Sri W

18 Februari 2024 10:28

Iklan

Iklan

Sri W

18 Februari 2024 10:28

Pertanyaan

tuliskan undang-undang tentang pemberantasan tindak pidana terorisme di Indonesia?

tuliskan undang-undang tentang pemberantasan tindak pidana terorisme di Indonesia?


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

19 Februari 2024 04:47

Jawaban terverifikasi

<p>undang-undang terkait pemberantasan tindak pidana terorisme di Indonesia adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Undang-undang ini menggantikan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.</p><p>Berikut adalah beberapa poin penting dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018:</p><p><strong>Definisi Terorisme:</strong> Undang-undang ini memberikan definisi yang lebih luas dan komprehensif terkait dengan tindak pidana terorisme.</p><p><strong>Jenis Tindak Pidana:</strong> Menetapkan berbagai tindak pidana terorisme, seperti penyelenggaraan terorisme, pendanaan terorisme, rekrutmen teroris, dan tindakan terkait terorisme.</p><p><strong>Pencegahan Terorisme:</strong> Memberikan dasar hukum bagi upaya pencegahan terorisme, termasuk pengumpulan informasi intelijen dan tindakan preventif lainnya.</p><p><strong>Pemberdayaan Lembaga Penegak Hukum:</strong> Memberikan kewenangan yang lebih besar kepada aparat penegak hukum untuk mengatasi ancaman terorisme.</p><p><strong>Dana Pencegahan dan Pemberantasan Terorisme:</strong> Menyediakan dasar hukum untuk pembentukan dan penggunaan Dana Pencegahan dan Pemberantasan Terorisme.</p>

undang-undang terkait pemberantasan tindak pidana terorisme di Indonesia adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Undang-undang ini menggantikan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Berikut adalah beberapa poin penting dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018:

Definisi Terorisme: Undang-undang ini memberikan definisi yang lebih luas dan komprehensif terkait dengan tindak pidana terorisme.

Jenis Tindak Pidana: Menetapkan berbagai tindak pidana terorisme, seperti penyelenggaraan terorisme, pendanaan terorisme, rekrutmen teroris, dan tindakan terkait terorisme.

Pencegahan Terorisme: Memberikan dasar hukum bagi upaya pencegahan terorisme, termasuk pengumpulan informasi intelijen dan tindakan preventif lainnya.

Pemberdayaan Lembaga Penegak Hukum: Memberikan kewenangan yang lebih besar kepada aparat penegak hukum untuk mengatasi ancaman terorisme.

Dana Pencegahan dan Pemberantasan Terorisme: Menyediakan dasar hukum untuk pembentukan dan penggunaan Dana Pencegahan dan Pemberantasan Terorisme.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berdasarkan beberapa literatur tipografi, rupa huruf dapat juga di sebut.... A. Typeface B.tipogram C.font D.font text

0

0.0

Jawaban terverifikasi