Kesya K

03 Oktober 2023 02:46

Iklan

Kesya K

03 Oktober 2023 02:46

Pertanyaan

Terdapat dua garis melengkung di depan gawang yang menjadi batas daerah kekuasaan keeper/ penjaga gawang. Dua garis tersebut adalah garis 6 meter dan garis 9 meter, untuk garis 9 meter memiliki ciri – ciri yaitu garisnya putus – putus. Apa yang terjadi ketika kita melakukan shooting, kemudian bola masuk tetapi kita melewati garis 6 meter?

Terdapat dua garis melengkung di depan gawang yang menjadi batas daerah kekuasaan keeper/ penjaga gawang. Dua garis tersebut adalah garis 6 meter dan garis 9 meter, untuk garis 9 meter memiliki ciri – ciri yaitu garisnya putus – putus. Apa yang terjadi ketika kita melakukan shooting, kemudian bola masuk tetapi kita melewati garis 6 meter?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

02

:

58

:

03

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Meikarlina S

Community

05 Oktober 2023 10:59

Jawaban terverifikasi

<p>Jika kita melakukan shooting dan bola masuk ke gawang tetapi kita melewati garis 6 meter, maka gol tersebut akan dianulir dan tidak dihitung. Garis 6 meter merupakan batas daerah kekuasaan penjaga gawang dan pemain lawan tidak diizinkan memasuki area tersebut kecuali dalam situasi tertentu, seperti melakukan tendangan penalti. Jika pemain menembak bola dan melewati garis 6 meter sebelum bola masuk ke gawang, maka itu dianggap sebagai pelanggaran dan gol tidak akan dihitung. Oleh karena itu, penting bagi pemain untuk memperhatikan batas-batas area di lapangan agar tidak melakukan pelanggaran dan kehilangan peluang mencetak gol.</p>

Jika kita melakukan shooting dan bola masuk ke gawang tetapi kita melewati garis 6 meter, maka gol tersebut akan dianulir dan tidak dihitung. Garis 6 meter merupakan batas daerah kekuasaan penjaga gawang dan pemain lawan tidak diizinkan memasuki area tersebut kecuali dalam situasi tertentu, seperti melakukan tendangan penalti. Jika pemain menembak bola dan melewati garis 6 meter sebelum bola masuk ke gawang, maka itu dianggap sebagai pelanggaran dan gol tidak akan dihitung. Oleh karena itu, penting bagi pemain untuk memperhatikan batas-batas area di lapangan agar tidak melakukan pelanggaran dan kehilangan peluang mencetak gol.


Iklan

Faiz D

Community

14 Oktober 2023 16:26

Jawaban terverifikasi

<p>Ketika Anda melakukan shooting dan bola masuk ke gawang, tetapi Anda melewati garis 6 meter (atau garis kotak penalti), maka gol tersebut kemungkinan besar akan dianulir. Dalam sepak bola, aturan mengenai daerah gawang (termasuk garis 6 meter) adalah sebagai berikut:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>1. Shooting dari Luar Area</strong>: Jika pemain melakukan shooting dari luar area gawang, dan bola masuk ke gawang tetapi pemain tersebut berada di luar garis 6 meter saat melakukannya, gol tersebut biasanya dianggap tidak sah. Pemain harus berada di dalam garis 6 meter atau kotak penalti saat melakukan tembakan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Shooting dari Area Dalam</strong>: Jika pemain melakukan shooting dari dalam garis 6 meter dan bola masuk, maka gol tersebut akan dianggap sah. Ini berlaku jika pemain tersebut berada di dalam garis 6 meter atau kotak penalti saat melepaskan tembakan.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, penting untuk selalu memahami aturan yang berlaku dalam situasi tertentu, dan wasit biasanya akan menjadi otoritas dalam menentukan apakah suatu gol sah atau tidak. Terutama dalam kompetisi tingkat profesional, aturan ini sangat ditegakkan untuk memastikan keadilan dalam permainan.</p>

Ketika Anda melakukan shooting dan bola masuk ke gawang, tetapi Anda melewati garis 6 meter (atau garis kotak penalti), maka gol tersebut kemungkinan besar akan dianulir. Dalam sepak bola, aturan mengenai daerah gawang (termasuk garis 6 meter) adalah sebagai berikut:

 

1. Shooting dari Luar Area: Jika pemain melakukan shooting dari luar area gawang, dan bola masuk ke gawang tetapi pemain tersebut berada di luar garis 6 meter saat melakukannya, gol tersebut biasanya dianggap tidak sah. Pemain harus berada di dalam garis 6 meter atau kotak penalti saat melakukan tembakan.

 

2. Shooting dari Area Dalam: Jika pemain melakukan shooting dari dalam garis 6 meter dan bola masuk, maka gol tersebut akan dianggap sah. Ini berlaku jika pemain tersebut berada di dalam garis 6 meter atau kotak penalti saat melepaskan tembakan.

 

Oleh karena itu, penting untuk selalu memahami aturan yang berlaku dalam situasi tertentu, dan wasit biasanya akan menjadi otoritas dalam menentukan apakah suatu gol sah atau tidak. Terutama dalam kompetisi tingkat profesional, aturan ini sangat ditegakkan untuk memastikan keadilan dalam permainan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan