Diandra D

10 Juli 2022 14:08

Iklan

Diandra D

10 Juli 2022 14:08

Pertanyaan

Teks 1 Di pagi hari, ketika sampai di sekalah, Farah bertemu dengan wali kelasnya (Pak Rami) di depan ruang guru. Farah : Selamat pagi, Pak! (cium tangan Pak Romi) Pak Romi : Pagi. Oh iya, kalau kamu lihat Lulu, suruh dia datang ke ruangan bapak ya. Farah : Baik pak. Ketika Farah meletakkan tasnya di bangku, dari jendela, ia melihat Lulu sedang berjalan di depan kelas VIII-1 Farah : Luuu ... Luluuu! (sembari berlari mengejar Lulu, nafasnya terengah-engah) Farah sampai di tempat Lulu berdiri Lulu : Kenapa sih, Far? Farah : (hash .. hash .. hash) Lu, kamu dipanggil sama Pak Romi di ruangannya. Lulu : Sip oke deh. Mendengar hal itu, Lulu pun langsung menuju ke ruang Pak Romi. Lulu : Permisi, Pak! Pak Romi : Oh, Lulu. Silahkan masuk. (mengintip ke arah pintu) Lulu : Makasih pak. (duduk di kursi yang ada di depan Pak Romi) Pak Romi : Lulu kamu belum membayar uang SPP selama 3 bulan! Bagaimana ini? Lulu : Iya, Pak. Saya usahakan membayar secepatnya, menunggu orangtua saya dapat gajian. Pak Romi : Baiklah. Kepala sekolah memberi waktu seminggu untuk kamu melunasi SPP itu! Lulu : Baik pak. (lalu keluar dari ruang guru) Seminggu kemudian Lulu : Duh, gimana nih? Udah seminggu uang SPPku belum dibayar. Mana ayah belum gajian. (keluh Lulu dalam hati) Istirahat pertama, para murid pun mulai memenuhi kantin. Sewaktu Lulu dan Intan berjalan menuju kantin sekolah, tanpa disadari dompet dari saku Intan terjatuh tetapi Lulu melihatnya. Lulu : lntannn. (tadinya mau memberi tahu bahwa dompet Intan terjatuh, namun Intan tidak mendengar sahutannya) Lulu : Hmm .. Gimana kalo aku pake uang ini aj a untuk bayar SPP aku? Lagian kan lntan juga gak tau, aku pake aja deh. (pikiran buruk merasuki Lulu) Dinda pun datang mengajak Lulu untuk jajan Dinda : Hai .. Kita ke kantin luar sekolah, yuk! (merangkul Lulu) Lulu : Hmm .. Ayo! Kebetulan aku lagi lapar. Biar aku yang traktir deh. (menunjukkan dompet Intan) Dinda : Oke deh. Makasih ya , Lulu ! (sambil menyangka dompet yang dipegang Lulu adalah dompet Intan, tapi Dinda berpikir bahwa ada banyak dompet di dunia ini yang sama seperti milik Intan) Saat ingin membayar makanan di kantin sekolah, Intan baru sadar bahwa dompetnya sudah tidak ada di sakunya lagi lntan : Ya ampun .. Dompet aku hilang' (kaget saat merogoh saku) Tiara : Yang bener, Tan? Intan : lya , beneran! Aku seriusl Tiara : Mungkin dompetmu jatuh di jalan tadi. Hmm .. nanti aku bantu nyariin deh. (mencoba menghibur) Intan : Oke deh, makasih ya. Tiara : Ya sudah, sekarang biar aku traktir deh. Sedangkan Lulu dan Dinda sedang mahan di kantin luar sekolah Dinda : Lu, bukannya yang kamu pegang itu dompet Intan? (makin penasaran) Lulu : Heh Ssttt .. Din, tapi kamu diem aja ya , aku juga terpaksa ngambil. Dinda : Memangnya kenapa? Lulu : Aku ga punya uang untuk membayar SPP-ku yang sudah nunggak 3 bulan. Kalo hari ini aku belum bayar juga, aku bisa dikeluarin dari sekolah. Dinda : Oh gitu. Tapi sebaiknya kamu kembahin dompetnya Intan. Lulu : Tapi aku takut banget, Din. Dinda : (memotong percakapan karena takut terlibat masalah) Eh iya, terserah kamu deh! Aku harus ke perpustakaan dulu. Dahhh .. Lulu : Oke deh, Din. Dahhh .. (Lulu pun juga bergegas ke ruang tata us aha untuk membayar SPP-nya) Di jalan menuju ruang tata usaha, Lulu bertemu Pak Rami yang baru saja keluar dari ruangan kepala sekolah. Ruang tata usaha tidak berjarak jauh dari ruang kepala sekolah. Pak Romi : Eh, Lulu Sini! Lulu : Ada apa, Pak? Pak Romi : Kamu belum bayar uang SPP Bagaimana sih kamu? (dengan nada keras) Lulu : lya, Pak. lni saya mau bayar. Pak Romi : Ya sudah. Bapak baru saja dipanggil kepala sekolah, katanya kamu ditungggu di ruangannya sekarang. Lulu : Hmm .. Baik, Pak. Lulu masuk ke ruang kepala sekolah Lulu : Permisi, Pak. Pak lmam : Ya, silahkan masuk. Lulu : Ada apa, Pak? Pak lmam : Kamu Lulu? Apa benar kamu murid yang belum melunasi SPP sampai 3 bulan? Lulu : Iya pak. (dengan raut muka yang malu) Pak lmam : Apakah kamu sudah punya uang untuk membayarnya? Lulu : Sudah. Pak Imam : Baiklah, Nak. Tolong dibayarkan uang itu ke ruang tata usaha hari ini juga, dan lain kali jangan sampai terlambat membayar seperti ini ya. Lulu : Iya. Pak lmam : Baiklah, Kamu bisa keluar dari ruangan bapak sekarang. Lulu : Makasih, Pak. (keluar dari ruangan kepala sekolah, dan langsung menuju ruang tata usaha untuk melunasi SPP-nya) Pada jam istirahat kedua, Dinda menemui Intan dan Tiara yang sedang mencari dompet Intan Dinda : lntan! Tiara! (menyapa) lntan : Apaan sih? Dinda : Kalian lagi pada ngapain? Tiara : Ini nih .. Kita lagi nyari dompetnya