Kirito K

26 Februari 2024 14:02

Iklan

Iklan

Kirito K

26 Februari 2024 14:02

Pertanyaan

tuliskan keterangan,kala dan akibat dari rotasi dan revolusi bumi


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erni Y

27 Februari 2024 13:24

Jawaban terverifikasi

Jika pada rotasi bumi akan terjadi siang dan malam, maka revolusi bumi akan menghasilkan perubahan musim di bumi. Oleh karena itu, revolusi bumi dijadikan sebagai acuan untuk membuat kalender masehi. Dalam perhitungan kalender masehi, waktu yang digunakan adalah satu kali putaran revolusi bumi yaitu 365 ¼ hari.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

27 Februari 2024 20:52

Jawaban terverifikasi

<p>Rotasi Bumi terjadi saat Bumi berputar pada sumbunya sendiri. Kala rotasi ini berlangsung selama sekitar 24 jam, menyebabkan pergantian siang dan malam. Akibatnya, terjadi perbedaan suhu dan pencahayaan di berbagai wilayah Bumi.</p><p>Revolusi Bumi, yaitu pergerakan Bumi mengelilingi Matahari. Satu revolusi Bumi memakan waktu sekitar 365.25 hari. Kala ini memengaruhi musim, karena perubahan posisi relatif Bumi terhadap Matahari. Akibatnya, terjadi siklus musim seperti musim panas, gugur, dingin, dan semi.</p>

Rotasi Bumi terjadi saat Bumi berputar pada sumbunya sendiri. Kala rotasi ini berlangsung selama sekitar 24 jam, menyebabkan pergantian siang dan malam. Akibatnya, terjadi perbedaan suhu dan pencahayaan di berbagai wilayah Bumi.

Revolusi Bumi, yaitu pergerakan Bumi mengelilingi Matahari. Satu revolusi Bumi memakan waktu sekitar 365.25 hari. Kala ini memengaruhi musim, karena perubahan posisi relatif Bumi terhadap Matahari. Akibatnya, terjadi siklus musim seperti musim panas, gugur, dingin, dan semi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kenapa bumi putar 23,5° di revolasi bumi?

16

0.0

Jawaban terverifikasi