Fazar M

11 Juni 2024 11:58

Iklan

Iklan

Fazar M

11 Juni 2024 11:58

Pertanyaan

Tentukan tingkat korelasi dari nilai koefisien korelasi yang diketahui dan determinasi


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:10

Jawaban terverifikasi

<p>Tingkat korelasi dari nilai koefisien korelasi (r) dapat diinterpretasikan sebagai berikut:</p><p><strong>0</strong>: Tidak ada korelasi.</p><ul><li>Ini berarti tidak ada hubungan linier antara variabel-variabel yang diamati.</li></ul><p><strong>0 - 0.2 atau 0 - (-0.2)</strong>: Korelasi sangat lemah.</p><ul><li>Hubungan antara variabel-variabel tersebut sangat rendah.</li></ul><p><strong>0.2 - 0.4 atau -0.2 - -0.4</strong>: Korelasi lemah.</p><ul><li>Hubungan antara variabel-variabel tersebut rendah.</li></ul><p><strong>0.4 - 0.6 atau -0.4 - -0.6</strong>: Korelasi sedang.</p><ul><li>Hubungan antara variabel-variabel tersebut cukup kuat.</li></ul><p><strong>0.6 - 0.8 atau -0.6 - -0.8</strong>: Korelasi kuat.</p><ul><li>Hubungan antara variabel-variabel tersebut kuat.</li></ul><p><strong>0.8 - 1 atau -0.8 - -1</strong>: Korelasi sangat kuat.</p><ul><li>Hubungan antara variabel-variabel tersebut sangat kuat dan cenderung linier.</li></ul><p>Tingkat determinasi (r^2) menggambarkan seberapa baik variabilitas dari satu variabel dapat dijelaskan atau diprediksi oleh variabilitas dari variabel lainnya. Secara umum, semakin tinggi nilai r^2, semakin baik variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model statistik yang digunakan.</p><p>Jadi, tingkat korelasi dari nilai koefisien korelasi (r) dan tingkat determinasi (r^2) dapat memberikan gambaran tentang kekuatan dan signifikansi hubungan antara variabel-variabel yang diamati dalam analisis statistik.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>3.5</p>

Tingkat korelasi dari nilai koefisien korelasi (r) dapat diinterpretasikan sebagai berikut:

0: Tidak ada korelasi.

  • Ini berarti tidak ada hubungan linier antara variabel-variabel yang diamati.

0 - 0.2 atau 0 - (-0.2): Korelasi sangat lemah.

  • Hubungan antara variabel-variabel tersebut sangat rendah.

0.2 - 0.4 atau -0.2 - -0.4: Korelasi lemah.

  • Hubungan antara variabel-variabel tersebut rendah.

0.4 - 0.6 atau -0.4 - -0.6: Korelasi sedang.

  • Hubungan antara variabel-variabel tersebut cukup kuat.

0.6 - 0.8 atau -0.6 - -0.8: Korelasi kuat.

  • Hubungan antara variabel-variabel tersebut kuat.

0.8 - 1 atau -0.8 - -1: Korelasi sangat kuat.

  • Hubungan antara variabel-variabel tersebut sangat kuat dan cenderung linier.

Tingkat determinasi (r^2) menggambarkan seberapa baik variabilitas dari satu variabel dapat dijelaskan atau diprediksi oleh variabilitas dari variabel lainnya. Secara umum, semakin tinggi nilai r^2, semakin baik variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model statistik yang digunakan.

Jadi, tingkat korelasi dari nilai koefisien korelasi (r) dan tingkat determinasi (r^2) dapat memberikan gambaran tentang kekuatan dan signifikansi hubungan antara variabel-variabel yang diamati dalam analisis statistik.

 

 

3.5


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

0

5.0

Jawaban terverifikasi