Aisyah N

24 September 2020 02:17

Pertanyaan

tanaman kapri berbunga merah disilangkan dengan kapri berbunga putih. F1 100% berupa kapri berbunga merah. Hal ini menunjukan bahwa..


5rb+

2

Jawaban terverifikasi

A. Nurrismawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

09 Februari 2022 03:31

Jawaban terverifikasi

Halo Aisyah N! Kakak bantu jawab ya :) Hal tersebut menunjukkan bahwa sifat bunga merah memiliki sifat dominan terhadap sifat bunga putih. Atau sifat bunga putih resesif terhadap bunga merah. Mari kita bahas! Pada persilangan tersebut terjadi persilangan antara kapri bunga merah dengan kapri bunga putih, sehingga genotif (sifat yang tak terlihat) adalah: - bunga merah (MM) - bunga putih (mm) (P) MM >< mm (G) M , m (F1) Mm (merah heterozigot) Ket: P= parental /induk, G: gamet, F: filial/keturunan. Oleh karena M bersifat dominan dan m bersifat resesif, maka sifat F1 yang muncul semuanya memiliki bunga berwarna merah. Persilangan antara satu sifat beda merupakan salah satu penerapan dari Hukum Mendel 1. Hukum Mendel 1 menunjukkan bahwa terdapat pemisahan alel secara bebas pada saat pembelahan meiosis dalam pembentukan gamet. Dalam hukum tersebut jumlah kromosom diploid akan bersifat haploid (setengah kromosom induk). Pada persilangan antara satu sifat beda terdapat sifat yang dominan dan adapula yang resesif. Sifat dominan adalah sifat yang mendominasi dan muncul pada keturunan dan umumnya ditulis huruf kapital. Sedangkan sifat resesif adalah sifat yang tertutupi (tidak muncul) dan umumnya dituliskan dengan huruf kecil. Oleh karena itu, pada persilangan kapri bunga merah dan bunga putih diperoleh keturunan pertama (F1) warna merah karena sifat bunga putih resesif (tertutupi) oleh bunga merah. Semoga membantu! semangat!


Iklan

MR 0

14 September 2022 06:12

Jika antara sesama F¹ di silangkan maka akan di hasil kan F²


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Diketahui, genotipe aa menyebabkan kelainan albino, genotipe Aa untuk pembawa albino (normal carrier), dan genotipe AA untuk kulit normal. Jika seorang laki laki normal carrier (Aa) menikah dengan wanita kulit normal (AA), bagaimakah kemungkinan fenotipe anak-anaknya?

65

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan