Angela A

07 Maret 2024 14:08

Iklan

Iklan

Angela A

07 Maret 2024 14:08

Pertanyaan

Tirai Biru Kubuka mata membangun energi Kutengok merpati bernyanyi riang Persiapkan diri wujudkan mimpi Teringat Napoleon berkata Tiada lain seindah lumba-lumba menari Pertanda laut tak selalu sunyi Kubuka mata membangun energi Satu hal tertanam di jiwa Tiada lain seindah tirai biru Identifikasi majas yang terkandung dalam puisi diatas, sebutkan bait keberapa dan jenis majasnya

Tirai Biru

Kubuka mata membangun energi Kutengok merpati bernyanyi riang Persiapkan diri wujudkan mimpi

Teringat Napoleon berkata 
Tiada lain seindah lumba-lumba menari
Pertanda laut tak selalu sunyi

Kubuka mata membangun energi

Satu hal tertanam di jiwa
Tiada lain seindah tirai biru

Identifikasi majas yang terkandung dalam puisi diatas, sebutkan bait keberapa dan jenis majasnya


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 12:32

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam puisi "Tirai Biru" terdapat penggunaan majas-majas sebagai berikut:</p><ol><li><strong>Personifikasi</strong>: Penggunaan personifikasi terdapat pada bait "Kutengok merpati bernyanyi riang". Bait ini merupakan personifikasi karena memberikan sifat manusia (bernyanyi riang) pada burung merpati.</li><li><strong>Perbandingan/Simile</strong>: Pada bait "Teringat Napoleon berkata / Tiada lain seindah lumba-lumba menari", terdapat penggunaan perbandingan atau simile. Dalam hal ini, lumba-lumba yang menari dibandingkan dengan sesuatu yang indah, seperti tirai biru.</li><li><strong>Repetisi</strong>: Penggunaan repetisi atau pengulangan kata terdapat pada bait "Kubuka mata membangun energi". Kata "Kubuka mata" diulang pada awal dan akhir bait untuk memberikan penekanan pada aksi yang dilakukan.</li></ol>

Dalam puisi "Tirai Biru" terdapat penggunaan majas-majas sebagai berikut:

  1. Personifikasi: Penggunaan personifikasi terdapat pada bait "Kutengok merpati bernyanyi riang". Bait ini merupakan personifikasi karena memberikan sifat manusia (bernyanyi riang) pada burung merpati.
  2. Perbandingan/Simile: Pada bait "Teringat Napoleon berkata / Tiada lain seindah lumba-lumba menari", terdapat penggunaan perbandingan atau simile. Dalam hal ini, lumba-lumba yang menari dibandingkan dengan sesuatu yang indah, seperti tirai biru.
  3. Repetisi: Penggunaan repetisi atau pengulangan kata terdapat pada bait "Kubuka mata membangun energi". Kata "Kubuka mata" diulang pada awal dan akhir bait untuk memberikan penekanan pada aksi yang dilakukan.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan

Iklan