Jawabannya adalah:
a) Tema: Kejujuran
b) Latar:
- Tempat-> Sekolah;
- Waktu-> Pagi hari dan waktu istirahat;
- Suasana-> Tegang
c) Tokoh: Farah, Pak Romi, Lulu, Dinda, Intan, Tiara, Pak Iman
d) Penokohan:
- Farah-> Tritagonis, Baik;
- Pak Romi-> Tritagonis,
- Tegas; Lulu-> Protagonist, Penakut;
- Dinda-> Tritagonis, Mendukung temannya;
- Intan-> Antagoni, Baik ;
- Tiara: Antagonis/Tritagonis, Setia;
- Pak Iman: Tritagonis, Tegas
e) Dialog: Semua dialog dalam cuplikan drama
f) Babak:
- Babak 1: (1) Pak Romi menyuruh Farah untuk memanggil Lulu jika mereka bertemu; (2) Farah memberitahu kepada Lulu bahwa ia dicari Pak Romi; (3) Pak Romi menegur Lulu yang belum membayar SPP
- Babak 2: (1) Lulu berbicara dalam hati; (2) Lulu mengambil dompet Intan yang jatuh; (3) Dinda dan Lulu pergi untuk jajan; (4) Intan menyadari dompetnya hilang; (5) Dinda menanyakan tentang dompet
- Babak 3: (1) Pak Romi memanggil Intan; (2) Intan menemui kepala sekolah
- Babak 4: (1) Dinda cerita kepada Intan dan Tiara bahwa dompetnya dipegang Lulu; (2) Konfrontasi antara Intan dengan Lulu
g) Konflik: Lulu tidak bisa membayar SPP, sehingga ketika ada kesempatan untuk mendapatkan uang, walaupun bukan cara terbaik, ia mengambilnya.
h) Amanat: Jangan mencuri walaupun dalam keadaan mendesak
Untuk mengidentifikasi sebuah drama, terdapat delapan unsur yang dapat ditemukan: tema, latar, tokoh, penokohan, dialog, babak, konflik, dan amanat.
Dari cuplikan drama teks 1, kita bisa mengidentifikasikan unsur-unsurnya, yaitu:
a) Tema (gagasan utama yang menjalin struktur isi drama):
Kejujuran
b) Latar (keterangan tentang tempat, waktu, dan suasana yang terjadi dalam drama):
Latar tempat: Sekolah -> Ruang guru/Pak Romi; Kantin; Ruang tata sekolah; Ruang kepala sekolah; Taman sekolah
Latar waktu: Pagi hari; Istirahat pertama; Istirahat kedua
Latar suasana: Tegang, baik dari Lulu yang khawatir tidak bisa membayar uang saku dan ditegur oleh Pak Romi dan Pak Iman, dan ketika Tiara dan Intan menanyakan jika Intan mengambil dompet Intan
c) Tokoh (pemegang peran dalam drama):
Farah, Pak Romi, Lulu, Dinda, Intan, Tiara, Pak Iman
d) Penokohan (proses, cara, atau perbuatan menokohkan, baik dari protagonis/utama, antagonis, atau tritagonis/pendukung cerita):
Farah: Tritagonis. Seseorang yang baik karena ia melakukan apa yang disuruh Pak Romi dan tidak bisa langsung percaya bahwa Intan mencuri
Pak Romi: Tritagonis. Seorang yang tegas karena menegur Lulu yang belum membayar SPP/hampir melanggar aturan sekolah.
Lulu: Protagonis. Seseorang yang penakut karena ia terpaksa harus mencuri untuk membayar SPP, padahal ia tahu bahwa mencuri itu tidak baik
Dinda: Tritagonis. Seseorang yang mendukung temannya karena walaupun ia tahu bahwa itu dompetnya Intan, ia tetap membela Lulu yang tidak bisa membayar SPP
Intan: Antagonis. Seseorang yang baik karena walaupun Intan mencuri dompetnya, ia masih mau memaafkannya bahkan menawarkan bantuan lain kali
Tiara: Antagonis/Tritagonis. Seseorang yang setia kawan karena ia bersedia membantu Intan mencari dompetnya
Pak Iman: Tritagonis. Seorang yang tegas karena menegur Lulu yang belum membayar SPP/hampir melanggar aturan sekolah.
e) Dialog (percakapan antara dua tokoh atau lebih dalam sebuah drama):
Cuplikan drama ini terdiri atas dialog dan narasi, sehingga sudah terpenuhi.
f) Babak (bagian dari lakon drama, ditandai dengan pergantian latar waktu atau tempat drama):
Babak 1: Terjadi di pagi hari dengan latar tempat di sekitar kantor Pak Romi, baik dalam maupun luar ruangan. Babak ini terdiri atas adegan: (1) Pak Romi menyuruh Farah untuk memanggil Lulu jika mereka bertemu; (2) Farah memberitahu kepada Lulu bahwa ia dicari Pak Romi; (3) Pak Romi menegur Lulu yang belum membayar SPP
Babak 2: Terjadi dengan latar waktu seminggu setelah Babak 1 pada istirahat pertama dan latar tempat sekitar kantin. Babk ini terdiri atas adegan: (1) Lulu berbicara dalam hati; (2) Lulu mengambil dompet Intan yang jatuh; (3) Dinda dan Lulu pergi untuk jajan; (4) Intan menyadari dompetnya hilang; (5) Dinda menanyakan tentang dompet
Babak 3: Terjadi di waktu yang sama dengan latar tempat di sekitar tata usaha dan ruang kepala sekolah. Babak ini terdiri atas adegan: (1) Pak Romi memanggil Intan; (2) Intan menemui kepala sekolah
Babak 4 Terjadi dengan latar waktu istirahat kedua dan latar tempat sekitar taman sekolah. Babak ini terdiri atas adegan: (1) Dinda cerita kepada Intan dan Tiara bahwa dompetnya dipegang Lulu; (2) Konfrontasi antara Intan dengan Lulu
g) Konflik (ketegangan atau pertentangan dalam drama yang ditandai dengan adanya masalah):
Konflik yang terjadi adalah Lulu tidak bisa membayar SPP, sehingga ketika ada kesempatan untuk mendapatkan uang, walaupun bukan cara terbaik, ia mengambilnya.
h) Amanat (simpulan tentang ajaran atau pesan moral dari drama):
Jangan mencuri walaupun dalam keadaan mendesak
Sehingga, unsur-unsur drama teks 1 adalah:
a) Tema: Kejujuran
b) Latar:
- Tempat-> Sekolah;
- Waktu-> Pagi hari dan waktu istirahat;
- Suasana-> Tegang
c) Tokoh: Farah, Pak Romi, Lulu, Dinda, Intan, Tiara, Pak Iman
d) Penokohan:
- Farah-> Tritagonis, Baik;
- Pak Romi-> Tritagonis,
- Tegas; Lulu-> Protagonist, Penakut;
- Dinda-> Tritagonis, Mendukung temannya;
- Intan-> Antagoni, Baik ;
- Tiara: Antagonis/Tritagonis, Setia;
- Pak Iman: Tritagonis, Tegas
e) Dialog: Semua dialog dalam cuplikan drama
f) Babak:
- Babak 1: (1) Pak Romi menyuruh Farah untuk memanggil Lulu jika mereka bertemu; (2) Farah memberitahu kepada Lulu bahwa ia dicari Pak Romi; (3) Pak Romi menegur Lulu yang belum membayar SPP
- Babak 2: (1) Lulu berbicara dalam hati; (2) Lulu mengambil dompet Intan yang jatuh; (3) Dinda dan Lulu pergi untuk jajan; (4) Intan menyadari dompetnya hilang; (5) Dinda menanyakan tentang dompet
- Babak 3: (1) Pak Romi memanggil Intan; (2) Intan menemui kepala sekolah
- Babak 4: (1) Dinda cerita kepada Intan dan Tiara bahwa dompetnya dipegang Lulu; (2) Konfrontasi antara Intan dengan Lulu
g) Konflik: Lulu tidak bisa membayar SPP, sehingga ketika ada kesempatan untuk mendapatkan uang, walaupun bukan cara terbaik, ia mengambilnya.
h) Amanat: Jangan mencuri walaupun dalam keadaan mendesak