lntan yang ilang pas istirahat pertama. lstirahat pertama, kita udah nyari, tapi gak ketemu. Ya udah deh, kita nyari lagi. Dinda : (bingung) Oh, itu! lntan : Apa? (curiga) Dinda : (membayangkan dompet yang dipegang Lulu tadi) Emm.. tadi.. aku liat Lulu megang dompet kayak punya kamu, gitu. Tiara : Ah, yang bener? (terkejut) Dinda : Bener.. Aku sih tadi di traktir sama Lulu pake uang di dalam dompet itu. lntan : lih .. Ya udah, kita samperin yuk tuh si Lulu! (Intan mulai emosi) Intan, Tiara, dan Dinda menghampiri Lulu yang sedang duduk bersama Farah di taman sekolah Tiara : Eh, Lulu! To the point aja ya, kamu yang ngambil dompet lntan ya? Farah : Ada apaan nih? jangan main tuduh-tuduh gitu dong? Lulu : Hmmm .. lntan : Bener, lu? Jujur! Lulu : Tapi kamu jangan marah, ya? lntan : Tapi apa iya kamu yang ngambil dompet aku? Kalo iya, kenapa Lu? Lulu : lntan, maaf ya . Sebenarnya tadi aku liat dompetmu jatuh, terus aku ambil, pas aku manggil kamu, kamu gak denger. Tapi aku ingat, hari ini tuh kesempatan terakhir aku ngelunasi uang SPP ku, jadi aku pake aja uang itu. (mencoba menjelaskan) Dinda : Intan, maafin aja tuh si Lulu! Kasian .. Dia bisa dikeluarin dari sekolah kalo hari ini dia gak bayar SPP (merayu Intan) Intan : Ampun deh .. Tapi ga kayak gini caranya. Tiara : Iya jangan mencuri kayak gitu, dong! (mendukung Intan) Farah : Lulu mencuri dompet Intan? Masa, sih? Gak percaya aku. (masih dengan tidak hepercayaannya tentang henyataan ini) Intan : Kenapa sih kamu harus mencuri? Kalo kamu minjem baik-baik, mungkin aku bisa bantu kamu. Lulu : Sekali lagi aku minta maaf ya, Tan. Aku janji akan ganti uangmu. Intan : Ya , pasti aku maafin kok. Uangnya gak usah diganti, gapapa. Tapi kamu janji ya, gak akan mencuri kayak gitu lagi! Kalo kamu butuh bantuan, curhat ke aku aja. Lulu : Ya, Tan. Aku janji. Makasih ya, Tan. Intan : Sama-sama, Lulu ! Dinda : Nah, gitu dong! Kan enak kalau damai gini .. Iya, gak, Far? Farah : lya dong .. (bel seholah berbunyi) Lulu : Eh, udah masuk tuh! Intan : Kita ke kelas masing-masing yuk! Bersama : Ayo! Dan, akhirnya dompet lntan telah ditemukan, walau isinya sudah kosong. Tetapi dengan kebaikan hati Intan, ia pun memaafkan Lulu tanpa meminta uangnya dikembalikan, bahkan Intan menawarkan bantuan untuk Lulu jika ada kendala lagi. Masalah ini pun terselesaikan dengan baik tanpa campur tangan guru, tetapi dengan musyawarah para murid. (Sumber: di unduh di http://intananye. blogspot.co. id/20 1 3102/naskah-drama-1 -babak. html) Teks 2 Pada suatu hari, tepatnya jam 10 pagi Budi, Andi, dan joni sedang berada halaman rumah joni. Mereka bertiga terlihat sedang berbincang-bincang membahas tentang arah masa depan masing-masing. Budi : Ndi, entar kalau kamu udah lulus kuliah gimana? Mau langsung nyari kerja atau gimana? Andi : Gue belum tau tuh, mestinya sih gue harus nyari kerja biar nggak minta duit ama nyokap melulu. Joni : Bagus dong tu Ndi. Lagian untuk apa kamu kuliah kalo setelah lulus masih saja menggantungkan diri ama keluarga. Andi : Ya. Nah, terus kamu sendiri gimana Jon? Joni : Urusan nyari kerja sih pastinya udah dari dulu ada dibenak gue. Tapi, gue kan nggak kayak loe. Gue nggak punya ijazah sarjana, SMA pun milai gue nggak bagus-bagus amat, ya nggak heran kenapa ampe sekarang gue masih aja jadi pengangguran. Budi : lya, tapi ijazah tu kan nggak selalu menjadi batu sandungan Jon. Lagian banyak juga mereka yang cuman lulusan SMA tapi bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan bergaji mahal. Asal kamu mau terus berusaha secara maksimal, suatu saat nanti pasti kamu tidak nganggur lagi. Andi : Bener tu Jon. Keep spirit aja, terus berusaha dan jangan mudah nyerah. Suatu hari nanti pasti kamu bisa dapetin kerja yang sesuai dengan kriteria kamu Joni : Yup, thanks. Andi : Nah kalo loe Bud? Budi : Gue masih belum pasti. Joni : Belum pasti gimana Bud? Kamu masih mau lanjutin studi kamu ampe S2 ya? Budi : Ya itu dia, gue masih kepikiran untuk ngelanjutin kuliah ampe jenjang S2. Tapi, ya gue masih mau lihat dulu sikonnya kedepan kaya apa. Andi : Ok deh, moga selalu yang terbaik aja buat kamu. Budi : Ya, semoga saja jalan gue terus dimudahkan oleh yang maha kuasa. Satu jam kemudian Budi dan Andi terlihat beridiri dan beranjak meninggalkan halaman rumah joni. Budi dan Andi pun pamitan sama Joni. Budi : Ndi, udah mo siang nih. Pulang yuuuk! Andi : lya, ayukk. Budi : Jon, gue pulan dulu ya udah mo siang. Ngobrolnya lanjutin esok lagi deh. Joni : OK (Sumber: diunduh dari http://www. teksdrama.com/2013110/contoh-naskah-drama-1 -babak. html) 2. Identifikasi unsur-unsur drama teks 2 di atas!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

