Fathan Q

30 November 2021 02:02

Iklan

Iklan

Fathan Q

30 November 2021 02:02

Pertanyaan

Tanggapan tentang lukisan Affandi, karya-karya Affandi di buat sekitar tahun 1949 sampai tahun 1951, belajar di Santiniketan, India atas dukungan pemerintah India, karya-karyanya juga dipamerkan di Eropa. struktur teks dari bacaan tentang tokoh Affandi berupa...(Pemahaman teori struktur teks tanggapan dilihat dari 5 w+i H) 2 poin Konteks Deskripsi penilaian Eksposisi Batalkan pilihan Kirim Kosongkan formulir


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

30 November 2021 12:31

Jawaban terverifikasi

Hai, Fathan Q. Kakak bantu jawab ya :) Jawaban untuk soal ini adalah A. Untuk mengetahui alasan dari jawaban tersebut, simak penjelasan berikut. Teks tanggapan adalah tulisan yang bertujuan menanggapi suatu hal dari sudut pandang atau pengamatan seseorang. Tanggapan dapat berupa komentar, evaluasi, kritik, dukungan, dan penolakan. Struktur teks tanggapan adalah sebagai berikut. 1. Evaluasi/konteks: bagian yang berisi pernyataan umum tentang hal yang disampaikan penulis. Bagian ini menjawab pertanyaan “apa yang ditanggapi?”, “di mana dan kapan peristiwa terjadi?”, “peristiwa tentang apa, politik, sosial, seni budaya?”. 2. Deskripsi teks: bagian inti yang berisi informasi berupa opini atau pendapat penulis dari berbagai sudut pandang terhadap masalah yang dibahas. Opini atau pendapat tersebut diperkuat dengan penjelasan fakta-fakta berupa data, baik mendukung pernyataan atau melemahkan tanggapan yang disampaikan. Bagian ini menjawab pertanyaan “apa dan bagaimana sesuatu diciptakan atau dihasilkan?”. 3. Penegasan ulang/penilaian: bagian akhir yang berisi simpulan atau penilaian tentang sesuatu hal yang dibahas. Bagian ini juga dapat diberikan solusi berupa saran. Bagian ini menjawab pertanyaan “apa yang dipikirkan tentang hal itu?” Berdasarkan penjelasan tersebut, struktur teks dari bacaan tentang tokoh Affandi berupa “evaluasi/konteks”. Hal itu karena berisi pernyataan umum yang diungkapkan melalui pertanyaan “apa yang ditanggapi?” dengan jawaban lukisan Affandi, pertanyaan “di mana dan kapan peristiwa terjadi?” dengan jawaban di Santiniketan, India, sekitar tahun 1949 sampai tahun 1951, dan pertanyaan “peristiwa tentang apa, politik, sosial, seni budaya?” dengan jawaban kesenian berupa lukisan Affandi yang mendapat dukungan pemerintah India dan dipamerkan di Eropa. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Fathan Q

01 Desember 2021 00:41

terima kasih kaka


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

630

0.0

Jawaban terverifikasi