Dtpm D

11 Agustus 2022 11:41

Iklan

Iklan

Dtpm D

11 Agustus 2022 11:41

Pertanyaan

Tuliskanlah senyawa organik yang digunakan sebagai obat bius.


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Izzatun

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

22 September 2022 10:37

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya : kloroform dan halotan.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan :</p><p>Senyawa organik adalah senyawa kimia yang terdiri dari satu atau lebih atom karbon dan dapat terikat dengan atom lainnya secara kovalen. Atom unsur lain yang paling sering ditemukan dalam senyawa organik karena memiliki ikatan dengan atom karbon antara lain hidrogen, oksigen, atau nitrogen.</p><p>&nbsp;</p><p>Obat bius, baik bius lokal maupun bius umum, digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri ketika dokter melakukan beberapa tindakan medis, diantaranya saat operasi.</p><p>Dalam bidang kesehatan, pembiusan disebut dengan anestesi, yang berarti "kehilangan sensasi". Tujuan penggunaan obat bius adalah untuk membuat mati rasa area tubuh tertentu atau bahkan menyebabkan tidak sadarkan diri (tertidur).</p><p>&nbsp;</p><p>Kloroform (CHCl<sub>3</sub>)&nbsp;pernah digunakan sebagai obat bius, karena penggunaannya dapat menyebabkan kerusakan hati maka diganti dengan Halotan yaitu 2-bromo-2-2dikloro-1,1,1-trifluoroetana (CF<sub>3</sub>CHClBr). Halotan adalah obat anestesi inhalasi (hirup) untuk membantu pasien tak sadarkan diri dan tidak merasa sakit selama menjalani prosedur operasi. Halotan berbentuk cairan, tidak berwarna, dan bersifat sangat volatil, yakni sangat mudah berubah menjadi uap atau gas. Halotan bersifat tidak toksik, tidak mudah terbakar dan lebih nyaman bagi pasien.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, senyawa organik yang digunakan sebagai obat bius adalah kloroform dan halotan.</p>

Jawabannya : kloroform dan halotan.

 

Pembahasan :

Senyawa organik adalah senyawa kimia yang terdiri dari satu atau lebih atom karbon dan dapat terikat dengan atom lainnya secara kovalen. Atom unsur lain yang paling sering ditemukan dalam senyawa organik karena memiliki ikatan dengan atom karbon antara lain hidrogen, oksigen, atau nitrogen.

 

Obat bius, baik bius lokal maupun bius umum, digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri ketika dokter melakukan beberapa tindakan medis, diantaranya saat operasi.

Dalam bidang kesehatan, pembiusan disebut dengan anestesi, yang berarti "kehilangan sensasi". Tujuan penggunaan obat bius adalah untuk membuat mati rasa area tubuh tertentu atau bahkan menyebabkan tidak sadarkan diri (tertidur).

 

Kloroform (CHCl3) pernah digunakan sebagai obat bius, karena penggunaannya dapat menyebabkan kerusakan hati maka diganti dengan Halotan yaitu 2-bromo-2-2dikloro-1,1,1-trifluoroetana (CF3CHClBr). Halotan adalah obat anestesi inhalasi (hirup) untuk membantu pasien tak sadarkan diri dan tidak merasa sakit selama menjalani prosedur operasi. Halotan berbentuk cairan, tidak berwarna, dan bersifat sangat volatil, yakni sangat mudah berubah menjadi uap atau gas. Halotan bersifat tidak toksik, tidak mudah terbakar dan lebih nyaman bagi pasien. 

 

Jadi, senyawa organik yang digunakan sebagai obat bius adalah kloroform dan halotan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah nama yang benar untuk senyawa di bawah ini menggunakan Sistem Yunani dan Bilangan Oksidasi! (j)PCI5

166

0.0

Jawaban terverifikasi