12

:

40

:

47

Klaim

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

W. Ega

05 September 2022 02:45

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah tema, tokoh, penokohan atau watak, alur, latar dan amanat.</p><p>&nbsp;</p><p>Drama berarti dialog yang dipentaskan atau cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater. Unsur-unsur dalam teks drama, yaitu:&nbsp;</p><p>1. Tema adalah inti dari cerita drama.&nbsp;</p><p>2. Tokoh dan penokohan, tokoh disebut juga pemeran drama, sedangkan penokohan adalah watak atau sifat tokoh&nbsp;</p><p>3. Alur merupakan jalinan peristiwa atau jalan cerita.&nbsp;</p><p>4. Latar merupakan tempat, waktu, dan keadaan yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi.&nbsp;</p><p>5. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan melalui cerita.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan uraian tersebut, dapat diidentifikasikan unsur-unsur pada drama di atas sebagai berikut:&nbsp;</p><p>▪︎Tema : tentang arah masa depan&nbsp;</p><p>▪︎Tokoh dan penokohan :&nbsp;</p><p>- tokoh Budi memiliki watak baik, cerdas dan senang memberi nasehat serta berpikir positif.&nbsp;</p><p>- tokoh Andi memiliki watak sabar dan semangat gigih untuk bekerja dan tidak menggantungkan diri dengan orang tua. - tokoh Joni memiliki watak mudah menyerah.&nbsp;</p><p>▪︎Alur : drama ini memiliki alur maju. Cerita diawali dengan membahas tentang arah masa depan. Kelak akan bagaimana. Kerja, kuliah atau menganggur. Cerita ditutup dengan hari sudah mau siang.&nbsp;</p><p>▪︎Latar :&nbsp;</p><p>- latar tempat terjadinya yaitu halaman rumah Joni - latar waktu terjadinya adalah pada pagi hari jam 10.&nbsp;</p><p>- latar suasana pada drama tersebut adalah santai.&nbsp;</p><p>▪︎Amanat : Dalam meraih masa depan, kita harus semangat, berpikir positif, terus berusaha dan pantang menyerah agar kelak menjadi orang yang sukses serta bisa membahagiakan kedua orang tua.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, unsur teks drama di atas adalah sesuai yang telah dijabarkan.</p>

Jawabannya adalah tema, tokoh, penokohan atau watak, alur, latar dan amanat.

