Bocil A

03 Maret 2024 10:14

Iklan

Iklan

Bocil A

03 Maret 2024 10:14

Pertanyaan

Tolong jawab soalnya, sekalian pakai caranya

Tolong jawab soalnya, sekalian pakai caranya

alt

6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. A

Community

04 Maret 2024 02:06

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk pertanyaan ini, jawaban tepatnya ialah <strong>1.144 cm²</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><p>Untuk menyelesaikan soal ini, kita perhatikan sisi mana saja yang termasuk luas permukaan. Karena jika diperhatikan, sisi alas dan atap tabung serta sisi lingkaran pembatas kedua setengah bola tidak lagi berbatasan dengan luar bangun ruang gabungan tersebut. Maka kita hanya perlu menghitung luas selimut tabung serta jumlah kedua luas dinding setengah bola tersebut.</p><p>Ingat bahwa luas selimut tabung adalah 2𝞹rt karena selimut tabung jika dibuka akan membentuk persegi panjang. Lalu panjangnya akan menjadi 2𝞹r karena keliling lingkaran adalah 2𝞹r sementara sisi panjang dari selimut tabung tersebut akan mengelilingi alas (dan atap) yang berbentuk lingkaran. Serta, lebarnya adalah tinggi tabung tersebut. Karena luas persegi panjang adalah pl, maka karena p = 2𝞹r dan l = t, maka pl = 2𝞹rt.</p><p>Juga, ingat bahwa luas dinding bola adalah 4𝞹r². Maka luas setengah dinding bola adalah 2𝞹r², sehingga:</p><p>LP<sub>g</sub> = 2𝞹r<sub>t</sub>t<sub>t</sub> + 2𝞹r<sub>b</sub>² + 2𝞹r<sub>b</sub>²</p><p>LP<sub>g</sub> = 2𝞹r<sub>t</sub>t<sub>t </sub>+ 4𝞹r<sub>b</sub>²</p><p>Karena jari-jari tabung sama dengan jari-jari bola karena pas, maka kita jadikan jari-jari satu variabel yaitu r:</p><p>LP<sub>g</sub> = 2𝞹rt<sub>t</sub> + 4𝞹r²</p><p>Karena ab + ac = a(b + c) dan a<sup>b</sup>/a<sup>c</sup> = a<sup>b - c</sup> serta a = a¹</p><p>Maka jika a = 2𝞹r, b = t<sub>t</sub> , dan c = 2r, maka:</p><p>LP<sub>g</sub> = 2𝞹r(t<sub>t</sub> + 2r)</p><p>Proses di atas disebut pemfaktoran yakni mengubah bentuk a(b + c) menjadi ab + ac.</p><p>Sekarang kita masukkan angka:</p><p>LP<sub>g</sub> = 2•22/7•7(12 + 2•7)</p><p>LP<sub>g</sub> = 2•22•(12 + 14)</p><p>LP<sub>g</sub> = 44•26</p><p><strong>LP<sub>g</sub> = 1.144</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Dari perhitungan di atas, telah diketahui bahwa luas bangun ruang ct tersebut adalah <u>1.144 cm²</u>.</strong></p>

Untuk pertanyaan ini, jawaban tepatnya ialah 1.144 cm².

 

Penjelasan:

Untuk menyelesaikan soal ini, kita perhatikan sisi mana saja yang termasuk luas permukaan. Karena jika diperhatikan, sisi alas dan atap tabung serta sisi lingkaran pembatas kedua setengah bola tidak lagi berbatasan dengan luar bangun ruang gabungan tersebut. Maka kita hanya perlu menghitung luas selimut tabung serta jumlah kedua luas dinding setengah bola tersebut.

Ingat bahwa luas selimut tabung adalah 2𝞹rt karena selimut tabung jika dibuka akan membentuk persegi panjang. Lalu panjangnya akan menjadi 2𝞹r karena keliling lingkaran adalah 2𝞹r sementara sisi panjang dari selimut tabung tersebut akan mengelilingi alas (dan atap) yang berbentuk lingkaran. Serta, lebarnya adalah tinggi tabung tersebut. Karena luas persegi panjang adalah pl, maka karena p = 2𝞹r dan l = t, maka pl = 2𝞹rt.

Juga, ingat bahwa luas dinding bola adalah 4𝞹r². Maka luas setengah dinding bola adalah 2𝞹r², sehingga:

LPg = 2𝞹rttt + 2𝞹rb² + 2𝞹rb²

LPg = 2𝞹rttt + 4𝞹rb²

Karena jari-jari tabung sama dengan jari-jari bola karena pas, maka kita jadikan jari-jari satu variabel yaitu r:

LPg = 2𝞹rtt + 4𝞹r²

Karena ab + ac = a(b + c) dan ab/ac = ab - c serta a = a¹

Maka jika a = 2𝞹r, b = tt , dan c = 2r, maka:

LPg = 2𝞹r(tt + 2r)

Proses di atas disebut pemfaktoran yakni mengubah bentuk a(b + c) menjadi ab + ac.

Sekarang kita masukkan angka:

LPg = 2•22/7•7(12 + 2•7)

LPg = 2•22•(12 + 14)

LPg = 44•26

LPg = 1.144

 

Dari perhitungan di atas, telah diketahui bahwa luas bangun ruang ct tersebut adalah 1.144 cm².


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa perbedaan cardinal number dan ordinal number?

11

5.0

Jawaban terverifikasi