Fadelia B

25 Juni 2022 06:07

Iklan

Fadelia B

25 Juni 2022 06:07

Pertanyaan

Transformasi digital sektor pendidikan di Indonesia bukanlah suatu wacana baru. Berbagai seminar, perbincangan, regulasi pendukung, dan upaya konkrit menerapkan transformasi digital di lingkungan pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi) serta pendidikan dasar menengah (TK, SD, SMP, SMA, SMK) telah banyak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. lni sejalan dengan upaya Indonesia menyongsong era industri 4.0. Semua aspek kehidupan tidak lepas dari sentuhan teknologi. Semua sektor kehidupan, terutama sektor industri, pedagangan, pariwisata, dan sektor pendidikan harus mampu beradaptasi dan mengadopsi teknologi untuk kemajuan sektor tersebut atau minimal sekadar untuk tetap bisa bertahan eksis di tengah badai efek disruptif (menggangu kemapanan) industri 4.0 yang sangat dahsyat dan masif. Namun, sepertinya penerapan transformasi digital yang merata di bidang pendidikan Indonesia beberapa tahun terakhir masih jauh dari harapan. Kenyataannya, baru sedikit institusi pendidikan yang benar-benar siap dan mampu menjalankannya dengan baik. Sebagian lagi masih dengan tertatih-tatih berusaha terus maju di tengah berbagai keterbatasan, bahkan sebagian besar masih jalan di tempat atau terhenti pada sekadar wacana. Lambatnya progres kemajuan pemerataan transformasi digital pendidikan tersebut bukan tanpa alasan. Berbagai kendala dihadapi oleh institusi pendidikan negeri ataupun swasta saat akan menerapkan transformasi digital di instansi masing-masing. Faktor utama kendala transformasi digital di sektor pendidikan adalah wilayah Indonesia yang sangat luas. Sementara itu, kondisi infrastruktur pendukung yang belum merata, keterbatasan dana, keterbatasan sumber daya manusia, mental block, dan lain-lain. lnfrastruktur dan fasilitas teknologi pendukung tentu memegang peranan yang sangat penting. Tanpa koneksi internet yang memadai, peralatan pendukung, sistem informasi akademik, dan manajemen yang baik, transformasi digital tidak dapat dilakukan dengan lancar dan sukses. Selain itu, faktor kondisi sumber daya manusia tentu sangat besar pengaruhnya. _Dengan penguasaan sumber daya manusia dimanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung berbagai aktivitas belajar mengajar ataupunkoordinasi kerja masih belum memadai dan merata._ Pada dasarnya, permasalahan utamanya bukan terletak pada ketidakmampuan untuk menggunakan teknologi, namun karena faktor kebiasaan dan mental block. Pikiran merasa gaptek (gagap teknologi), merasa sudah tua/senior, merasa sulit padahal belum mencoba, dan kondisi masih bisa melakukan berbagai aktivitas belajar mengajar, dan koordinasi secara konvensional (dalam keadaan normal) menjadi salah satu penghalang utama kesuksesan transformasi digital. lni masih terjadi dan dihadapi sebagian besar lembaga pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah .... A. Faktor penghambat transformasi digital dalam bidang pendidikan Indonesia adalah faktor wilayah serta sarana dan prasarana yang belum mendukung. B. Apabila tidak mengikuti tren era 4.0 ini, sektor pendidikan akan terkena badai efek disruptif (menggangu kemapanan) industri 4.0 yang sangat dahsyat dan masif. C. Lambatnya progres kemajuan pemerataan transformasi digital pendidikan tersebut terkait dengan ketidakmampuan masyarakat menggunakan teknologi. D. Era 4.0 memaksa sektor pendidikan untuk berbenah menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. E. Sistem pendidikan di Indonesia sudah mumpuni dengan fakta masuknya digitalisasi dalam dunia pendidikan.

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

16

:

31

:

30

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

I. Wulandari

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

25 Agustus 2022 14:34

Jawaban terverifikasi

Jawaban benar adalah A. Teks tersebut adalah contoh teks informasi yaitu teks yang menceritakan atau menyampaikan informasi faktual yang ditulis berdasarkan data dan peristiwa yang benar-benar terjadi. Untuk mengetahui informasi yang ditanyakan, maka langkah mengerjakan soal ini adalah membaca dan memahami teks dengan saksama serat menandai kata atau kalimat yang mengandung kata kunci. Kemudian, mencocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan opsi jawaban. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan adalah opsi A yaitu "Faktor penghambat transformasi digital dalam bidang pendidikan Indonesia adalah faktor wilayah serta sarana dan prasarana yang belum mendukung". Informasi tersebut dapat ditemukan pada paragraf 3 kalimat 3-4 yaitu " Faktor utama kendala transformasi digital di sektor pendidikan adalah wilayah Indonesia yang sangat luas. Sementara itu, kondisi infrastruktur pendukung yang belum merata, keterbatasan dana, keterbatasan sumber daya manusia, mental block, dan lain-lain". Jadi, opsi yang benar adalah A.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan