Muhammad R

23 Januari 2023 06:13

Iklan

Iklan

Muhammad R

23 Januari 2023 06:13

Pertanyaan

Tolong dibantu kakπŸ™πŸ™

Tolong dibantu kakπŸ™πŸ™

alt

10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

T. TA.Kak.Izza

27 Februari 2023 12:05

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban akan dijelaskan pada uraian berikut ini.</p><p>1. Proses terjadinya pemanasan global diawali dengan penumpukan gas rumah kaca di atmosfer, yang terdiri atas gas karbondioksida, sulfur, dll. Gas tersebut terperangkap di atmosfer yang menyebabkan panas bumi terperangkan dibagian permukaan bumi dan meningkatkan suhu bumi. Jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama ataupun intensitas yang tinggi, maka akan menyebabkan suhu bumi meningkat dan terjadilah pemanasan global.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Eutrofikasi akan mempengaruhi beberapa organisme air, seperti alga, bakteri, dan ikan. Pengaruh eutrofikasi pada alga ialah akan meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi alga, sehingga jumlah populasi alga akan meningkat secara signifikan dan menyebabkan alga bloom. Pengaruh eutrofikasi pada bakteri akan meningkatkan jumlah populasi bakteri. Hal ini disebabkan oleh peningkatan alga bloom, akan meningkatkan jumlah materi organik yang harus terdekomposisi, yang akan meningkatkan jumlah populasi bakteri. Pengaruh eutrofikasi pada ikan adalah akan menurunkan jumlah ikan karena menurunnya oksigen dalam air. Hal ini disebabkan oksigen digunakan oleh bakteri dalam proses dekomposisi sisa-sisa alga yang sudah mati.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Upaya pelestarian lingkungan dapat berupa program penyuluhan atau edukasi ke masyarakat umum, maupun program perlindungan alam, seperti pembuatan cagar alam dan taman hutan raya, program perlindungan hewan ex situ, seperti kebun binatang, dan in situ, seperti taman nasional.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Langkah awal pembuatan kompos adalah penyiapan sampah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos dan tong komposter. Setelah itu dilakukan pemisahan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah anorganik. Lalu, masukkan tanah dan sampah organik pada tong komposter.</p><p>&nbsp;</p><p>5. Langkah daur ulang sampah anorganik adalah dengan pemilahan sampah anorganik menjadi beberapa jenis berdasarkan bahannya, misalkan plastik, besi, kaca, dll. Hal selanjutnya adalah dilakukan pembersihan sampah tersebut, kemudian diolah menjadi produk yang memiliki nilai fungsi maupun estetika.&nbsp;<br>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, jawaban telah dijelaskan pada uraian di atas.</u></strong></p>

Jawaban akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

1. Proses terjadinya pemanasan global diawali dengan penumpukan gas rumah kaca di atmosfer, yang terdiri atas gas karbondioksida, sulfur, dll. Gas tersebut terperangkap di atmosfer yang menyebabkan panas bumi terperangkan dibagian permukaan bumi dan meningkatkan suhu bumi. Jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama ataupun intensitas yang tinggi, maka akan menyebabkan suhu bumi meningkat dan terjadilah pemanasan global.

 

2. Eutrofikasi akan mempengaruhi beberapa organisme air, seperti alga, bakteri, dan ikan. Pengaruh eutrofikasi pada alga ialah akan meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi alga, sehingga jumlah populasi alga akan meningkat secara signifikan dan menyebabkan alga bloom. Pengaruh eutrofikasi pada bakteri akan meningkatkan jumlah populasi bakteri. Hal ini disebabkan oleh peningkatan alga bloom, akan meningkatkan jumlah materi organik yang harus terdekomposisi, yang akan meningkatkan jumlah populasi bakteri. Pengaruh eutrofikasi pada ikan adalah akan menurunkan jumlah ikan karena menurunnya oksigen dalam air. Hal ini disebabkan oksigen digunakan oleh bakteri dalam proses dekomposisi sisa-sisa alga yang sudah mati.

 

3. Upaya pelestarian lingkungan dapat berupa program penyuluhan atau edukasi ke masyarakat umum, maupun program perlindungan alam, seperti pembuatan cagar alam dan taman hutan raya, program perlindungan hewan ex situ, seperti kebun binatang, dan in situ, seperti taman nasional.

 

4. Langkah awal pembuatan kompos adalah penyiapan sampah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos dan tong komposter. Setelah itu dilakukan pemisahan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah anorganik. Lalu, masukkan tanah dan sampah organik pada tong komposter.

 

5. Langkah daur ulang sampah anorganik adalah dengan pemilahan sampah anorganik menjadi beberapa jenis berdasarkan bahannya, misalkan plastik, besi, kaca, dll. Hal selanjutnya adalah dilakukan pembersihan sampah tersebut, kemudian diolah menjadi produk yang memiliki nilai fungsi maupun estetika. 
 

Dengan demikian, jawaban telah dijelaskan pada uraian di atas.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

99

5.0

Jawaban terverifikasi