Toni K

12 Juli 2022 15:53

Iklan

Iklan

Toni K

12 Juli 2022 15:53

Pertanyaan

Tetesan Air yang Dapat Melubangi Batu Pada zaman dahulu ada kisah yang menarik. Kisah ini berawal dari seorang pemuda biasa yang dianggap *bodoh dan terbelakang. Walaupun keadaannya seperti itu, dia memiliki orang tua dengan perhatian yang luar biasa. Orang tua tefsebut selalu mendukung anaknya agar menjadi lebih baik. Hingga suatu masa kedua orang tua pemuda itu meninggal dunia. Sebelum meninggal dunia, mereka memberikan sebuah wejangan bagi si pemuda. "Jika kami meninggal, tidak ada lagi yang akan mendukungmu. Oleh karena itu, kamu harus bisa mandiri. Jadi lah seperti tetesan air yang mampu melubangi batu. Fokuslah pada apa yang kamu kuasai dan kamu akan menjadi seseorang yang disegani banyak orang." Pemuda itu melanjutkan usaha ayahnya sebagai tukang kayu. Karena sejak kecil ia sudah sering membantu ayahnya dalam menilai kayu, ia memperoleh kemampuan untuk mengenali dan meni laikayu dengan baik. Suatu hari , ada seseorang yang mendatangi si pemuda untuk mencari kayu. Dia mencari kayu yang dapat dipahat menjadi patung. Si pemuda dengan cepat memberikan kayu terbaik untuk pahatan. Siapa sangka, orang tersebut adalah pemahat terkenal . Karena kayu yang diperoleh dari si pemuda sangatlah bagus, dia menjadi langganan yang terus membeli kayu dari si pemuda. Lama-kelamaan, si pemuda dekat dengan sang pemahat. Dia pun memutuskan untuk belajar memahat dari sang pemahat. Saat si pemuda baru akan mulai belajar memahat, sang pemahat memberikan wejangan, "Jika ingin menjadi pemahat terbaik, jadilah seperti tetesan air yang mampu melubangi batu. Fokuslah pada apa yang kamu kuasai maka kamu dapat menjadi seorang yang sukses." Mendengar nasihat tersebut, si pemuda menyadari persamaan wejangan sang pemahat dengan orang tuanya. Wejangan tersebut menjadi pedoman si pemuda untuk meraih kesuksesan. Walaupun dahulu dianggap *bodoh dan terbelakang, dengan fokus dan kerja keras, akhirnya dia menjadi pemahat yang disegani di seluruh dunia. Kisah ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita. Kisah ini membuktikan bahwa tidak peduli seberapa kerasnya sebuah batu, tetesan air dapat menaklukkannya. Kisah ini merupakan analogi ujian hidup yang akan ditemui di dunia ini. Sekeras apa pun ujian di dunia ini akan dapat dikalahkan oleh tekad dan fokus perjuangan yang di lakukan. Sumber: https://web.archlve. org/web/202006202 15838/https:/1 iphincow. c om/20 1 810210 1 /tetesan-air-yang-dapatmelubangi-batul, diakses 4 Februari 2021 Analisislah unsur intrinsik alur teks cerita inspirasi tersebut!


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Lisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

13 September 2022 05:08

Jawaban terverifikasi

<p>Alur dalam teks cerita inspirasi tersebut adalah alur maju.</p><p>&nbsp;</p><p>Simak pembahasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Teks cerita inspiratif adalah teks yang berisi cerita fiksi ataupun pengalaman yang benar-benar pernah dialami dan bertujuan untuk menebar inspirasi dan semangat pembacanya. Salah satu unsur intrinsik teks cerita inspirasi adalah alur. Alur merupakan jalan cerita atau rangkaian cerita yang dialami tokoh. Terdapat tiga jenis alur, yaitu alur maju, mundur, dan campuran.</p><p>&nbsp;</p><p>Teks di atas memiliki alur maju. Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang diceritakan secara berurutan dari waktu lampau hingga kini. Rangkaian peristiwa yang dialami tokoh di atas diceritakan menuju masa depan, mulai dari kematian orang tua pemuda, mengurus toko ayahnya, hingga bertemu pemahat terkenal.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, alur dalam teks cerita inspirasi tersebut adalah alur maju.</p>

Alur dalam teks cerita inspirasi tersebut adalah alur maju.

 

Simak pembahasan berikut.

 

Teks cerita inspiratif adalah teks yang berisi cerita fiksi ataupun pengalaman yang benar-benar pernah dialami dan bertujuan untuk menebar inspirasi dan semangat pembacanya. Salah satu unsur intrinsik teks cerita inspirasi adalah alur. Alur merupakan jalan cerita atau rangkaian cerita yang dialami tokoh. Terdapat tiga jenis alur, yaitu alur maju, mundur, dan campuran.

 

Teks di atas memiliki alur maju. Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang diceritakan secara berurutan dari waktu lampau hingga kini. Rangkaian peristiwa yang dialami tokoh di atas diceritakan menuju masa depan, mulai dari kematian orang tua pemuda, mengurus toko ayahnya, hingga bertemu pemahat terkenal.

 

Dengan demikian, alur dalam teks cerita inspirasi tersebut adalah alur maju.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

331

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

741

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan