Fadelia B

25 Juni 2022 06:07

Iklan

Iklan

Fadelia B

25 Juni 2022 06:07

Pertanyaan

Transformasi digital sektor pendidikan di Indonesia bukanlah suatu wacana baru. Berbagai seminar, perbincangan, regulasi pendukung, dan upaya konkrit menerapkan transformasi digital di lingkungan pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi) serta pendidikan dasar menengah (TK, SD, SMP, SMA, SMK) telah banyak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. lni sejalan dengan upaya Indonesia menyongsong era industri 4.0. Semua aspek kehidupan tidak lepas dari sentuhan teknologi. Semua sektor kehidupan, terutama sektor industri, pedagangan, pariwisata, dan sektor pendidikan harus mampu beradaptasi dan mengadopsi teknologi untuk kemajuan sektor tersebut atau minimal sekadar untuk tetap bisa bertahan eksis di tengah badai efek disruptif (menggangu kemapanan) industri 4.0 yang sangat dahsyat dan masif. Namun, sepertinya penerapan transformasi digital yang merata di bidang pendidikan Indonesia beberapa tahun terakhir masih jauh dari harapan. Kenyataannya, baru sedikit institusi pendidikan yang benar-benar siap dan mampu menjalankannya dengan baik. Sebagian lagi masih dengan tertatih-tatih berusaha terus maju di tengah berbagai keterbatasan, bahkan sebagian besar masih jalan di tempat atau terhenti pada sekadar wacana. Lambatnya progres kemajuan pemerataan transformasi digital pendidikan tersebut bukan tanpa alasan. Berbagai kendala dihadapi oleh institusi pendidikan negeri ataupun swasta saat akan menerapkan transformasi digital di instansi masing-masing. Faktor utama kendala transformasi digital di sektor pendidikan adalah wilayah Indonesia yang sangat luas. Sementara itu, kondisi infrastruktur pendukung yang belum merata, keterbatasan dana, keterbatasan sumber daya manusia, mental block, dan lain-lain. lnfrastruktur dan fasilitas teknologi pendukung tentu memegang peranan yang sangat penting. Tanpa koneksi internet yang memadai, peralatan pendukung, sistem informasi akademik, dan manajemen yang baik, transformasi digital tidak dapat dilakukan dengan lancar dan sukses. Selain itu, faktor kondisi sumber daya manusia tentu sangat besar pengaruhnya. _Dengan penguasaan sumber daya manusia dimanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung berbagai aktivitas belajar mengajar ataupunkoordinasi kerja masih belum memadai dan merata._ Pada dasarnya, permasalahan utamanya bukan terletak pada ketidakmampuan untuk menggunakan teknologi, namun karena faktor kebiasaan dan mental block. Pikiran merasa gaptek (gagap teknologi), merasa sudah tua/senior, merasa sulit padahal belum mencoba, dan kondisi masih bisa melakukan berbagai aktivitas belajar mengajar, dan koordinasi secara konvensional (dalam keadaan normal) menjadi salah satu penghalang utama kesuksesan transformasi digital. lni masih terjadi dan dihadapi sebagian besar lembaga pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah .... A. Faktor penghambat transformasi digital dalam bidang pendidikan Indonesia adalah faktor wilayah serta sarana dan prasarana yang belum mendukung. B. Apabila tidak mengikuti tren era 4.0 ini, sektor pendidikan akan terkena badai efek disruptif (menggangu kemapanan) industri 4.0 yang sangat dahsyat dan masif. C. Lambatnya progres kemajuan pemerataan transformasi digital pendidikan tersebut terkait dengan ketidakmampuan masyarakat menggunakan teknologi. D. Era 4.0 memaksa sektor pendidikan untuk berbenah menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. E. Sistem pendidikan di Indonesia sudah mumpuni dengan fakta masuknya digitalisasi dalam dunia pendidikan.


