Era E

01 Maret 2024 14:49

Iklan

Iklan

Era E

01 Maret 2024 14:49

Pertanyaan

Tolong y

Tolong y 

alt

31

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

02 Maret 2024 00:08

Jawaban terverifikasi

Molekul ion yang benar ditunjukkan oleh nomor (1) dan (3), yaitu OH- dan Na+. 1) OH- adalah ion hidroksida, yang terdiri dari satu atom oksigen dan satu atom hidrogen yang membentuk ikatan kovalen tunggal, dengan pasangan elektron yang tidak berikatan di atom oksigen, memberikan muatan negatif pada ion tersebut. 3) Na+adalah ion natrium, yang terdiri dari satu atom natrium yang kehilangan satu elektron, sehingga membentuk ion dengan muatan positif. Kedua ion ini adalah molekul ion yang terbentuk dari atom-atom yang kehilangan atau mendapatkan elektron, sehingga membentuk muatan listrik dan menjadi ion.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

02 Maret 2024 03:12

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah b. (1) dan (3)</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :</p><p>Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Contoh ion antara lain, Na+, OH–, Cl–, Br–, K+, Ca+, dan masih banyak lagi. Pada unsur natrium (Na) terdapat tanda plus (+) yang berarti atom tersebut bermuatan positif. Lalu, pada unsur hidroksida (OH) terdapat tanda minus (-) yang menunjukan atom tersebut memiliki muatan negatif. Ion akan terbentuk ketika sebuah atom melepas atau menerima elektron.</p><p>&nbsp;</p><p>Jika atom menerima elektron, maka akan berubah menjadi atom bermuatan negatif (anion). Contohnya, Cl–, Br–, OH–, dsb. Sedangkan, ketika atom melepaskan elektron, maka atom akan bermuatan positif (kation). Contohnya, Na+, K+, Ca+ , dsb.</p>

Jawaban yang tepat adalah b. (1) dan (3)

 

Penjelasan :

Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Contoh ion antara lain, Na+, OH–, Cl–, Br–, K+, Ca+, dan masih banyak lagi. Pada unsur natrium (Na) terdapat tanda plus (+) yang berarti atom tersebut bermuatan positif. Lalu, pada unsur hidroksida (OH) terdapat tanda minus (-) yang menunjukan atom tersebut memiliki muatan negatif. Ion akan terbentuk ketika sebuah atom melepas atau menerima elektron.

 

Jika atom menerima elektron, maka akan berubah menjadi atom bermuatan negatif (anion). Contohnya, Cl–, Br–, OH–, dsb. Sedangkan, ketika atom melepaskan elektron, maka atom akan bermuatan positif (kation). Contohnya, Na+, K+, Ca+ , dsb.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Suhu ruang di sebuah ruangan adalah 23°C. Di dalam ruangan tersebut terdapat kulkas dengan suhu di dalamnya adalah -8°C. Selisih suhu ruangan dengan suhu di dalam kulkas adalah ....

0

0.0

Jawaban terverifikasi