Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Pertanyaan

Terangkan yang dimaksud dengan ekstensifikasi!

Terangkan yang dimaksud dengan ekstensifikasi!


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:35

Jawaban terverifikasi

<p>Ekstensifikasi, <strong>artinya perluasan produksi dengan cara menambah faktor-faktor atau unit produksi baru</strong>. Di bidang pertanian misalnya menambah area pertanian, serta di bidang industri misalnya menambah tenaga kerja dan mesin-mesin produksi.</p>

Ekstensifikasi, artinya perluasan produksi dengan cara menambah faktor-faktor atau unit produksi baru. Di bidang pertanian misalnya menambah area pertanian, serta di bidang industri misalnya menambah tenaga kerja dan mesin-mesin produksi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:12

Jawaban terverifikasi

<p>Ekstensifikasi dalam konteks perluasan produksi merujuk pada peningkatan luas lahan atau penambahan sumber daya produksi lainnya untuk meningkatkan output atau hasil produksi. Berbeda dengan intensifikasi, di mana peningkatan produktivitas dilakukan melalui optimalisasi penggunaan sumber daya yang sudah ada, ekstensifikasi melibatkan ekspansi dalam hal luas lahan, jumlah tenaga kerja, atau sumber daya lainnya.</p><p>Beberapa aspek terkait ekstensifikasi produksi termasuk:</p><p><strong>Peningkatan Luas Lahan Pertanian:</strong></p><ul><li>Dalam pertanian, ekstensifikasi dapat terjadi dengan membuka lahan baru atau memperluas areal tanam guna meningkatkan produksi pertanian. Ini mungkin melibatkan pemanfaatan lahan hutan, lahan terlantar, atau lahan lainnya.</li></ul><p><strong>Pengembangan Kawasan Perkotaan:</strong></p><ul><li>Di sektor pembangunan kota, ekstensifikasi dapat terjadi melalui perluasan wilayah perkotaan. Pembangunan kawasan baru atau pengembangan permukiman merupakan bentuk ekstensifikasi untuk memenuhi kebutuhan perumahan dan infrastruktur perkotaan yang terus berkembang.</li></ul><p><strong>Penambahan Tenaga Kerja:</strong></p><ul><li>Ekstensifikasi juga dapat terjadi dengan menambah jumlah tenaga kerja. Misalnya, suatu perusahaan yang memperluas produksinya mungkin akan merekrut lebih banyak pekerja untuk mengelola kapasitas produksi yang lebih besar.</li></ul><p><strong>Pemanfaatan Sumber Daya Alam Baru:</strong></p><ul><li>Ekstensifikasi dapat melibatkan pemanfaatan sumber daya alam baru yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Contohnya adalah pengeboran tambang baru atau eksploitasi hutan yang belum pernah digunakan sebelumnya.</li></ul><p><strong>Pertambahan Modal dan Investasi:</strong></p><ul><li>Perusahaan atau sektor ekonomi tertentu dapat melakukan ekstensifikasi dengan menambah modal dan investasi. Penambahan fasilitas, mesin, atau peralatan dapat mendukung peningkatan kapasitas produksi.</li></ul><p><strong>Pengembangan Energi:</strong></p><ul><li>Dalam sektor energi, ekstensifikasi dapat terjadi dengan menambah kapasitas pembangkit listrik atau mengembangkan sumber energi baru untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat.</li></ul>

Ekstensifikasi dalam konteks perluasan produksi merujuk pada peningkatan luas lahan atau penambahan sumber daya produksi lainnya untuk meningkatkan output atau hasil produksi. Berbeda dengan intensifikasi, di mana peningkatan produktivitas dilakukan melalui optimalisasi penggunaan sumber daya yang sudah ada, ekstensifikasi melibatkan ekspansi dalam hal luas lahan, jumlah tenaga kerja, atau sumber daya lainnya.

Beberapa aspek terkait ekstensifikasi produksi termasuk:

Peningkatan Luas Lahan Pertanian:

  • Dalam pertanian, ekstensifikasi dapat terjadi dengan membuka lahan baru atau memperluas areal tanam guna meningkatkan produksi pertanian. Ini mungkin melibatkan pemanfaatan lahan hutan, lahan terlantar, atau lahan lainnya.

Pengembangan Kawasan Perkotaan:

  • Di sektor pembangunan kota, ekstensifikasi dapat terjadi melalui perluasan wilayah perkotaan. Pembangunan kawasan baru atau pengembangan permukiman merupakan bentuk ekstensifikasi untuk memenuhi kebutuhan perumahan dan infrastruktur perkotaan yang terus berkembang.

Penambahan Tenaga Kerja:

  • Ekstensifikasi juga dapat terjadi dengan menambah jumlah tenaga kerja. Misalnya, suatu perusahaan yang memperluas produksinya mungkin akan merekrut lebih banyak pekerja untuk mengelola kapasitas produksi yang lebih besar.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Baru:

  • Ekstensifikasi dapat melibatkan pemanfaatan sumber daya alam baru yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Contohnya adalah pengeboran tambang baru atau eksploitasi hutan yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Pertambahan Modal dan Investasi:

  • Perusahaan atau sektor ekonomi tertentu dapat melakukan ekstensifikasi dengan menambah modal dan investasi. Penambahan fasilitas, mesin, atau peralatan dapat mendukung peningkatan kapasitas produksi.

Pengembangan Energi:

  • Dalam sektor energi, ekstensifikasi dapat terjadi dengan menambah kapasitas pembangkit listrik atau mengembangkan sumber energi baru untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

yang perlu di perhatikan dalam mempersiapkan pergelaran adalah

0

5.0

Jawaban terverifikasi