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Wulandari

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

25 Agustus 2022 14:34

Jawaban terverifikasi

Jawaban benar adalah A. Teks tersebut adalah contoh teks informasi yaitu teks yang menceritakan atau menyampaikan informasi faktual yang ditulis berdasarkan data dan peristiwa yang benar-benar terjadi. Untuk mengetahui informasi yang ditanyakan, maka langkah mengerjakan soal ini adalah membaca dan memahami teks dengan saksama serat menandai kata atau kalimat yang mengandung kata kunci. Kemudian, mencocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan opsi jawaban. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan adalah opsi A yaitu "Faktor penghambat transformasi digital dalam bidang pendidikan Indonesia adalah faktor wilayah serta sarana dan prasarana yang belum mendukung". Informasi tersebut dapat ditemukan pada paragraf 3 kalimat 3-4 yaitu " Faktor utama kendala transformasi digital di sektor pendidikan adalah wilayah Indonesia yang sangat luas. Sementara itu, kondisi infrastruktur pendukung yang belum merata, keterbatasan dana, keterbatasan sumber daya manusia, mental block, dan lain-lain". Jadi, opsi yang benar adalah A.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Angin 13)putting beliung merupakan angin yang terjadi secara tiba-tiba, bersifat 14)local, dan hanya berlangsung 15)banyak menit. Angin ini muncul d isebabkan karena perubahan tekanan udara yang sangat derastis 16)di atmosfer akibat dari kenaikan suhu yang tiba-tiba di suatu daerah sehingga mendorong pergerakan udara, dengan kecepatan yang dapat 17)memporakporandakan daerah yang dilewati. Angin ini secara umum terjadi di daerah rendah, dibalik perbukitan, seperti di banyak daerah di 18)lndonesia. Hal ini dapat dipahami karena wilayah Indonesia merupakan perlintasan pusat 19)zona deperesi tropis yang dapat memungkinkan terjadinya pengembusan angin kencang sekitar 15 menit dengan kecepatan 20)60-90 kmjam dan intensitas hujan sangat tinggi melebihi 1 50 mm/hari. 17. A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. memporak-porandakan C. Mem-porakporandakan D. _memporakporandakan_ E. meporakporanda-kan (catatan: kata bertanda _..._ ditulis cetak miring)

29

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11-14. Lebih dari 90% anggota DPR Rl periode 2009-2014 yang saat ini duduk di kursi parlemen maju lagi di Pileg 2014. Peneliti senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menegaskan,jika dilihat dari kinerja, 90% dari mereka yang mencalonkan kembali itu tidak layak dipilih rakyat. Lucius menggambarkan rekam jejak mereka sebagai para pelaku perbuatan tercela seperti korupsi, menonton video porno, kerap membolos, dan tidak produktif. Jika dilihat dari fungsi pokok DPR Rl pun, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan, menurut Lucius, target mereka meleset jauh. "Kalaupun mau mencalonkan lagi, semua motivasinya hanya mencari kerja, kekuasaan, dan keuntungan. Mereka tidak peduli rekam jejak kegagalan mereka sepanjang periode jabatan. lni bukan cuma karena faktor kepentingan, melainkan memang karena mereka tidak punya kapasitas," ungkap Lucius, kemarin. Menurut dia, masyarakat harus disadarkan akan rendahnya kompetensi yang dimiliki anggota DPR saat ini. Ia berharap, masyarakat tidak lagi terpancing oleh rayuan politik uang di Pemilu 2014. Peneliti Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam mengatakan alokasi anggaran selama lima tahun masa jabatan DPR menimbulkan harapan mereka mampu menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran, dan · legislasi dengan baik. "Namun, nyatanya, DPR tidak berprestasi. Fungsi pengawasan, penganggaran, apalagi legislasi gagal dijalankan. Direktur Advokasi Pusat Studi Hukum dan Kebijakan, Ronald Rofi Andri, menambahkan legislasi yang dibahas dan disepakati di DPR kerap bermasalah sehingga banyak UU yang diuji materi dan dikabulkan Mahkamah Konstitus i. Ketua Badan Kehormatan DPR, Trimedya Panjaitan, mengakui seperti itulah kualitas DPR hasil Pemilu 2009. Ketua Badan Legislasi DPR, Ignatius Mulyono, juga mengakui target legislasi DPR tidak bisa dicapai. Jika dapat diringkas berikut rapor merah kinerja DPR selama 5 tahun : (1) Dalam kurun waktu lima tahun, DPR telah menghabiskan anggaran hingga Rp. 11,8 triliun, Rp. 2 triliun di antaranya untuk legislasi (2) Dari 2009 hingga 2014 DPR baru menuntaskan 48 RUU, yaitu: (Tabel) (3) Fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi tidak berjalan dengan baik (4) Banyak anggota dewan sering membolos dan mangkir dalam rapat. (5) Banyak anggota dewan tertidur pulas saat rapat paripurna (6) Banyak anggota dewan terlibat kasus korupsi atau menerima suap 13. Apakah simpulan dari teks di atas? A. Raper merah kinerja DPR menggambarkan kegagalan fungsinya sebagai lembaga legislatif negara selama 5 tahun j abatan. B. Raper merah kinerja DPR menggambarkan rekam jejak mereka sebagai lembaga legislatif negara selama 5 tahun jabatan. C. DPR sebagai lembaga legislatif negara gagal menjalankan fungsinya selama 5 tahun jabatan D. DPR sebagai lembaga legislatif negara gagal mencapai target kinerja selama 5 tahun jabatan E. Selama 5 tahun jabatan DPR tidak menunjukkan mampu menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi dengan baik.

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

(1) Karena udara di luar ruangan yang tidak sehat itu, sebagian orang lebih memilih untuk tinggal dan menghabiskan waktunya dalam ruangan. (2) Namun, ternyata kualitas udara di dalam ruangan pun tidaksepenuhnya baik dan bebas dari polusi. (3) Studi dari Environmental Protection Agency (EPA) membuktikan, level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan, terkadang bisa 100 kali lebih tinggi. (4) Penyebab utama masalah kualitas udara di dalam rumah adalah sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara. (5) Beberapa contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, hingga perabot rumah tangga. (6) Berangkat dari situ, masyarakat yang hidup di kota besar seperti Jakarta membutuhkan sistem ventilasi agar terjadi pertukaran antara udara dalam ruangan dan udara luar ruangan. (7) Sayangnya, lubang tempat pertukaran udara itu pun bisa menjadi pintu masuk polusi dari luar ruangan. (8) Karena itu, kegiatan bersepeda di pagi hari sangat membantu untuk mengurangi stres dan risiko penyakit jantung. (9) Penggunaan kipas angin atau penjernih udara dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menjaga kualitas udara di ruangan. (10) Pilihan lainnya adalah tinggal di ruangan atau rumah dengan memiliki sistem sirkulasi udara baik. Sumber: www.lifestyle.kompas.com 32. Ide pokok dalam paragraf pertama adalah … (A) Udara di luar ruangan tidak sehat. (B) Sebagian orang memilih tinggal di dalam ruangan. (C) Kualitas udara di dalam ruangan tidak sepenuhnya bebas dari polusi. (D) Level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan. (E) level polutan di dalam ruangan 100 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan.

3

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 35 sampai dengan 40. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor *bercetak tebal* TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E). Program transmigrasi di Indonesia merupakan program perpindahan penduduk yang terbesar di dunia. Transmigrasi dilakukan sebagai salah satu upaya (35) *menanggulanggi* peningkatan masalah kependudukan dan lingkungan hidup di Indonesia yang terjadi terutama di Pulau Jawa dan sekelilingnya. Perpindahan dilakukan dari Jawa, Bali, dan Lombok ke (36) *Pulau-Pulau* lain di Indonesia yang berpenduduk lebih sedikit serta memiliki kondisi lingkungan yang lebih baik. Bersamaan dengan upaya ini dilakukan pula pendekatan keluarga berencana dan intensifikasi pertanian besar-besaran di seluruh Indonesia. Perpindahan penduduk ini terjadi melalui (37) *2* jalur. Pertama, melalui program pemerintah koloni Belanda dan setelah Indonesia merdeka melalui program (38) *suka rela* dan diselenggarakan pemerintah Indonesia. Antara tahun 1905 dan 1987 tercatat paling tidak 2,5 juta jiwa telah mengajukan diri untuk mengikuti program transmigrasi. Golongan yang kedua adalah perpindahan penduduk yang dilakukan secara (39) *spontan* tanpa bantuan pemerintah. Diperkirakan jumlah golongan yang kedua ini pada daerah-daerah tertentu dapat mencapai dua .atau tiga kali lipat jumlah (40) *transmlgrasi* peserta program pemerintah. Diadaptasi dari: Melestarkan Alam lndonesia. 37. Level 2 A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. dua C. II D. ke-2 E. kedua

7

5.0

Jawaban terverifikasi