) dan tumbuhan benalu (gambar B) merupakan tumbuhan parasit yang menempel pada tumbuhan inang. Tatang berpendapat bahwa tumbuhan tali putri merupakan parasit sejati dibanding tumbuhan benalu. Setujukah kamu dengan pendapat Tatang? A. tidak, karena benalu memiliki klorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis B. ya, karena tali putri tidak berklorofil sehingga menyerap hasil fotosintesis inangnya. C. ya, karena akar tali putri menancap lebih dalam ke batang inang yang ditempati D. tidak, karena sama-sama mengambil makanan dari inang yang ditempati E. ya, karena tali putri melilit setiap bagian dari tubuh inangnya untuk menyerap nutrisi

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

13

:

31

:

39

Klaim

61

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

05 Oktober 2022 09:00

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Tumbuhan parasit dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu parasit obligat, parasit fakultatif dan hemiparasit.&nbsp;</p><p>1. Parasit obligat merupakan parasit sejati yang tidak dapat hidup tanpa inangnya. Jika inangnya mati, organisme itu pun ikut mati. Misalnya tanaman tali putri (<i>Cuscuta </i>sp.)</p><p>2. Parasit fakultatif menggantungkan sebagian sumber energinya dari inang, namun jika inangnya mati, maka organisme tersebut masih dapat hidup. Tanaman yang tergolong parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contohnya benalu.</p><p>3. Hemiparasit adalah tumbuhan yang bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. Contohnya adalah cendana (<i>Santalum album</i>).</p><p>&nbsp;</p><p>Tatang berpendapat bahwa tumbuhan tali putri merupakan parasit sejati dibanding tumbuhan benalu adalah pernyataan benar. Benalu masih memiliki organ fotosintetik yang membantu mengolah makanan melalui fotosintesis. Adapun tali putri adalah parasit sejati karena tali putri tidak berklorofil sehingga menyerap hasil fotosintesis inangnya dan menyerap air mineral dari inangnya juga.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang benar adalah B.</p>

Jawaban yang benar adalah B.

 

Tumbuhan parasit dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu parasit obligat, parasit fakultatif dan hemiparasit. 

1. Parasit obligat merupakan parasit sejati yang tidak dapat hidup tanpa inangnya. Jika inangnya mati, organisme itu pun ikut mati. Misalnya tanaman tali putri (Cuscuta sp.)

2. Parasit fakultatif menggantungkan sebagian sumber energinya dari inang, namun jika inangnya mati, maka organisme tersebut masih dapat hidup. Tanaman yang tergolong parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contohnya benalu.

3. Hemiparasit adalah tumbuhan yang bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. Contohnya adalah cendana (Santalum album).

 

Tatang berpendapat bahwa tumbuhan tali putri merupakan parasit sejati dibanding tumbuhan benalu adalah pernyataan benar. Benalu masih memiliki organ fotosintetik yang membantu mengolah makanan melalui fotosintesis. Adapun tali putri adalah parasit sejati karena tali putri tidak berklorofil sehingga menyerap hasil fotosintesis inangnya dan menyerap air mineral dari inangnya juga.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan