Radisti S

21 Februari 2024 12:54

Iklan

Iklan

Radisti S

21 Februari 2024 12:54

Pertanyaan

Tuliskan 2 contoh kalimat efektif dan tidak efektif beserta alasan nya dengan syarat Kelogisan. Minta tolong kak πŸ™πŸ»

Tuliskan 2 contoh kalimat efektif dan tidak efektif beserta alasan nya dengan syarat Kelogisan. 

Minta tolong kak πŸ™πŸ»


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Februari 2024 14:15

Jawaban terverifikasi

<p><br><strong>Contoh Kalimat Efektif:</strong></p><p><strong>Efektif:</strong> "Pemilihan buah-buahan segar di pasar adalah kunci untuk mendapatkan rasa yang maksimal dalam smoothie."</p><ul><li><strong>Alasan Kelogisan:</strong> Kalimat ini efektif karena dengan jelas menyampaikan informasi utama (pemilihan buah-buahan segar) dan memberikan alasan (mendapatkan rasa maksimal dalam smoothie). Strukturnya logis dan mudah dipahami.</li></ul><p><strong>Efektif:</strong> "Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga masyarakat perlu aktif berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong."</p><ul><li><strong>Alasan Kelogisan:</strong> Kalimat ini efektif karena menyajikan suatu konsep umum (menjaga kebersihan lingkungan), menyatakan tanggung jawab bersama, dan memberikan solusi yang logis (aktif berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong) untuk mencapai tujuan tersebut.</li></ul><p><strong>Contoh Kalimat Tidak Efektif:</strong></p><p><strong>Tidak Efektif:</strong> "Membaca buku adalah baik untuk pengetahuan."</p><ul><li><strong>Alasan Kelogisan:</strong> Meskipun kalimat ini benar, namun tidak efektif karena kurang memberikan informasi detail atau alasan konkret. Lebih baik jika kalimat memberikan contoh atau menjelaskan manfaat khusus membaca buku untuk mendukung kelogisan.</li></ul><p><strong>Tidak Efektif:</strong> "Olahraga bermanfaat."</p><ul><li><strong>Alasan Kelogisan:</strong> Kalimat ini terlalu umum dan tidak memberikan informasi konkret tentang manfaat olahraga. Sebuah kalimat yang efektif harus lebih spesifik dan memberikan detail agar menjadi lebih meyakinkan dan logis.</li></ul>


Contoh Kalimat Efektif:

Efektif: "Pemilihan buah-buahan segar di pasar adalah kunci untuk mendapatkan rasa yang maksimal dalam smoothie."

  • Alasan Kelogisan: Kalimat ini efektif karena dengan jelas menyampaikan informasi utama (pemilihan buah-buahan segar) dan memberikan alasan (mendapatkan rasa maksimal dalam smoothie). Strukturnya logis dan mudah dipahami.

Efektif: "Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga masyarakat perlu aktif berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong."

  • Alasan Kelogisan: Kalimat ini efektif karena menyajikan suatu konsep umum (menjaga kebersihan lingkungan), menyatakan tanggung jawab bersama, dan memberikan solusi yang logis (aktif berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong) untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh Kalimat Tidak Efektif:

Tidak Efektif: "Membaca buku adalah baik untuk pengetahuan."

  • Alasan Kelogisan: Meskipun kalimat ini benar, namun tidak efektif karena kurang memberikan informasi detail atau alasan konkret. Lebih baik jika kalimat memberikan contoh atau menjelaskan manfaat khusus membaca buku untuk mendukung kelogisan.

Tidak Efektif: "Olahraga bermanfaat."

  • Alasan Kelogisan: Kalimat ini terlalu umum dan tidak memberikan informasi konkret tentang manfaat olahraga. Sebuah kalimat yang efektif harus lebih spesifik dan memberikan detail agar menjadi lebih meyakinkan dan logis.

Radisti S

27 Februari 2024 22:28

terimakasih banyak

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ada berapa dan tolong jelaskan jenis-jenis teks berita

2

0.0

Jawaban terverifikasi