 

Drama berarti dialog yang dipentaskan atau cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater. Unsur-unsur dalam teks drama, yaitu: 

1. Tema adalah inti dari cerita drama. 

2. Tokoh dan penokohan, tokoh disebut juga pemeran drama, sedangkan penokohan adalah watak atau sifat tokoh 

3. Alur merupakan jalinan peristiwa atau jalan cerita. 

4. Latar merupakan tempat, waktu, dan keadaan yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi. 

5. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan melalui cerita. 

 

Berdasarkan uraian tersebut, dapat diidentifikasikan unsur-unsur pada drama di atas sebagai berikut: 

▪︎Tema : tentang arah masa depan 

▪︎Tokoh dan penokohan : 

- tokoh Budi memiliki watak baik, cerdas dan senang memberi nasehat serta berpikir positif. 

- tokoh Andi memiliki watak sabar dan semangat gigih untuk bekerja dan tidak menggantungkan diri dengan orang tua. - tokoh Joni memiliki watak mudah menyerah. 

▪︎Alur : drama ini memiliki alur maju. Cerita diawali dengan membahas tentang arah masa depan. Kelak akan bagaimana. Kerja, kuliah atau menganggur. Cerita ditutup dengan hari sudah mau siang. 

▪︎Latar : 

- latar tempat terjadinya yaitu halaman rumah Joni - latar waktu terjadinya adalah pada pagi hari jam 10. 

- latar suasana pada drama tersebut adalah santai. 

▪︎Amanat : Dalam meraih masa depan, kita harus semangat, berpikir positif, terus berusaha dan pantang menyerah agar kelak menjadi orang yang sukses serta bisa membahagiakan kedua orang tua.

 

Dengan demikian, unsur teks drama di atas adalah sesuai yang telah dijabarkan.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sejak kecil kau telah akrab dengan lingkungan sekolah ini karena sering diajak ibumu kemari. Tak heran ketika sudah waktunya untuk masuk sekolah, kau begitu **supel** dan teman-temanmu pun sudah banyak. Mereka umumnya murid-murid yang pernah diajar ibumu waktu kelas satu. Sedangkan aku? Aku waktu itu baru saja pindah ke kota kecil ini. Makna kata bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut adalah .... A. ramah C. santun B. sopan D. baik

106

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut untuk soai nomor 4. 1) Ilmuwan di berbagai belahan dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin guna mengatasi virus Corona jenis baru. Vaksin perlu segera diciptakan karena kematian akibat virus Corona yang terus bertambah dan penyebaran virus yang kian meluas. 2) Pada Jum'at (7-2-2020), Komisi Kesehatan Nasional Cina mencatat jumlah kematian akibat virus Corona baru telah mencapai 636 kasus, sedangkan jumlah warga yang terinfeksi menjadi 31.161 kasus. Kasus terbanyak terjadi di Hubei, Cina, tempat vi kesehatan du niairus pertama muncul. Selain di Cina, virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 25 negara. 3) Para ilmuwan bekerja dalam kecepatan penuh untuk menemukan vaksin bagi virus Corona baru atau penyakit pernapasan akut 2019-nCOV. Sebagai pusat epidemic, ilmuwan Cina berupaya menemukan vaksin bagi virus itu. Perkembangan terbaru adalah mereka menciptakan peta genetik virus. 4) Ilmuwan dari Australia, Kanada, hingga Prancis ikut menciptakan berbagai jenis inokulasi bersama sejumlah perusahaan biotek dan vaksin. Beberapa waktu lalu, Kepala Laboratorium Identifikasi Virus dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan kekebalan, Melbourne, Julian Druce, menyatakan mereka mengembangkan virus Corona versi laboratorium dari tubuh pasien yang terinfeksi untuk uji coba. Tanggapan yang sesuai dengan berita tersebut adalah ... A. Pemerintah Australia telah tanggap menghadapi serangan virus Corona dengan menemukan vaksin virus tersebut. B. Para ilmuan perlu segera mempelajari virus corona yang menjadi masalah besar bagi kesehatan dunia karena persebarannya sangat cepat. C. Masyarakat perlu mawas diri dan menjaga kesehatan dalam menghadapi serangan virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, D. Virus corona menjadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

44

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan