Anji V

16 Maret 2022 10:38

Iklan

Iklan

Anji V

16 Maret 2022 10:38

Pertanyaan

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Utara. Lokasinya berada di sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter dengan tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah menunjuk arah setinggi 4,40 meter. Paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian..


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Angereni

19 Juli 2022 15:28

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar yaitu paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian "identifikasi". Pembahasan: Pada soal terdapat kutipan paragraf teks deskripsi. Kita diminta untuk menentukan struktur bagian dari kutipan paragraf tersebut. Teks deskripsi merupakan bentuk tulisan yang menggambarkan sesuatu sesuai keadaan sebenarnya, sehingga pembaca dapat mengetahuinya sesuai dengan bagaimana gambaran penulis. Teks deskripsi bersifat khusus. Struktur dari teks deskripsi yaitu: a. Identifikasi: berisi gambaran umum terhadap objek yang dideskripsikan, seperti lokasi, makna nama, dan pernyataan umum. b. Deskripsi: berisi rincian tulisan berdasarkan tanggapan subjektif penulis, seperti deskripsi warna, bagian, dan bagaimana pengamatan penulis akan objek tersebut. c. Kesimpulan: berisi kesan umum dari penulis akan objek yang telah dideskripsikan. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kutipan paragraf tersebut termasuk struktur bagian "identifikasi". Ini ditandai dengan penjelasan mengenai nama objek, "Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument ...", lalu juga lokasi objek, "... berada di jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Utara. Lokasinya berada di sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak ke arah Kota Mempawah," lalu juga pernyataan umum seperti jumlah dan ukuran objek. Jadi, jawabannya adalah paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian "identifikasi".


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

423

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

1rb+

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan