Seno P

20 Agustus 2023 13:08

Iklan

Iklan

Seno P

20 Agustus 2023 13:08

Pertanyaan

Tolong kak

Tolong kak

alt

11

2


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Agustus 2023 13:28

Nomor (1) preparat permanen merupakan jenis preparat berdasarkan daya tahannya. Penjelasan: Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis preparat berdasarkan daya tahannya: 1. Preparat Permanen: Preparat ini memiliki daya tahan yang baik dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, preparat permanen digunakan untuk tujuan penyimpanan jangka panjang dan pengamatan berulang. Contohnya adalah preparat mikroskopis yang diawetkan dengan bahan seperti resin sintetis atau parafin. 2. Preparat Hapusan: Preparat hapusan memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan preparat permanen. Mereka biasanya dibuat dengan cara menggosok atau melarutkan bahan yang diamati (seperti sel-sel) pada permukaan kaca atau bahan lain. Preparat hapusan lebih cocok untuk pengamatan yang tidak memerlukan penyimpanan dalam jangka waktu yang lama. 3. Preparat Sementara: Preparat sementara memiliki daya tahan yang sangat singkat. Mereka dibuat untuk pengamatan sementara atau untuk pengamatan langsung di bawah mikroskop. Contohnya adalah larutan atau suspensi yang ditempatkan di bawah kaca penutup untuk pengamatan instan. 4. Preparat Isolasi: Preparat isolasi adalah preparat yang berisi struktur atau komponen tertentu yang diisolasi dari bahan yang lebih besar. Preparat ini sering digunakan untuk mengamati bagian-bagian spesifik atau organisme yang diisolasi dari lingkungan sekitarnya. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, jenis preparat berdasarkan daya tahannya yang dimaksud dalam pertanyaan Anda adalah nomor (1) preparat permanen.


Iklan

Iklan

Owen.LulusanCumlaude O

Community

21 Agustus 2023 07:35

<p>Berdasarkan daya tahannya, jenis preparat dibagi menjadi:</p><p>(1) Preparat Permanen: Preparat yang diawetkan dalam pelarut tertentu, biasanya menggunakan bahan kimia seperti resin, parafin, atau Canada balsam. Jenis preparat ini bisa disimpan dan diamati dalam jangka waktu yang lama.</p><p>(2) Preparat Hapusan: Preparat yang dibuat dengan meratakkan atau merontokkan bahan biologis, seperti jaringan atau sel, di atas permukaan. Hapusan ini seringkali diwarnai untuk meningkatkan kontras. Jenis preparat ini umumnya bersifat sementara dan tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama.</p><p>(3) Preparat Sementara: Preparat yang dibuat dengan menempatkan bahan biologis di bawah mikroskop tanpa perlakuan pengawetan khusus. Jenis preparat ini memiliki daya tahan yang rendah dan umumnya hanya dapat diamati dalam waktu singkat.</p><p>(4) Preparat Isolasi: Preparat yang berfokus pada isolasi struktur tertentu, seperti sel atau bagian dari sel. Jenis preparat ini mungkin dapat berupa preparat permanen atau sementara, tergantung pada cara pengawetannya.</p><p>&nbsp;</p>

Berdasarkan daya tahannya, jenis preparat dibagi menjadi:

(1) Preparat Permanen: Preparat yang diawetkan dalam pelarut tertentu, biasanya menggunakan bahan kimia seperti resin, parafin, atau Canada balsam. Jenis preparat ini bisa disimpan dan diamati dalam jangka waktu yang lama.

(2) Preparat Hapusan: Preparat yang dibuat dengan meratakkan atau merontokkan bahan biologis, seperti jaringan atau sel, di atas permukaan. Hapusan ini seringkali diwarnai untuk meningkatkan kontras. Jenis preparat ini umumnya bersifat sementara dan tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama.

(3) Preparat Sementara: Preparat yang dibuat dengan menempatkan bahan biologis di bawah mikroskop tanpa perlakuan pengawetan khusus. Jenis preparat ini memiliki daya tahan yang rendah dan umumnya hanya dapat diamati dalam waktu singkat.

(4) Preparat Isolasi: Preparat yang berfokus pada isolasi struktur tertentu, seperti sel atau bagian dari sel. Jenis preparat ini mungkin dapat berupa preparat permanen atau sementara, tergantung pada cara pengawetannya.

 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

498

0.0

Jawaban terverifikasi