Aqil D

12 November 2023 22:57

Iklan

Iklan

Aqil D

12 November 2023 22:57

Pertanyaan

Tujuan kita mempelajari perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia

Tujuan kita mempelajari perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

13 November 2023 05:31

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Tujuan kita mempelajari perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia adalah sebagai berikut:</strong></p><ul><li><strong>Untuk mengetahui sejarah bangsa Indonesia.</strong> Perkembangan agama Hindu Budha dan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia merupakan bagian penting dari sejarah bangsa Indonesia.</li><li><strong>Untuk memahami kebudayaan bangsa Indonesia.</strong> Agama Hindu Budha dan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.</li><li><strong>Untuk menghargai keragaman budaya bangsa Indonesia.</strong> Agama Hindu Budha dan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan menghargai keragaman budaya.</li></ul><p><strong>Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia:</strong></p><ul><li><strong>Meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang sejarah bangsa Indonesia.</strong></li><li><strong>Memahami nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia.</strong></li><li><strong>Meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme kita.</strong></li><li><strong>Mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan.</strong></li></ul><p><strong>Berikut adalah beberapa contoh pengaruh perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia:</strong></p><ul><li><strong>Pengaruh dalam bidang politik:</strong> Agama Hindu Budha telah mendorong terbentuknya kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Kerajaan-kerajaan ini telah berperan penting dalam menyatukan wilayah Nusantara.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li><strong>Pengaruh dalam bidang ekonomi:</strong> Agama Hindu Budha telah mendorong perkembangan perdagangan di Indonesia. Kerajaan-kerajaan Hindu Budha telah menjalin hubungan perdagangan dengan negara-negara lain di Asia.</li><li><strong>Pengaruh dalam bidang budaya:</strong> Agama Hindu Budha telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kebudayaan bangsa Indonesia. Pengaruh ini dapat dilihat dalam berbagai aspek kebudayaan, seperti seni, arsitektur, dan bahasa.</li></ul><p><strong>Berikut adalah beberapa contoh kerajaan-kerajaan Hindu Budha yang pernah berdiri di Indonesia:</strong></p><ul><li><strong>Kerajaan Kutai Martadipura</strong> (abad ke-4)</li><li><strong>Kerajaan Tarumanegara</strong> (abad ke-5)</li><li><strong>Kerajaan Sriwijaya</strong> (abad ke-7)</li><li><strong>Kerajaan Mataram Kuno</strong> (abad ke-8)</li><li><strong>Kerajaan Singasari</strong> (abad ke-13)</li><li><strong>Kerajaan Majapahit</strong> (abad ke-13-15)</li></ul><p>Pendalaman materi tentang perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti membaca buku, artikel, atau jurnal, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, dan mengikuti seminar atau diskusi.</p>

Tujuan kita mempelajari perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui sejarah bangsa Indonesia. Perkembangan agama Hindu Budha dan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia merupakan bagian penting dari sejarah bangsa Indonesia.
  • Untuk memahami kebudayaan bangsa Indonesia. Agama Hindu Budha dan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.
  • Untuk menghargai keragaman budaya bangsa Indonesia. Agama Hindu Budha dan kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan menghargai keragaman budaya.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia:

  • Meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang sejarah bangsa Indonesia.
  • Memahami nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia.
  • Meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme kita.
  • Mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan.

Berikut adalah beberapa contoh pengaruh perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia:

  • Pengaruh dalam bidang politik: Agama Hindu Budha telah mendorong terbentuknya kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Kerajaan-kerajaan ini telah berperan penting dalam menyatukan wilayah Nusantara.

 

  • Pengaruh dalam bidang ekonomi: Agama Hindu Budha telah mendorong perkembangan perdagangan di Indonesia. Kerajaan-kerajaan Hindu Budha telah menjalin hubungan perdagangan dengan negara-negara lain di Asia.
  • Pengaruh dalam bidang budaya: Agama Hindu Budha telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kebudayaan bangsa Indonesia. Pengaruh ini dapat dilihat dalam berbagai aspek kebudayaan, seperti seni, arsitektur, dan bahasa.

Berikut adalah beberapa contoh kerajaan-kerajaan Hindu Budha yang pernah berdiri di Indonesia:

  • Kerajaan Kutai Martadipura (abad ke-4)
  • Kerajaan Tarumanegara (abad ke-5)
  • Kerajaan Sriwijaya (abad ke-7)
  • Kerajaan Mataram Kuno (abad ke-8)
  • Kerajaan Singasari (abad ke-13)
  • Kerajaan Majapahit (abad ke-13-15)

Pendalaman materi tentang perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti membaca buku, artikel, atau jurnal, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, dan mengikuti seminar atau diskusi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

695

5.0

Jawaban terverifikasi