Bq A

05 Agustus 2021 01:36

Pertanyaan

Teks Berita 1 Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, permintaan hewan kurban dari wilayah Jawa Timur meningkat sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya.Hewan kurban tersebut lalu dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk didistribusikan ke luar pulau Jawa setelah sebelumnya hewan ternak tersebut telah diperiksa di Balai Karantina Pertanian Unit Pelayanan II Surabaya.Koordinator Bidang Antar Area Balai Besar Pertanian Surabaya, drh Suci Rahmawati mengatakan bahwa pengiriman hewan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat signifikan. Teks Berita 2 Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, permintaan hewan kurban dari wilayah Kabupaten Blitar meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Peningkatan tinggi terjadi dalam 2 minggu terakhir. Dikatakan Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Nanang Miftahudin bahwa dalam waktu satu minggu kurang lebih ada 5 kali pengiriman hewan dari Kabupaten Blitar ke berbagai daerah. Pengiriman didominasi daerah Jabodetabek dan Kalimantan Timur. Persamaan ciri-ciri kebahasaan dalam kedua kutipan teks berita tersebut adalah …. A. Penggunaan kalimat tak langsung dan konjungsi bahwa B. Penggunaan kata kerja mental dan bahasa baku C. Adanya keterangan waktu dan tempat dan 2 kata kerja mental D. Penggunaan kata kerja mental dan kalimat langsung 


207

1

Jawaban terverifikasi

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

05 Agustus 2021 16:47

Jawaban terverifikasi

Kelas: 8 Topik: Teks Berita Hai Adamiyaki. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks berita adalah teks yang berisi suatu kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Teks berita memiliki ciri kebahasaan, yakni (1) menggunakan bahasa yang bersifat standar (baku), artinya adalah bahasa yang digunakan bukan bahasa sehari-hari; (2) banyak menggunakan kalimat langsung yang ditandai dengan dua tanda petik ganda untuk mengutip pernyataan narasumber, contoh: "Saya melihat langsung kejadian itu tadi pagi."; (3) dapat menggunakan kalimat tidak langsung dalam mengutip pernyataan narasumber, seperti "Ibu korban mengatakan bahwa anaknya tidak mungkin melakukan tindak kriminal."; (4) menggunakan kata kerja mental yang menunjukkan sikap seseorang terhadap suatu tindakan, contoh: menikmati, menyedihkan, bangga, bahagia; (5) banyak menggunakan keterangan waktu dan tempat, seperti pada kalimat "Anthony Sinisuka Ginting menghadapi wakil dari Guatemala, Kevin Cordon dalam perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, pada Senin (2/8) di Musashino Forest Plaza, Tokyo."; (6) menggunakan konjungsi temporal untuk menunjukkan urutan peristiwa, seperti selanjutnya, kemudian, setelah itu, dan sebagainya. Kedua teks berita di atas sama-sama menunjukkan penggunaan kalimat tak langsung seperti berikut. Teks 1: drh. Suci Rahmawati mengatakan bahwa pengiriman hewan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat signifikan. Teks 2: Dikatakan Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Nanang Miftahudin bahwa dalam waktu satu minggu kurang lebih ada lima kali pengiriman hewan dari Kabupaten Blitar ke berbagai daerah. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Cermatilah teks eksplanasi di bawah ini ! Proses Terjadinya Petir Peristiwa terjadinya petir merupakan peristiwa listrik statis yang menghasilkan listrik yang sangat besar hingga jutaan volt. Tidak heran, jika ada pohon yang tersambar petir, pohon tersebut akan terbakar dan hangus. Petir merupakan fenomena yang umumnya terjadi bersamaan dengan hujan. Petir terjadi saat ada awan di angkasa yang bermuatan negatif dan bermuatan positif. Awan terus bergerak dengan bantuan angin. Awan yang bermuatan positif akan berkumpul dengan awan bermuatan positif lainnya. Pada saat ion bebas yang memiliki muatan negatif dan muatan positif berkumpul di awan, awan yang bergerak oleh tiupan angin akan bergesekan dengan awan yang lainnya. Saat awan bergerak dan bertemu, terjadilah beda potensial yang tinggi sehingga elektron akan terlepas ke permukaan bumi untuk menyeimbangkan muatan. Secara sederhana, saat terjadi beda potensial yang tinggi antara awan dengan bumi, awan akan melepaskan muatan negatifnya agar terjadi kesetimbangan muatan. Elektron atau muatan negatif yang mengalir ke bumi itulah yang disebut dengan petir. Proses loncatan elekron yang menembus batas isolasi udara akan menyebabkan suara petir. Loncatan elektron yang berupa bunga api tersebut sangat besar dan sangat panas. Pada saat bunga api itu melewati udara, udara tersebut akan memuai. Pemuaian yang secara tiba-tiba atau dalam waktu yan g singkat itulah yang menyebabkan adanya suara petir. Analisislah kelengkapan kaidah kebahasaaan teks eksplanasi di atas!

196

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan