Irema O

24 Maret 2022 14:54

Iklan

Iklan

Irema O

24 Maret 2022 14:54

Pertanyaan

Tekanan darah dapat diukur dengan menggunakan tensimeter. Grafik berikut menunjukkan tekanan darah pada berbagai jenis pembuluh darah. Di manakah tekanan darah tertinggi?

alt

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Ega

30 Agustus 2022 04:50

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah di aorta tekanan darah mencapai 140 / 95 mmHg. Tekanan darah merupakan gaya yang mendorong darah dari jantung melalui arteri dan arteriola hingga menuju kapiler. Tekanan darah umumnya diukur menggunakan sfigmomanometer yang nantinya diperoleh tekanan sistole dan diastole. Sistole merupakan fase denyut jantung pada waktu otot jantung berkontraksi. Sedangkan diastole merupakan fase jantung mengalami pengembangan(relaksasi) sehingga darah secara teratur akan tersedot ke dalam jantung. Hipertensi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120. Hal ini menunjukkan tekanan sistole sebesar 180 mmHg dan tekanan diastole sebesar 120 mmHg. Hipertensi terjadi karena adanya suatu zat yang menyumbat sebagian pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar. Semakin banyak darah yang mengalir dan semakin sempit dinding arteri, tekanan darah akan semakin tinggi. Di aorta tekanan darah mencapai 140 / 95 mmHg. Jadi, jawabannya adalah di aorta tekanan darah mencapai 140 / 95 mmHg.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

612

2.0

Jawaban terverifikasi