Cindy C

26 Februari 2024 00:14

Iklan

Iklan

Cindy C

26 Februari 2024 00:14

Pertanyaan

TULISKAN CARA MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH YANG BENAR

TULISKAN CARA MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH YANG BENAR


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rachmat A

26 Februari 2024 03:44

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut langkah-langkah untuk membuat karya tulis ilmiah yang benar:</p><p>1. <strong>Penyusunan Judul:</strong> Judul harus mencerminkan isi karya tulis Anda dengan jelas dan singkat.</p><p>2. <strong>Pendahuluan: </strong>Jelaskan latar belakang masalah, tujuan penelitian, rumusan masalah, dan ruang lingkup penelitian secara singkat.</p><p>3. <strong>Kerangka Teori:</strong> Tinjau literatur terkait dan konsep-konsep yang mendukung penelitian Anda.</p><p>4. <strong>Metode Penelitian:</strong> Jelaskan metode yang digunakan dalam penelitian, termasuk desain penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data.</p><p>5. <strong>Hasil Penelitian:</strong> Paparkan hasil penelitian dengan jelas dan terperinci, baik dalam bentuk narasi maupun tabel/grafik.</p><p>6. <strong>Analisis dan Pembahasan: </strong>Analisis hasil penelitian dan hubungkannya dengan kerangka teori yang telah Anda jelaskan sebelumnya. Diskusikan implikasi temuan Anda.</p><p>7. <strong>Kesimpulan: </strong>Ringkaslah temuan utama Anda dan sampaikan kesimpulan serta rekomendasi secara singkat.</p>

Berikut langkah-langkah untuk membuat karya tulis ilmiah yang benar:

1. Penyusunan Judul: Judul harus mencerminkan isi karya tulis Anda dengan jelas dan singkat.

2. Pendahuluan: Jelaskan latar belakang masalah, tujuan penelitian, rumusan masalah, dan ruang lingkup penelitian secara singkat.

3. Kerangka Teori: Tinjau literatur terkait dan konsep-konsep yang mendukung penelitian Anda.

4. Metode Penelitian: Jelaskan metode yang digunakan dalam penelitian, termasuk desain penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data.

5. Hasil Penelitian: Paparkan hasil penelitian dengan jelas dan terperinci, baik dalam bentuk narasi maupun tabel/grafik.

6. Analisis dan Pembahasan: Analisis hasil penelitian dan hubungkannya dengan kerangka teori yang telah Anda jelaskan sebelumnya. Diskusikan implikasi temuan Anda.

7. Kesimpulan: Ringkaslah temuan utama Anda dan sampaikan kesimpulan serta rekomendasi secara singkat.


Iklan

Iklan

Cece J

02 Maret 2024 05:20

Jawaban terverifikasi

1. Pencarian Ide : Ide atau topik pembahasan adalah hal penting yang harus ditentukan sebelum menyusun penulisan. Namun, kesulitan utama bagi penulis biasanya adalah kesulitan dalam menemukan ide untuk ditulis. 2. Penyusunan Latar Belakang : Setelah menemukan ide atau topik pembahasan, selanjutnya latar belakang merupakan bagian awal yang memicu penulis untuk melakukan penulisan tersebut. Kamu boleh memasukan alasan-alasan mengapa kamu memilih topik atau ide tersebut untuk diangkat atau diteliti dalam tulisan. 3. Membuat Rumusan Masalah : Ini merupakan bagian yang dirumuskan berbentuk pertanyaan keseluruhan dari topik atau ide yang diangkat sekaligus turunan dari latar belakang. Rumusan masalah merupakan suatu pertanyaan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data. 4. Menyusun Tujuan dan Manfaat Penulisan : Tujuan penulisan terdapat 3 tujuan secara umum, yaitu penemuan data baru, pembuktian untuk mengatasi keraguan terhadap informasi, pengembangan pengetahuan yang ada. 5.Menyusun Kajian Pustaka: Kajian pustaka adalah langkah penting dalam penelitian yang sering diabaikan. Ini melibatkan peninjauan hasil penelitian terdahulu tentang topik yang akan diteliti, membantu memahami konteks penelitian sebelumnya, dan menjelaskan relevansi penelitian saat ini. 6. Menyusun Instrumen Penelitian : Instrumen penelitian adalah alat atau metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur dan mengumpulkan data dalam penelitian mereka, seperti kuesioner, panduan wawancara, atau perangkat pengukuran fisik. Pemilihan instrumen harus dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan akurasi dan validitas data. 7. Menyusun Variabel dan Definisi Operasional : Variabel penelitian adalah "suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek, atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan. 8. Membuat Hipotesis : Tidak semua penulisan atau penelitian memiliki hipotesis. Hipotesis sendiri merupakan jawaban sementara dari suatu penelitian yang ditulis terkait fenomena tau topik yang diteliti. 9. Menyusun Populasi dan Sampel : Populasi adalah lingkup umum yang terdiri dari objek atau subjek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti untuk tujuan penelitian dan kemudian digunakan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan. 10. Melakukan Pengumpulan Data : Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang digunakan oleh peneliti untuk sistematis dan mempermudah pengumpulan data. Untuk pengumpulan datanya, dapat dilakukan melalui teknik observasi, kuesioner dan wawancara. 11. Teknik Analisis Data : Analisis data sebagai proses mengorganisasi dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis kerja. Ini ya tolong di jadikan jawaban terbaik yaa!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kerangka sebuah meja di buat dari besi, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Jika panjang meja 120 cm, lebar 80 cm dan tinggi meja 50 cm, maka panjang besi yang dibutuhkan untuk membuat 2 buah meja adalah ...

8

0.0

Jawaban terverifikasi